Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartphone Semi Premium dengan Pop Up Kamera, Oppo Reno 2F


Dirilis pada pertengahan tahun 2019. Oppo Reno 2F diperkenalkan ke publik bersama dengan saudaranya, Oppo Reno 2. Namun, kedua ponsel itu memiliki spesifikasi yang jauh berbeda. Oppo Reno 2F yang disebut oleh OPPO sebagai smartphone semi premium tersebut, mungkin cocok untuk menemani keseharianmu. Inilah spesifikasi dan harga Oppo Reno 2F tersebut.
spesifikasi, harga dan review oppo reno 2f

Spesifikasi Oppo Reno 2F

Oppo Reno 2F diluncurkan dengan layar berdimensi 162.4 x 75.8 x 8.7 mm dan bobot ponsel sebesar 195 gram. Layar Oppo Reno 2F berukuran 6,53 inch dengan resolusi 1080 x 2340 pixel dan kerapatan pixel mencapai ~394 ppi tersebut, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Oppo Reno 2F dengan layar AMOLED tidak menyematkan aluminum frame, bahkan pada sisi belakang Oppo Reno 2F membalut dirinys dengan bahan plastik.

Berbeda dengan smartphone yang dikeluarkan belakangan ini, Oppo Reno 2F tidak memiliki notch mau pun punch hole. Melainkan pop up kamera, namun berbeda dengan saudaranya Oppo Reno 2. Build in camera pop up yang kamu peroleh pada Oppo Reno 2F berbentuk lensa kecil yang didesain kotak. Pada pop up kamera tersebut, terdapat lensa wide beresolusi 16 MP dengan f/2.0 yang dilengkapi LED Flash mau pun HDR. Kamera depan Oppo Reno 2F tersebut juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

Masih membahas tentang pop up kamera milik Oppo Reno 2F. Rupanya kamera tersebut sudah dilengkapi beragam fitur meliputi Free Fall Protection yang berguna menarik kamera ke dalam body ponsel ketika smartphone tersebut jatuh, selanjutnya ada Atmosphere Light. Fitur yang terdapat pada Oppo Reno 2F tersebut, adalah lampu indikator warna warni yang didukung teknologi timer ketika akan mengambil gambar dengan dilengkapi LED RGB yang memiliki 12 warna.

Sedangkan di bagian belakang Oppo Reno 2F terdapat empat kamera yang terdiri lensa wide beresolusi 48 MP dengan sensor Samsung ISOCELL GM1 dan aperture f/1.7 yang dilengkapi dengan teknologi phase detection autofocus untuk menangkap fokus lebih cepat. Lalu ada lensa ultrawide beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 dan lensa depth sensor beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4 juga lensa beresolusi 2 MP B/W dengan aperture f/2.4. Keseluruhan kamera Oppo Reno 2F tersebut, mengaplikasikan teknologi Rising Camera lalu fitur Ultra Night Mode 2.0 untuk menghasilkan gambar multi frame noise reduction dengan HDR yang dapat memaksimalkan cahaya. Selain itu tersapat fitur AI yang berguna menciptakan efek bokeh dan menjaga warna pada gambar agar tetap natural.

Kamera belakang Oppo Reno 2F juga mampu merekam video hingga 1080p dengan teknologi Electronic Image Stabilization, demi menghasilkan video yang stabil meskipun ketika pengambilan ponsel bergoyang. 

Sedangkan untuk baterai Oppo Reno 2F menyediakan kapasitas 4.000 mAh yang didukung fitur VOOC Flash Charge 3.0 atau fast charging 20 Watt, sehingga ponsel pintar ini mampu mengisi daya baterai sampai 50 persen dalam waktu 30 menit.

Oppo Reno 2F juga membekali dirinya dengan Mediatek MT6771V Helio P70 (12 nm) yang dilengkapi CPU Octa core dan GPU Mali-G72 MP3 untuk memperoleh performa smartphone yang maksimal. Oppo Reno 2F yang menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan user interface Color OS 6.1, menyematkan pula RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan UFS 2.1.

Selain itu, Oppo Reno 2F juga kaya akan fitur seperti SOLOOP yang bermanfaat untuk editing hingga menambahkan musik dalam video secara otomatis dan cepat. Ada juga fitur keamanan fingerprint in display, USB Type C, USB On the Go, hinggs Audio Jack 3.5 mm. Oppo Reno 2F pun menawarkan dua pilihan warna yakni Sky White dan Lake Green. 

Kelebihan Oppo Reno 2F

Oppo Reno 2F memiliki beragam fitur yang unik diantaranya SOLOOP, Ultra Night Mode 2.0, Free Fall Protection, Atmosphere Light hingga rising camera. Selain itu, terdapat teknologi Electronic Image Stabilization, phase detection autofocus dan VOOC Flash Charge 3.0 pada pengisian daya. Bahkan Oppo Reno 2F, smartphone dengan pop up kamera ini sudah menggunakan USB Type C dan Audio Jack 3.5 mm.

Kekurangan Oppo Reno 2F

Oppo Reno 2F membekali dirinya dengan chipset yang dapat dikatakan biasa saja, Mediatek MT6771V Helio P70 (12 nm). Hal itu pun dikonfirmasi oleh OPPO, brand smartphone asal Tiongkok tersebut jika Oppo Reno 2F lebih berfokus pada estetika desain dan melengkapinya dengan fitur premium, sehingga Oppo Reno 2F tidak direkomendasikan bagi kamu yang menggunakan smartphone untuk gaming. Bicara tentang desain, bagian belakang Oppo Reno 2F berbahan plastik. Beberapa fitur juga tidak tersedia pada smartphone semi premium ini, seperti face unlock hingga sensor Near Field Communication dan hanya mendukung dua slot kartu.

Harga Oppo Reno 2F

Oppo Reno 2F smartphone semi premium dengan dua varian warna, Sky White dan Lake Green yang dilengkapi RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan UFS 2.1. Dibanderol harga mulai dari Rp 5,2 juta.