Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Perbedaan Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro


Smartphone yang sempat gempar karena tidak lagi bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, salah satunya Google memiliki sistem operasi Android. Membuat Huawei tidak lagu menggunakan sistem operasi tersebut, meski pun begitu Huawei mampu menghadirkan smartphone terbarunya dengan segala keterbatasan yang didukung oleh strategi pemasaran yang baik.

Huawei pun meluncurkan Huawei Mate 30 Series secara resmi ke Indonesia, seri tersebut menawarkan dua pilihan yaitu Huawei Mate 30 dengan teknologi 5G yang disebut sebagau RS Porsche Design dengan Huawei Mate 30 Pro.

Hadir dengan warna Huawei Mate 30 antara lain Black, Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green sedangkan Huawei Mate 30 Pro dengan warna Black, Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green, Orange, Forest Green. Smartphone ini kabarnya dibanderol harga mulai dari Rp 12.5 juta untuk Huawei Mate 30 dan harga sekitar Rp 18.5 juta untuk Huawei Mate 30 Pro, namun layak atau tidak Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro dengan harganya yang tinggi. Simak ulasan perbedaan kedua smartphone berikut.

perbandingan huawei mate 30 dan huawei mate 30 pro


1. Dimensi dan Berat


Jika umumnya smartphone yang memiliki tambahan Pro di akhir namanya selalu hadir dengan ukuran bodi smartphone yang lebih besar dari versi regular, hal tersebut tidak berlaku pada Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro. Itu karena nyatanya Huawei Mate 30 memiliki ukuran dan bentuk smartphone yang lebih besar namun didesain sedikit lebih dibandingkan Huawei Mate 30 Pro, secara rinci Huawei Mate 30 yang memiliki berat lebih ringan 196 gram dibandingkan Huawei Mate 30 Pro dengan beratnya 198 gram hadir dengan dimensi yang berbeda. Huawei Mate 30 didesain dengan ukuran 160.8 x 76.1 x 8.4 mm sedangkan Huawei Mate 30 Pro 158.1 x 73.1 x 8.8 mm.

2. Desain dan Proteksi


Salah satu yang mempengaruhi perbedaan tersebut ada pada lapisan kaca proteksi Corning Gorilla Glass 6 yang membalut sisi depan mau pun belakang Huawei Mate 30 Pro. Corning Gorilla Glass 6 yang disematkan berfungsi agar smartphone tetap aman dari goresan. Selain itu, Huawei Mate 30 Pro yang didesain layar lengkung tersebut tampak lebih modern dibandingkan Huawei Mate 30. Desain lengkungan yang disematkan juga merupakan bentuk kurva ultra 88 derajat yang diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi penggunanya ketika mengoperasikan smartphone tersebut, mulai dari tombol on off hingga volume. Untuk warna pun Huawei Mate 30 hadir dengan warna yang terbatas antara lain Black, Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green sedangkan Huawei Mate 30 Pro dengan warna yang lebih banyak di antaranya Black, Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green, Orange, Forest Green.

3. Kapasitas Baterai


Perbedaan selanjutnya terdapat pada segi kapasitas baterai, nyatanya Huawei Mate 30 Pro hadir dengan ukuran baterai yang lebih besar sebesar 300 mAh dibandingkan Huawei Mate 30. Lebih tepatnya Huawei Mate 30 Pro memiliki kapasitas baterai 4500 mAh sedangkan Huawei Mate 30 hanya mempunyai kapasitas baterai sebesar 4200 mAh.

4. Sertifikasi IP


Adanya sertifikasi IP68 yang dimiliki Huawei Mate 30 Pro membuat smartphone ini memiliki bodi yang lebih kuat dan tahan pada debu mau pun air yang disebut sebut mencapai kedalaman hingga 2 meter dalam waktu 30 menit. Sedangkan Huawei Mate 30 hanya berbekal sertifikasi yang lebih rendah, tepatnya hanya memiliki perlindungan IP53 yang membantunya mampu kuat menahan debu atau pun air.

5. Ukuran dan Rasio Layar


Jika berfokus pada layar terlihat jelas Huawei Mate 30 tampak lebih besar dengan layarnya yang berukuran 6,62 inch yang dilengkapi oleh resolusi Full HD Plus dan rasio 19,5 : 9. Sedangkan Huawei Mate 30 Pro terlihat lebih kecil dengan layar berukuran 6,53 inch beresolusi Full HD Plus dan rasio 18,5 : 9. Untuk kualitas tampilan visual Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro secara keseluruhan sama hanya saja kerapatan pixel yang diusung sedikit berbeda yaitu 409 ppi pada Huawei Mate 30 Pro dengan 389 pada Huawei Mate 30, namun kedua smartphone tersebur tetap nyaman dipandang.

6. RAM dan Memori Internal


Untuk penyimpanan Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro menawarkan dua pilihan jika Huawei Mate 30 Pro memiliki satu pilihan RAM yaitu 8 GB dengan dua pilihan memori internal meliputi 128 GB dan 256 GB. Sedangkan Huawei Mate 30 hadir dengan dua pilihan RAM yaitu 6 GB dan 8 GB, ditemani oleh satu pilihan memori internal sebesar 128 GB. Jika masih merasa kurang pengguna dapat memperluas penyimpanan dengan menggunakan slot micro SD yang mampu mendukung hingga 256 GB.

7. Kamera Belakang dan Depan


Satu hal yang penting pada spesifikasi smartphone adalah kamera, jika melirik Huawei Mate 30 smartphone ini menyediakan tiga kamera yang terbagi menjadi kamera beresolusi 40 MP dengan aperture f/1.8, kamera yang memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.2, dan kamera resolusi 8 MP ditambah pula adanya 3x optical zoom. Sedangkan Huawei Mate 30 Pro dengan kamera yang lebih banyak, mennghadirkan empat kamera antara lain kamera beresolusi 40 MP dengan aperture f/1.6, kamera yang memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.4 dan 3x zoom optik, lalu kamera dengan reaolusi 40 MP dengan aperture f/1.8 yang dilengkapi oleh sensor TOF 3D. Jika kamera depan, keduanya memiliki kamera yang sama yaitu kamera TOF 3D, meski pun Huawei Mate 30 Pro hadir dengan resolusi 32 MP sedangkan Huawei Mate 30 mengusung resolusi lebih rendah yaitu 24 MP.

8. Pengisian Daya Baterai


Jika daya baterai sudah dibahas lebih dulu, hal ini mengupas lebih dalam tentang pengisian daya baterai tersebut. Rupanya Huawei Mate 30 Pro dan Huawei Mate 30 mengusung teknologi pengisian baterai yang sama yaitu menggunakan fast battery charging melalu kabel sebesar 40 Watt. Sedangkan fast charging untuk pengisian nirkabel Huawei SuperCharge 27 sebesar 27 Watt, sayangnya Huawei SuperCharge 27 ini harus dijual terpisah. Namun selain itu ada pula wireless charging atau pun powerbank.

9. Port Jack


Fakta yang harua diterima selanjutnya mengenai Huawei Mate 30 Pro yang rupanya sudah tidak lagi mendukung port jack audio 3.5 mm. Meski pun begitu Huawei Mate 30 Pro telah dilengkapi earjack tipe C dan hal itu berlaku sebaliknya untuk Huawei Mate 30. Pasalnya Huawei Mate 30 masih menawarkan teknologi jack audio 3.5 mm.