Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Screenshot Android yang Terbaik dan Mudah Digunakan

HP Android umumnya sudah memiliki fitur screenshot sendiri. Fitur ini hadir tentu untuk memudahkan pengguna dalam menangkap layar di Android. Terlebih karena screenshot memungkinkan orang mengingat gambar atau mengingat tampilan sesuatu agar bisa dilihat kemudian. 


Hanya saja fitur screenshot di Android seringkali masih memiliki fitur yang kurang lengkap. Selain itu, cara untuk screenshot juga terkadang rumit karena harus melakukan tindakan tertentu seperti menekan tombol power dan tombol volume down secara berbarengan. 


Lalu, bagaimana jika ingin screenshot dengan fitur yang banyak? Tentu saja menggunakan aplikasi screenshot yang bertebaran di Google Play Store. Nah, pada kesempatan kali ini, Sabineblog bakal memaparkan daftar aplikasi screenshot di HP Android yang kamu bisa coba. Berikut daftarnya!


1. Screenshot X 


Screenshot X


Link Download Screenshot X 


Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah Screenshot X atau Screenshot Grabber 5.0. Aplikasi ini menawarkan kemudahan penggunaan. Kamu hanya perlu menginstal Screenshot X, kemudian setelah itu membukanya. Selanjutnya, akan ada tombol khusus yang memungkinkan kamu untuk screenshot layar di mana saja. 


Kamu hanya tinggal menekan “tap” pada tombol aplikasi ini. Dan semua aplikasi atau layanan seperti aplikasi pesan, email, aplikasi cloud, editor foto, dan lainnya, bisa dengan mudah kamu tangkap layarnya dengan aplikasi ini. 


Aplikasi besutan Jared.co ini juga memudahkan kamu untuk share hasil screenshot ke media sosial. Selain itu, aplikasi ini 100% gratis dan tidak ada layanan tambahan yang berbayar atau In-app purchase. Menarik bukan? 


2. Screenshot touch


Screenshoot Touch

Link Download Screenshot touch



Screenshot touch menawarkan kemampuan untuk screenshot dengan mudah. Kamu juga bisa melakukan screenshot dengan menggoyangkan perangkat HP kamu dan mengubah area yang ingin ditangkap. 


Screenshot touch juga menawarkan kemampuan merekam video dengan format MP4. Menariknya, kamu juga bisa mengatur opsi video seperti resolusi, frame rate, bit rate, dan audio. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali browser bawaan sehingga tidak perlu membuka browser lain untuk melakukan screenshot. 

Screenshot touch juga punya fitur layaknya edit foto sangat sederhana. Contohnya seperti kemampuan menampilkan foto, memotong gambar, dan melakukan edit menggunakan tool seperti Pen, Text, Rectangle, Circle, dan yang lainnya. Tergolong cukup lengkap bukan aplikasi ini? 


3. Screenshot - Quick Capture


Screenshot - Quick Capture


Link Download Screenshot - Quick Capture



Screenshot - Quick Capture merupakan aplikasi yang tergolong simpel dan mudah digunakan. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti memotong secara otomatis bagian status bar atau navigasi. Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan fitur preview dalam bentuk yang kecil sehingga bisa dilihat langsung hasilnya setelah melakukan screenshot. 


Sama seperti aplikasi screenshot lainnya, Aplikasi ini juga menghadirkan tombol khusus untuk melakukan screenshot. Tersedia pula tombol pintasan atau shortcut untuk menuju tombol khusus ini. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tombol untuk langsung upload ke cloud. Bisa juga disimpan di memori dengan lokasi penyimpanan yang bisa diubah. 


Sayangnya, Screenshot - Quick Capture ini merupakan aplikasi screenshot berbayar. Kamu sebenarnya bisa mencoba aplikasi ini secara gratis tetapi dalam waktu 2 hari. Sesudah itu, kamu bisa memilih opsi upgrade ke versi premium. 


4. Screen Master 


Screen Master


Link Download Screen Master 



Screen Master menjadi salah satu aplikasi screenshot yang sangat layak dicoba. Mengapa? Karena dengan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah melakukan screenshot layar HP dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot panjang, cocok untuk yang sering screenshot artikel website yang panjang. 


Screen Master juga memiliki fitur anotasi gambar alias fitur edit sederhana. Setelah melakukan screenshot, kamu bisa mengedit hasilnya dengan beberapa opsi seperti melakukan blur pada area tertentu, menambahkan sticker, memberi tanda tertentu, menambahkan teks, dan berbagai fitur aplikasi dasar lainnya. 


Screen Master juga mendukung fitur tombol melayang yang berfungsi untuk melakukan screenshot. Selain itu, ada juga opsi yang memungkinkan aplikasi ini melakukan screenshot dengan hanya menggoyangkan HP saja. 


5. Screenshot Ultimate 


Screenshot Ultimate


Link Download Screenshot Ultimate  



Screenshot Ultimate merupakan aplikasi screenshot yang menampilkan sederhana bahkan cenderung jadul. Tetapi aplikasi ini menghadirkan fitur menarik. Salah satunya adalah  fitur Trigger. Fitur ini menghadirkan berbagai cara melakukan screenshot. 


Tercatat ada sekitar 16 cara untuk melakukan screenshot dengan aplikasi ini. Beberapa diantaranya dengan cara menggoyangkan ponsel, memakai suara, memakai widget dan masih banyak lainnya. 


Sama seperti aplikasi screenshot kebanyakan, aplikasi ini juga menawarkan edit foto sederhana. Screenshot Ultimate juga tersedia gratis dan tidak butuh root untuk memakai aplikasi ini. 


6. Longshot 


Longshot


Link Download Longshot 


Longshot merupakan aplikasi screenshot yang tergolong bagus. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan screenshot yang panjang. Sehingga buat kamu yang butuh screenshot panjang, kamu bisa memakai aplikasi ini. Menariknya, hasil screenshot aplikasi ini bisa dibuat secara horizontal atau vertikal. 


Longshot juga menawarkan browser terintegrasi. Jadi, kamu tidak perlu repot membuka browser lain untuk melakukan screenshot tampilan suatu website. Selain itu aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Tidak ada watermark dari hasil screenshot sehingga membuat hasil screenshot tidak terkotori watermark. 


7. Go Screen Capture 


Go Screen Capture


Link Download Go Screen Capture 


Go Screen Capture merupakan aplikasi screenshot lainnya yang bisa kamu pilih.  Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dengan fungsi yang sederhana dan mudah digunakan. Salah satunya adalah tombol ikon khusus untuk melakukan tangkapan layar. Dan sama seperti aplikasi screenshot lainnya, aplikasi ini juga menyediakan opsi menggoyangkan ponsel untuk menangkap layar. 


Yang patut diapresiasi dari ponsel ini adalah dukungan untuk ponsel lawas. Go Screen Capture mendukung perangkat Android dengan sistem operasi minimal Android 5. Jadi, buat kamu yang punya ponsel jadul, aplikasi ini tentu jadi aplikasi pilihan yang oke. 



8. Super Screenshot 


Super Screenshot


Link Download Super Screenshot 


Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba adalah Super Screenshot. Nama yang terkesan luar biasa dan menandakan kalau aplikasi ini memiliki kemampuan atau fitur yang menarik yang seharusnya berbeda dengan aplikasi lainnya. 


Tetapi aplikasi ini ternyata tidak sesuper namanya. Aplikasi ini sama seperti aplikasi kebanyakan. Aplikasi yang bisa melakukan screenshot dengan fitur untuk mengubah ukuran, melakukan coretan, menambah teks, dan mengedit hal-hal lain setelah melakukan screenshot. 


Yang bisa dibilang beda dan luar biasa dari aplikasi ini adalah dukungan aplikasi ini untuk disimpan di kartu memori eksternal. Selain itu, aplikasi ini bisa berjalan di ponsel dengan Android 4.0. Karena itu, aplikasi ini cocok untuk kamu yang masih punya ponsel Android jadul dengan memori internal terbatas dan ingin memanfaatkan memori eksternal. 



9. Touchshot


Touchshot


Link Download Touchshot



Aplikasi Touchshot menawarkan kemudahan untuk screenshot tanpa membutuhkan tombol yang susah untuk melakukannya. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur menarik seperti mengatur kualitas gambar hasil screenshot, merekam layar dan mengatur kualitasnya, pengaturan gambar, dan masih banyak lagi.  Cukup menarik bukan? 



10. Screenshot Pro 


Screenshot Pro


Link Download Screenshot Pro


Screenshot Pro merupakan aplikasi screenshot berbayar. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk melakukan screenshot atau merekam video hanya dengan satu kali klik saja. Kemudahan ini juga berkat hadirnya fitur ikon floating alias tombol mengambang untuk melakukan screenshot. 


Aplikasi ini bisa digunakan dari mulai perangkat Android 7.0 atau lebih baru. Selain itu, aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan crop atau share screenshots. Aplikasi ini juga dapat berjalan otomatis setelah ponsel ini dilakukan nyala ulang atau restart. 


Sebenarnya masih banyak, aplikasi screenshot lainnya yang di Google Play Store yang bisa kamu pilih. Tapi 10 aplikasi tersebut sangat direkomendasikan untuk digunakan.