Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keunggulan iPhone SE (2020) yang Siap Tandingi Android, Yakin Lebih Tangguh?

iPhone SE 2020

Berawal dari rumor yang beredar serta tak kunjung menemukan kepastian beberapa waktu lalu perihal smartphone barunya, bahkan Apple dikabarkan akan mundur dalam proses perjalanan projectnya ini. Akan tetapi pada akhirnya tepat pada bulan April 2020, Apple resmi meluncurkan salah satu smartphone andalannya yang diberi nama iPhone SE (2020).

Lewat iPhone SE (2020) ini Apple ternyata membuktikan bahwa mereka masih memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan smartphone Android. Tampil dengan membawa spesifikasi yang ciamik serta fitur-fitur menarik, penggemar IOS menyebutkan bahwa iPhone SE (2020) siap tandingi smartphone berbasis Android.

Namun, benarkah Iphone SE (2020) ini lebih tangguh dibanding smartphone Android? Ya, meskipun setiap smartphone pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, apalagi berbeda versi smartphone, tentu saja ada beberapa fitur yang tidak dimiliki IOS akan tetapi dimiliki Android dan begitu pun sebaliknya. Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita buktikan langsung dengan penjelasan di bawah ini.

1. Ditenagai chipset Apple A13 Bionic (7nm+)


iPhone SE 2020

Untuk mendukung fitur-fitur dari iPhone SE (2020), Apple membekalinya dengan chipset A13 Bionic. Meskipun sebelumnya chipset ini pernah digunakan dan sudah ada di dalam tubuh seri iPhone 11, namun itu tidak menjadi masalah besar dan tidak membuat penggemarnya merasa kecewa karena tidak ada pembaharuan dari segi chipset untuk smartphone terbaru yang biasanya ditenagai dengan chipset yang lebih tinggi.

CPU A13 Bionic memang hadir dengan pembagian klaster untuk performa tinggi dan empat inti untuk lebih efisiensi. Diketahui bahwa chipset A13 Bionic memiliki keunggulan peningkatan performa sebanyak 20% lebih cepat daripada versi sebelumnya serta 30% lebih irit perihal konsumsi daya baterai. Bahkan, pihak Apple sendiri sempat mengklaim bahwa smartphone-nya ini dapat melakukan 1 triliun operasi dalam satu detik karena chipset A13 Bionic.

Selain itu juga, teknologi chipset ini disebut-sebut mampu mengalahkan chipset Snapdragon 855 Plus besutan Qualcomm. Kecepatan dan kegesitan dari chipset A13 Bionic yang terdapat pada iPhone SE (2020) merupakan chipset yang paling cepat saat ini. Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada banyak smartphone Android terbaru yang menggunakan chipset Snapdragon 855 untuk mendukung fitur-fitur lainnya agar lebih gesit. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa iPhone SE (2020) memang memiliki keunggulan dan lebih tangguh dari smartphone Android biasanya.

2. Sensor kamera depan 7 MP dan kamera tunggal belakang 12 MP


iPhone SE 2020

Beralih ke fitur kamera iPhone SE (2020), dirancang dengan bentuk yang elegan nan ciamik. Smartphone berbasis IOS yang satu ini memiliki kamera tunggal di bagian belakang serta kamera tunggal di bagian depan. Di mana kamera bagian depan beresolusi 7 MP dengan aperture f/2.2 dan kamera belakang 12 MP (wide camera, f/1.8).

Pada fitur kamera belakang 12 MP tentunya sudah bisa mendukung fitur portrait mode, portrait lightning effect, serta mampu merekam video dengan resolusi 4K pada 24, 30 dan 60fps. Sementara untuk kamera bagian depannya, iPhone SE (2020) ini bisa dipakai untuk merekam video dengan resolusi FullHD pada 30fps. Dan yang tidak kalah menarik adalah bisa melakukan video slow motion yang mendukung di resolusi 1.080 piksel pada 120 sampai 240fps.

Jika dibandingkan dengan smartphone Android, IPhone SE (2020) memiliki kemampuan yang standar dan masuk dalam kategori rata-rata. Bahkan, untuk tahun ini ada banyak smartphone Android yang mengusung fitur kamera lebih unggul dari IPhone SE (2020), seperti smartphone Android Samsung terbaru yang sudah memiliki kemampuan kamera resolusi 180 MP, dan ada beberapa smartphone Android dari brand berbeda yang mendukung fitur kamera mulai dari 32 MP hingga 64 MP.

3. Dibekali teknologi CPU Hexa-core (2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder)


iPhone SE 2020

Apple membekali iPhone SE (2020) ini dengan teknologi yang unggul, yaitu CPU yang memiliki konfigurasi Hexa-core, terdiri dari 2x lightning disertai dengan clock speed 2.65 GHz, ditambah dengan 4x Thunder disertai clock speed 1.8 GHz (4-core graphics). Untuk lebih mendukung smartphone-nya ini, Apple tidak segan-segan memberikan kapasitas yang luar biasa agar tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk Apple dari segala sisi.

Namun, dalam hal ini Apple tidak memiliki kelebihan yang lebih unggul daripada smartphone Android. Dalam artian bisa dikatakan sejajar. Sebab pada kenyataannya banyak smartphone Android yang dibekali dengan CPU lebih tinggi, seperti smartphone Android Samsung yang dibekali CPU hexa core, dan beberapa smartphone dari brand lainnya. Meskipun lebih tinggi CPU tidak menjamin performa ponsel lebih bagus, akan tetapi pembaharuan dari Apple sedikit tertinggal daripada Samsung.

4. Dari segi tampilan tidak banyak pembaharuan dari smartphone sebelumnya


iPhone SE 2020

Packaging dari iPhone SE (2020) memang hampir mirip dengan iPhone 8 yang diluncurkan lebih lebih dulu. Dari segi tampilan depan di sekitar layar memiliki kemiripan hampir 90% dengan iPhone 8. Tidak hanya itu, pada bagian cangkang belakang juga didukung dengan layar IPS LCD Retina yang berukuran 4.7 inci dengan tambahan fitur true tone. Di mana iPhone 8 juga didukung dengan teknologi layar yang sama.

Kemiripan lainnya juga bisa dilihat dari tomblo Home yang terdapat pada iPhone SE (2020) yang memiliki fungsi sebagai pembaca sensor sidik jari. Namun, yang membedakan dari sisi tampilan ini adalah iPhone SE (2020) dilapisi dengan material kaca dan mempunyai sentuhan akhir yang glossy, seperti hal nya iPhone Xr. Sedangkan di bagian bingkainya menggunakan bahan yang terbuat dari alumunium dengan mate finish.

Maka tidak heran jika banyak orang berargumen bahwa iPhone SE (2020) tidak memiliki banyak pembaharuan dari segi desain dan tampilan dari smartphone sebelumnya. Kesimpulannya otomatis smartphone berbasis IOS yang satu ini hanya memiliki kelebihan yang sama dengan smartphone Android lainnya.

5. Ukuran layar sedang serta berdimensi 1.334 x 750 piksel


iPhone SE 2020

Memiliki ukuran layar berdimensi 1.334 x 750 piksel serta ketajaman layar sebesar 326 ppi membuat iPhone SE (2020) masuk dalam kategori layar berukuran sedang. Apple memang banyak merilis smartphone dengan ukuran layar kategori sedang dibanding layar kategori jumbo atau lebar, meskipun ada juga smartphone Apple yang memiliki layar berdimensi lebih luas.

Namun, meskipun begitu Apple tetap membekalinya dengan ketajaman layar yang jernih serta elegan. Tidak lupa dengan ukuran layar iPhone SE (2020) sebesar 4.7 inci dengan ratio 16:9. Di mana nantinya setiap penggunanya akan merasakan pengalaman baru yang akan membuat mereka merasa nyaman saat menonton video, bermain game, bahkan merasa nyaman digenggam dalam waktu yang lama karena ukurannya tidak terlalu besar.

6. Fitur fast charging yang mumpuni


iPhone SE 2020

Dibekali dengan fitur fast charging 18W yang mampu mengisi daya dari 0 sampai 50% hanya dalam waktu 30 menit, tentu saja menjadi keunggulan lebih bagi iPhone SE (2020). Di mana biasanya smartphone Android lainnya hanya dibekali fitur fast charging 15W. Kecepatan mengisi daya dari smartphone IOS yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda menggunkananya maka Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk men-chargernya.

Di mana saat ini orang-orang lebih banyak mencari smartphone yang memiliki kapasitas baterai dan pengisian daya cepat, maka sepertinya tidak heran jika penggemarnya semakin tergila-gila pada smartphone dari pabrikan Apple ini. Namun, jika dibandingkan dengan smartphone Android Samsung, iPhone SE (2020) ini bisa dikatakan sejajar dan sama-sama unggul. Sebab beberapa smartphone Android Samsung pun sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W.

7. Harga di bawah Rp10 juta, masih kemahalan nggak?


iPhone SE 2020

Dibanderol dengan harga berkisar Rp6 juta hingga Rp7 juta, membuat banyak orang menyebut bahwa smartphone IOS ini memiliki harga yang terjangkau dan murah. Karena jika dibandingkan dengan smartphone IOS yang sebelumnya selalu dibanderol dengan harga yang tinggi. Bagaimana nih? Apakah menurut Anda iPhone SE (2020) masih kemahalan? Atau jika dilihat dari berbagai fiturnya, smartphone IOS ini adalah ponsel pintar yang murah?

So, untuk Anda yang sedang mencari smartphone berbasis IOS dengan harga terjangkau serta tidak terlalu menguras dompet Anda yang tebal itu, sepertinya iPhone SE (2020) bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jangan lupa, dalam setiap kelebihan sebuah ponsel pintar pasti memiliki kekurangannya juga. Jadi jangan terburu-buru meminang sebuah smartphone sebelum mempertimbangkannya dengan matang.