Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan RAM Dan ROM Yang Perlu Diketahui

Istilah ram dan rom pasti sudah tidak asing lagi. Anda menggunakan komputer ada hardware bernam ram. Di sisi lain, ada pula perangkat yang dinamakan rom. Bagi mereka yang sudah familiar dengan teknologi, keduanya bisa dibedakan bahkan sudah menjadi materi pelajaran.

Perkembangan teknologi membuat keduanya juga berkembang. Saat ini, penggunaannya bukan lagi di komputer tetapi perangkat seperti smartphone. Meskipun tampak sama, ram dan rom di kedua perangkat tersebut cenderung berbeda dalam hal penerapan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, simak penjelasan berikut.

Pengertian RAM dan ROM

Pengertian RAM dan ROM

Ram adalah singkatan dari random access memory. Saat membeli komputer, anda melihat spesifikasi ram dengan ukuran 4GB bahkan lebih. Di era awal komputer, kapasitas ram hanya sebesar kurang dari 4gb. Namun, kebutuhan membuat kapasitas ram semakin besar bahkan bisa mencapai 128gb.

Perangkat ini berguna untuk pemroses data dan penyimpanan memory ketika komputer menyala. Software dan sistem operasi di install di harddisk. Saat mengaksesnya seperti mengetik di word, semua data masih di proses di Ram sebelum anda penyimpanan secara permanen. Untuk membuka dan menjalankan software, komputer butuh memori sementara. Inilah fungsi dari ram. Anda menjalankan beberapa software sekaligus dan ram harus mampu menampung semuanya dengan baik. Jika melebihi kapasitas, anda akan melihat dampatkanya secara langsung yaitu komputer menjadi lemot. Hal yang sama juga terjadi untuk smartphone. Terlalu banyak aplikasi yang dibuka menurunkan proses.

Rom adalah read only memory. Ini adalah bagian dimana komputer menyimpan semua sistem. Data sudah disimpan sebelumnya. Untuk mempermudah pengertian, sebelum komputer atau laptop dapat digunakan, ada yang namanya bios. Ini sistem untuk mengakses hardware komputer dan mengkonfigurasi sistem terkait dengan perangkat. Setiap manufaktur memiliki bios tersendiri.

Contoh paling mudah adalah data tanggal. Anda menyalakan komputer dan sistem waktu atau tanggal selalu sama. Pertanyaannya adalah bagaimana waktu dan jam tersebut selalu berubah dan menyesuaikan dengan kondisi nyata padahal komputer dalam keadaan mati. Proses data di rom tidak bergantung pada apakah ada listrik atau tidak.

Dari pengertian tersebut, anda bisa melihat bahwa perbedaan RAM dan ROM.. Dari konsep, keduanya sudah berbeda. Namun, ada beberapa aspek dimana keduanya memiliki fungsi yang sama. Sebagai contoh, ram dan rom adalah tempat untuk menyimpan data meskipun diakses secara berbeda.

Perbedaan RAM dan ROM di komputer

Perbedaan RAM dan ROM pada komputer

Pembahasan selanjutnya adalah perbedaan RAM dan ROM. dari beberapa aspek. Anda tidak harus mengerti secara teknis apalagi mempelajari komponennya. Hal tersebut membutuhkan sesi tersendiri. Selain itu, hanya mereka yang berkecimpung di bidang komputer mampu memahami ram dan rom secara teknis misalnya susunan chip dan transistor.

      Data retention

Retensi data terkait dengan kondisi data di keduanya. Semua data di ram bersifat volatile dan bisa berubah. Anda mengetik dan dapat mengubahnya secara langsung. Selama komputer belum mati, pengguna masih memiliki kesempatan untuk melakukan editing. Inilah alasan mengapa komputer harus dimatikan secara normal. Jika mati tiba-tiba, ram berpotensi crash dan semua data yang masih terjaga sebelumnya tidak dapat diakses lagi kecuali sudah melakukan penyimpanan.

 

Hal tersebut berbeda dengan rom. Anda tidak dapat mengubahnya kecuali memiliki akses dan perangkat. Rom hanya berguna untuk aplikasi dan tujuan tertentu. Misalnya, sistem ingin merekam jadwal sehingga membutuhkan waktu dan jam. Inilah jenis data yang rom sediakan dan proses. Contoh lain adalah rom memastikan bahwa hardware dan sistem operasi berjalan lancar termasuk bios.

 

      Bentuk

Saat membuka motherboard, ada komponen berbentuk pipih panjang terdiri dari beberapa chip. Inilah yang disebut dengan ram. Komputer lama hanya mempunya satu slot. Saat ini, laptop baru memiliki dua slot agar pengguna bisa melakukan upgrade. Untuk rom, bentuknya adalah pita magnetic dengan komponen transistor. Rom mirip dengan bagian dari komponen listrik.

 

      Kapasitas

Selanjutnya, perbedaan RAM dan ROM. dapat dilihat dari kapasitas. Untuk hal ini, ram berada di posisi terdepan karena menang mutlak. Kapasitas ram sangat besar yaitu minimal 2 hingga 4 gb. Komputer lama masih ada yang menggunakan ram 1 gb bahkan ada pula yang masih 521 mb. Saat ini, penggunaan ram semakin meningkat dan kapasitasnya bahkan lebih dari 8 gb. Kedepan, ram mungkin bisa mencapai 128 gb bahkan 1 TB jika mampu dibuat dalam bentuk kecil dan ringan.

 

Sebaliknya, rom memiliki kapasitas kecil bahkan tidak lebih dari 4 mb. Kapasitas tersebut sudah cukup untuk menyimpan data penting. Selama rom masih baik, komputer bisa ditambah apapun dari sisi harddisk dan ram. Rom ini sifatnya semi permanen karena bisa diganti jika memang sangat dibutuhkan. Anda tidak bisa menambah rom atau memperbesar kapasitasnya.

 

      Penambahan data

Meskipun sifatnya permanen, rom sebenarnya bisa diubah dan diedit. Tentu saja, pengguna tidak bisa melakukannya kecuali memiliki perangkat tersendiri. Anda hanya bisa melakukan upgrade rom tetapi hanya untuk komputer tertentu. Jika memang sangat genting dan penting, pengguna mengganti atau menambah data. Rom didesain agar sesuai dengan perkembangan zaman dalam waktu lama. Hal tersebut membuat jenis dan sifatnya sangat sederhana yaitu hanya berisi data yang sangat penting dan esensial.

 

Ram itu bukan menyimpan data permanen tetapi sementara. Selama listrik menyala, pengguna bisa membuka software. Saat menyimpan file, hasilnya disimpan permanen di hardisk. Ram hanya berguna untuk membantu untuk proses kerja. Anda bisa membuka software kapasitas besar bahkan melakukan multitasking tanpa hambatan jika ram mencukup. Setelah itu, hasil kerja dan file disimpan.

 

      Kecepatan

Rom bukan untuk processing data komputer data langsung sehingga kecepatannya rendah. Selama tidak rusak, komputer masih bisa berjalan dengan rom versi lama bahkan yang sudah puluhan tahun. Untuk ram, kecepatan adalah syarat mutlak. Teknologi baru membuat ram semakin cepat dan efisien. Ram berkontribusi mengapa ada komputer hang, lemot, dan sebagainya.

Perbedaan RAM dan ROM di smartphone

Perbedaan RAM dan ROM pada smartphone

Hal terakhir yang perlu diketahui adalah perbedaan RAM dan ROM. di smartphone. Definisi ram di smartphone dan komputer mirip. Keduanya juga memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Anda mengecek ram dan memastikan aplikasi yang digunakan bisa diproses dengan baik. Ram besar sangat menunjang untuk bermain game

Rom di smartphone sangat berbeda karena rom bagian dari memori internal. Rom dan harddisk menjadi satu. Jika membahas rom, anda akan melihat kapasitas besar misalnya 32, 64 GB hingga 1 TB. Memory internal itulah yang disebut dengan rom. Contoh mudahnya adalah waktu dan tanggal selalu sama meskipun perangkat mati. Yang menarik, pengguna wajib melakukan konfigurasi waktu tersebut karena tidak bisa otomatis berubah