Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 HP Termurah di Dunia, Ada yang Seharga Satu Mangkuk Bakso lho!

 

Handphone termurah di dunia

5 HP termurah di dunia, ada yang seharga satu mangkuk bakso lho! - Hari demi hari, persaingan di dunia gadget semakin ketat. Banyaknya vendor smartphone di dunia yang berlomba-lomba menciptakan smartphone canggih membuat para vendor smartphone juga harus memutar otak agar produknya bisa laris di pasaran. Salah satunya memasarkannya dengan harga yang tidak terlalu tinggi, akan tetapi dibekali dengan spesifikasi gagah.

Terbukti saat ini ada begitu banyak smartphone canggih yang hanya dibanderol dengan harga satu jutaan, padahal spek yang dibawanya bisa dibilang sangat memuaskan penggunanya. Namun, di sela-sela ketatnya persaingan smartphone canggih saat ini, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa HP yang dikategorikan sebagai HP termurah yang pernah ada di dunia? Bahkan, harganya ada yang setara dengan semangkuk bakso. Sangat mengejutkan sekali bukan?

Menariknya, pasti banyak orang yang tidak menyangka bahwa ternyata ada salah satu produk Apple yang dibanderol dengan harga yang sangat murah. Bahkan, saking murahnya hanya dalam waktu beberapa menit saat peluncuran pertamanya, HP terjual habis tanpa sisa. Nggak percaya? Simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa HP termurah di dunia!

1. Alcatel OT-209

Alcatel OT-209

Diluncurkan beberapa tahun silam, pasti membuat banyak orang tidak mengenali salah satu handphone yang memiliki nama Alcetol OT-209 ini. Sebab salah satu handphone termurah di dunia ini diluncurkan pada tahun 2011 lalu dan lebih dari 2.400 toko handphone di Eropa memperkenalkan Alcatel OT-209.

Percaya tidak percaya, handphone jadul ini dibanderol dengan harga 99 pence atau berkisar Rp14.000 Bayangkan? Di mana yang seharusnya dengan nominal segitu Anda hanya bisa membeli satu mangkuk bakso, akan tetapi dengan harga yang sangat murah itu, Anda bisa mendapatkan handphone yang fungsinya tentu saja masih bisa dijalankan dengan baik.

Namun, seperti hal nya pepatah lama "Ada harga, ada kualitas" maka Alcatel OT-209 memang merupakan HP yang sengaja dirancang hanya untuk menjalankan tugas-tugas ringan, seperti telepon dan mengirimkan pesan singkat lewat SMS. Intinya salah satu handphone termurah di dunia ini tidak dilengkapi dengan koneksi internet maupun kamera canggih.

2. Namotel Acche Din

Namotel Acche Din

Berasal dari negara tetangga seberang, yakni India. Tidak disangka bahwa salah satu HP termurah di dunia, ada yang terdapat dari India. Ya, salah satu perusahaan startup asal India tepatnya pada tahun 2016 silam secara mengejutkan terang-terangan melucurkan HP termurah di dunia yang diberi nama Namotel Acche Din.

Jika dilihat dari spesifikasinya, salah satu handphone termurah di dunia ini hadir dengan ukuran layar kecil seluas 4 inci beresolusi 480 x 800 piksel, serta sudah  berjalan di sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Sementara dari segi RAM dan penyimpanan internal, Namotel Acche Din dibekali dengan RAM 1GB dan memori internal berkapasitas 4GB yang masih bisa diperbesar hingga 32GB dengan menggunakan microSD.

Dibanderol dengan harga Rp19 ribuan, tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya dan penasaran mengapa HP tersebut dibanderol dengan harga satu mangkuk bakso mercon. Namun, memang seperti itulah kenyataannya. Namotel Acche Din hadir dengan harga yang super duper murah, akan tetapi HP dilengkapi dengan spesifikasi yang lumayan. Apalagi dari sektor kameranya, handphone murah ini dilengkapi sensor sebesar 4MP untuk kamera belakang dan VGA untuk kamera depan.

Bahkan, berbeda dengan Alcatel OT-209 yang tidak dibekali koneksi jaringan internet, Namotel Acche Din dibekali dengan koneksi jaringan internet yang menggunakan jaringan 3G yang telah didukung dengan slot dual SIM. Menarik sekali bukan? Apalagi jika dibandingkan dengan harganya yang sangat murah, maka sudah dipastikan bahwa handphone murah yang satu ini benar-benar sangat worth it untuk masa sekarang.

3. Gongkai

HP Gongkai

Sudah tidak heran jika beberapa macam smartphone datang dari negeri Cina. Salah satu negara yang dengan giat memproduksi handphone berbagai macam bentuk. Mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Hal ini terbukti dari salah satu handphone-nya rilisan tahun 2013 silam yang diberi nama Gonkai.

Handphone ini memang memiliki fitur yang sangat minim dan tidak banyak dilengkapi dengan teknologi canggih lainnya. Namun, salah satu hal yang menjadi daya tarik dan membuat handphone ini laris di pasaran pada masanya, yakni karena desain casingnya yang begitu transparan sehingga para penggunanya bisa melihat jeroan HP dengan jelas. Wah, unik sekali ya.

Di balik keunikannya itu, handphone ini dibanderol dengan harga $12 atau berkisar Rp120 ribuan. Jika dibandingkan dengan Alcetol OT-209 dan Namotel Acche Din, handphone ini memang memiliki perbedaan harga yang lumayan jauh. Namun, jika dihitung dari tolak ukur masa kini, tentu saja handphone ini menjadi salah satu perangkat ponsel paling murah yang pernah ada.

4. Hop1800

Hop1800

Dikemas dalam bentuk yang super mini, Hop1800 merupakan salah satu handphone termurah di dunia berikutnya. Bahkan, dengan tampilan yang super mungil layaknya HP terkecil di dunia, Hop 1800 telah diakui memiliki desain yang sangat unik karena hadir tanpa layar. Bayangkan? Sangat unik sekali bukan?

Tidak hanya itu, Hop1800 juga merupakan HP basic yang hanya dilengkapi dengan fitur keyboard, mic, dan speaker saja atau singkatnya hanya bisa digunakan untuk menelepon saja. Namun, meskipun begitu, handphone jadul ini sangat laris di Amerika Serikat lho. Mungkin jika dibawa ke masa sekarang, Hop1800 akan menjadi barang antik yang bisa saja memiliki harga yang sangat tinggi. Namun, sampai sejauh inj keberadaan handphone ini tidak banyak disebut secara global.

Perlu diketahui, bahwa handphone mungil ini dibanderol dengan harga $10 atau berkisar Rp148 ribuan. Tidak genap hingga Rp150.000, perangkat ponsel Hop1800 sebenarnya masih bisa digunakan di masa sekarang dengan fungsinya, yakni menelepon dan SMS saja.

5. iPhone 3G Jerman

iPhone 3G Jerman

Dikenal dengan salah satu vendor smartphone terbesar yang selalu memasang harga paling tinggi, ternyata Apple memiliki salah satu produk yang dibanderol dengan harga yang sangat murah. Bahkan, saking murahnya, iPhone 3G Jerman masuk dalam kategori handphone termurah di dunia.

Berbeda dengan handphone termurah lainnya, iPhone 3G Jerman memiliki perjalanan tersendiri hingga bisa sampai pada harga yang sangat murah. Beberapa tahun laluhandphone ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Namun, tepat pada tahun 2018 handphone ini dipasarkan dengan harga 1 Euro saja atau berkisar Rp16.000 saja.

Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang sangat sulit dipercayai. Pasalnya, semua orang tahu bahwa produk dari besutan Apple sangat dikenal dengan harganya yang relatif mahal. Namun, penurunan harga ini terjadi setelah Apple banyak mengeluarkan produk-produk terbarunya dengan teknologi teranyar pula.

Nah, itulah 5 handphone termurah di dunia yang kebenarannya telah diakui banyak orang dan telah dibuktikan pula. Sama seperti barang kebutuhan lainnya, memang semakin berkembang zaman dan semakin banyak produk bermunculan, maka harga dari produk sebelumnya akan mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Hal ini pun terjadi di dunia gadget.