Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dear Fotografer, Inilah 5 Smartphone Flagship Dengan Fitur Kamera Terbaik 2020

smartphone flagship dengan fitur kamera terbaik


Dear Fotografer, Inilah 5 Smartphone Flagship Dengan Fitur Kamera Terbaik 2020 - Berada di era yang serba kekinian, segala sesuatu membutuhkan pengabadian sebelum melebur menjadi kenangan. Ya, saat ini segala hal membutuhkan dokumentasi untuk mengabadikan segala kegiatan yang telah dilakukan. Jangankan berkegiatan, orang yang tidak berkegiatan pun tidak sedikit yang mengisi waktunya untuk berswafoto atau selfie.

Bahkan, di dunia fotografi, smartphone dengan fitur kamera terbaik menjadi salah satu perangkat andalan untuk mendapatkan hasil foto yang memukau. Maka dari itu, tidak heran jika smartphone dengan fitur kamera tercanggih dan terbaik adalah smartphone yang paling banyak diburu oleh banyak orang.

Bagi seorang fotografer, memanfaatkan smartphone untuk mengabadikan sesuatu menjadi hal yang sangat wajib. Kebutuhan ini tentu saja tidak akan bisa terlepas dari smartphone yang memiliki fitur kamera terbaik. Untuk mengetahui smartphone flagship apa saja yang memiliki fitur kamera terbaik, simak penjelasannya dibawah ini mengenai beberapa smartphone flagship dengan fitur kamera terbaik yang datang dari berbagai vendor ternama di seluruh dunia!

1. Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro

Bagi seorang fotografer, Huawei P40 Pro merupakan salah satu perangkat ponsel paling istimewa untuk mendapatkan hasil jepretan terbaiknya. Apalagi smartphone kamera terbaik ini memang sangat kuat di sektor fotografinya. Hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang, Huawei juga membenamkan teknologi Leica Ultra Vision.

Jika ditelusuri lebih dalam, lensa utama pada Huawei P40 Pro sudah dilengkapi dengan resolusi 50 MP yang tentu saja telah dikombinasikan dengan sensor RYYB serta dukungan optical image stabilization (OIS) dan bukaan lensa f/1.9. Sementara untuk kamera keduanya, Huawei P40 Pro hadir dengan resolusi 40 MP yang telah dikombinasikan dengan fitur RYYB ultra-wide, di mana secara khusus ditujukan untuk melakukan perekaman video.

Sedangkan untuk kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan bukaan lensa f/3.4 yang sengaja ditujukan untuk melakukan pengambilan foto jarak jauh (periscope). Perlu diketahui, lensa ketiga ini sudah dibekali dengan 50x SuperSensing Zoom dan OIS. Dan untuk kamera terakhir atau keempatnya adalah TOF 3D yang sudah dilengkapi kemampuannya agar mampu menghasilkan foto portrait dan kemampuan untuk menghasilkan conten AR (augmented reality). 

Dengan konfigurasi ini, Huawei P40 Pro berhasil menduduki posisi teratas sebagai smartphone dengan fitur kamera terbaik saat ini. Terbukti dari skor 128 yang didapat dari penilaian DXOMark dan skor 103 untuk kamera selfie-nya. Wah, hebat sekali bukan? Huawei P40 Pro ini sangat cocok untuk Anda yang bergelut di bidang fotografi.

2. Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra


Datang dari salah satu vendor smartphone terbesar di dunia, yakni Samsung Galaxy S20 Ultra. Perihal kamera, smartphone canggih ini tidak perlu diragukan lagi. Karena kamera dari Galaxy S20 Ultra ini dibekali dengan kamera Samsung Isocell Bright HM1 yang berhasil menggabungkan sembilan piksel menjadi satu "superpixel". 

Konfigurasi dari empat kamera belakangnya yang terdiri dari sensor utama 108 megapiksel. Dalam hal ini, Samsung memasang modul sudut ultra lebar. Resolusi asli chip yang digunakan sebesar 12 MP serta sudut pkamung terluas yang dimiliki smartphone ada pada 120 derajat. 

Selanjutnya, kamera kedua Galaxy S20 Ultra dibekali dengan lensa Periscope yang memiliki resolusi 48 MP yang memiliki kemampuan mumpuni hingga 10x Hybrid Zoom dan 100x Super Resolution Zoom. Menariknya, hal ini tidak dimiliki oleh smartphone flagship sekelasnya. Hanya Galaxy S20 Ultra yang memiliki kelebihan seperti ini.

Sementara untuk kamera ketiganya, yakni lensa ultrawide beresolusi 12 MP dengan bukaan aperture f/2.2. Lalu, kamera terakhirnya menggunakan depth sensor 0.3 MP ToF 3D agar mampu memberikan efek bokeh. Tidak cukup sampai di situ, hebatnya lagi Galaxy S20 Ultra memiliki kemampuan merekam video hingga 8K dalam kecepatan 24 fps. Sudah lengkap dengan fitur HDR10+, EIS dan OIS. Dari penilaian versi DXOMark memberikan skor 122 dan 100 untuk kamera selfie-nya.

3. Honor 30 Pro Plus

Honor 30 Pro Plus


Tidak kalah dari Samsung, kehadiran Honor 30 Pro Plus di dunia smartphone flagship berhasil menggemparkan banyak orang dengan spesifikasi fitur kamera terbaik yang dibawanya. Mengantongi skor DXOMark 125, smartphone canggih ini melewati raihan skor yang didapat oleh Samsung Galaxy S20 Ultra, OPPO Find X2 Pro, dan Xiaomi Mi 10 Pro.

Pasalnya, fitur AI RAW yang dimiliki Honor 30 Pro Plus ini memiliki kualitas kamera yang baik, sangat detail, noise rendah, dan dynamic range yang lebih luas. Kekuatan dari kamera Honor 30 Pro Plus ada pada konfigurasi tiga kamera belakangnya.

Kamera utama mempunyai resolusi 50 MP dengan ukursan sendor 1/1.28”, kamera kedua beresolusi 16 MP merupakan sensor ultrawide dengan 17mm-equivalent, sementara kamera ketiganya beresolusi 8 MP yang merupakan lensa tele 125mm-equivalent, aperture f/3.4 dengan fitur pendukung PDAF dan OIS.

4. Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 Pro

Datang dari vendor smartphone ternama Oppo yang sempat berhasil menduduki posisi pertama karena smartphone andalannya Oppo Find X2 Pro. Kekuatan kamera pada smartphone flagship OPPO terbaru ini ada pada ketiga kamera utama di bagian belakang.

Sensor kamera utama berukuran besar 1/1.4” 48 MP Quad-Bayer dengan aperture f/1.7, 48 MP untuk kamera ultra wide, dan 13 MP untuk kamera telephoto dengan fitur 5x optical zoom dan OIS. Ukuran resolusi kamera belakang yang tinggi tentu saja mampu mempengaruhi kualitas fotografi yang semakin tajam dan berkualitas. 

Tidak hanya itu, fitur lain seperti PDAF terdapat pada semua kamera yang dimiliki Oppo Find X2 Pro. Tidak lupa dengan Dual-LED flash dan kemampuan merekam video 4K/60fps video dan HDR (4K/30fps). Tercatat hingga Maret 2020, posisi Oppo Find X2 Pro di DXOMark ada di urutan pertama dengan skor 124.

5. Xiaomi Mi 10 Pro

Xiaomi Mi 10 Pro


Datang dari vendor smartphone ternama yang menjadi saingan berat Oppo Find X2 Pro, yakni Xiaomi Mi 10 Pro. Kecanggihan fitur kamera yang dimiliki oleh smartphone flagship yang satu ini berhasil menghipnotis banyak orang dengan spek dewa kameranya.  Tidak heran jika Mi 10 Pro banyak digemari dan diburu oleh banyak orang di masa kini.

Perlu diketahui, Mi 10 Pro dibekali dengan empat kamera yang sangat mumpuni. Konfigurasi kamera di Mi 10 Pro terdiri dari lensa 108 MP dengan ukuran sensor 1/1.33”, lalu ada kamera ultra wide yang memiliki resolusi 20 MP, kamera telephoto 50mm beresolusi 12 MP, serta sensor kamera terakhir 94mm beresolusi 8 MP.

Kelima smartphone flagship di atas merupakan smartphone dari berbagai brand HP yang berhasil mencatat nilai tertinggi versi DXOMark. So, perihal kecanggihan fitur kameranya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, di dunia fotografi, kelima smartphone ini seringkali dijadikan sebagai perangkat untuk mendukung menghasilkan jepretan terbaik serta berkualitas.