Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anti Boros, 7 Cara Menghemat Kuota Internet Saat Video Conference di Zoom

 

aplikasi zoom meeting

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Zoom - Adanya pandemi Covid-19 yang menghadirkan keresahan dan ketakutan masyarakat secara global, terpaksa membuat banyak orang harus mengurungkan diri untuk mengadakan acara atau rapat penting secara tatap muka langsung.

Oleh karenanya, penggunaan aplikasi Zoom untuk melakukan beberapa pertemuan online, seperti meeting perusahaan, webinar, diskusi organisasi mahasiswa, pembelajaran jarak jauh antara mahasiswa dengan dosen, bahkan acara perayaan wisuda mahasiswa belakangan ini menjadi tren selama masa pandemi Covid-19.

Pemanfaatan layanan video conference ini dinilai cukup efektif dan penggunaannya pun sangat mudah. Namun, sayangnya, semakin lama durasi rapat saat menggunakan Zoom, maka kuota data yang dimakan pun akan semakin besar. Hal inilah yang seringkali membuat banyak orang merasa berpikir ulang untuk menggunakan Zoom dalam durasi yang cukup lama.

Maka dari itu, untuk menekan penggunaan kuota data yang terlalu besar, sabineblog.com memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan aplikasi Zoom. Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Matikan fitur Audio jika tidak diperlukan



Ada baiknya saat Anda tidak berbicara dalam sebuah video conference ataupun acara lainnya, maka matikan saja Audio jika tidak diperlukan. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi bandwidth dan menekan penggunaan data agar tidak terlalu besar.

Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa mematikan Audio dapat sedikit menghemat penggunaan data, apalagi jika video conference yang Anda lakukan berdurasi cukup lama, langkah ini bisa Anda coba agar kuota internet tidak terkuras banyak.

Berikut di bawah ini adalah cara untuk mematikan Audio secara otomatis saat melakukan video conference di Zoom:

• Buka aplikasi Zoom versi desktop, lalu klik ikon pengaturan di sudut kanan atas
• Setelah itu, buka kolom pengaturan, lalu pilihlah opsi audio di sisi kiri.
• Pada kolom audio, akan muncul empat opsi yang dapat Anda centang.
• Lalu, centanglah keempat opsi itu. Dan artinya audio Anda akan secara otomatis dinonaktifkan saat bergabung dalam sebuah rapat.

2. Hindari penggunaan aplikasi lainnya saat menggunakan zoom



Salah satu cara lainnya menekan penggunaan data saat menggunakan zoom adalah menghindari penggunaan aplikasi lain, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, game online, ataupun men-download file besar. Apalagi salah satu aplikasi yang bisa menguras kuota internet dengan cepat dengan kuota yang cukup besar adalah layanan streaming video ataupun musik.

Hal ini mungkin tidak disadari, akan tetapi pada kenyataannya banyak orang telah membuktikan bahwa penggunaan aplikasi lain saat menggunakan Zoom adalah salah satu alasan paling besar mengapa kuota internet terkuras dengan cepat. Jadi, alangkah lebih baiknya saat melakukan video conference di Zoom, Anda cukup fokus saja pada acara yang sedang Anda ikuti.

3. Matikan kamera jika tidak dibutuhkan



Dalam acara meeting perusahaan ataupun webinar, Anda mungkin saja tidak bisa mematikan kamera karena itu merupakan video conference penting. Namun, jika Anda bergabung dalam ruang rapat yang sekiranya tidak terlalu resmi atau non-formal, alangkah lebih baiknya Anda mematikan fitur kamera jika tidak diperlukan.

Dan untuk mematikan kamera, Anda hanya cukup memilih opsi "Turn Off Camera" ketika pertama kali bergabung atau masuk ke dalam ruang rapat. Jika pun Anda menjadi host dalam video conference itu, Anda juga dapat menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain agar dapat mengurangi koneksi internet yang terpakai.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mematikan fungsi kamera saat meeting di Zoom dapat mengurangi penggunaan kuota internet. Pada kenyataannya, hal ini telah terbukti adanya. Namun, jangan sampai hanya karena menghemat kuota internet, sepanjang rapat dimulai hingga akhir, fungsi kamera Anda terus dinonaktifkan. Itu namanya bukan hemat, tetapi tidak tahu tatakrama, guys. Jadi, matikan saja fungsi kamera saat benar-benar tidak diperlukan.

4. Penting banget! Matikan kualitas video HD untuk lebih hemat



Saat awal bergabung dalam video conference di Zoom, cobalah cek terlebih dahulu apakah Anda telah mengaktifkan video resolusi HD (High Definition) atau tidak. Jika diaktifkan, maka sebaiknya matikan video resolusi HD. Pasalnya, mengaktifkan tampilan video dalam resolusi HD ini memerlukan penggunaan kuota internet lebih banyak.

Berikut di bawah ini adalah cara untuk menonaktifkan kualitas video HD saat bergabung dalam rapat di Zoom:

- Pertama, klik menu "Settings" atau Pengaturan
- Lalu, pilihlah opsi "Video" yang berada di sebelah kiri pada menu Pengaturan
- Sementara pada bagian "My Video", nonaktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD"

Cara menonaktifkan kualitas tampilan video dalam resolusi HD ini sangat mudah. Namun, sayangnya, masih banyak yang belum menyadari atau bahkan tidak peduli. Dan ketidaksadaran inilah yang membuat penggunaan kuota internet lebih cepat terkuras.

Perlu diketahui, untuk panggilan video satu lawan satu di Zoom perlu menghabiskan kira-kira sekitar 540 MB/ jamnya untuk kualitas video standar. Sementara untuk kualitas 720p perlu menghabiskan kuota internet sebesar 1,08 GB/ jamnya, dan pada kualitas terbesar 1080p perlu menghabiskan data internet sebanyak 1,62GB/ jamnya.

Beda lagi jika dengan panggilan video grup di Zoom, penggunaan data tentunya akan jauh lebih besar. Untuk kualitas 1080p bisa Anda harus menghabiskan 2,4 GB/jamnya. Bayangkan, itu hanya untuk satu jam. Tidak terbayang jika untuk beberapa jam, kuota internet Anda akan terkuras sangat banyak.

5. Meminimalisasi penggunaan fitur Share Screen



Sebagaimana yang telah diketahui bahwa fitur Share Screen digunakan untuk berbagi layar saat hendak presentasi ataupun hal lainnya. Nah, jika Anda telah selesai menggunakannya, pastikan untuk berhenti berbagi layar. Selain itu, minta agar pengguna yang lain juga mematikan opsi berbagi layar mereka ketika mereka telah selesai.

Daripada mematikan fitur Audio, penggunaan fitur Share Screen akan lebih banyak menguras kuota internet. Maka dari itu, saat melakukan video conference di Zoom sebisa mungkin Anda harus meminimalisasi penggunaan fitur yang satu ini.

6. Gunakan platform dokumen online



Jika dibandingkan dengan berbagi layar, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan dokumen kolaboratif online jika ingin membagikan file atau sesuatu agar sedikit menghemat data, semisal presentasi. Pilihlah platform dokumen online, seperti yang paling populer saat ini adalah Google Sheet, Docs, Box Notes, Google Apps, atau layanan lainnya.

Dengan demikian itu, peserta rapat bisa saling berbagi dokumen atau memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file  tanpasekaligus harus menggunakan fitur share screen yang dipastikan memakan banyak kuota.

7. Opsi perekaman cloud saat rapat di Zoom



Saat melakukan video conference, sebagai host ataupun peserta, Anda dapat memanfaatkan opsi perekaman video conference tersebut di layanan cloud yang telah disediakan oleh Zoom. Dan nantinya rekaman video akan langsung ditransfer ke layanan cloud, sehingga tidak perlu repot-repot lagi di-upload kembali dari komputer.

Demikianlah, beberapa cara menghemat kuota internet saat melakukan video conference di Zoom. Beberapa cara di atas sangat mudah untuk dilakukan dan Anda tidak perlu lagi membuang-buang kuota internet dengan boros jika Anda mencoba mengaplikasikan beberapa cara di atas.