Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Cepat Menemukan HP yang Hilang Meski Dalam Keadaan Mati, Jangan Khawatir!


cara melacak hp yang hilang


Cara Cepat Menemukan HP Hilang dalam Keadaan Mati - Memasuki zaman yang semakin berkembang, keberadaan smartphone tidak bisa lagi ditolak atau ditiadakan. Bahkan, hampir semua orang mungkin telah menganggap bahwa handphone merupakan kebutuhan primer yang sangat penting.

Karena hal itulah mengapa banyak orang sangat bergantung pada handphone. Bahkan, sebagian orang tidak bisa bepergian tanpa membawa handphone-nya. Sehingga mereka tidak menyadari bahwa hal itulah yang justru membuat risiko kehilangan HP semakin besar.

Dan yang paling parahnya adalah saat HP hilang dalam keadaan mati, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka masih memiliki harapan untuk menemukan handphone miliknya. Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana caranya? Jika belum, maka di bawah ini terdapat beberapa cara menemukan HP yang hilang meski dalam keadaan mati.

1. Melacak menggunakan Google Maps

cara melacak hp dengan google maps


Salah satu cara ampuh untuk menemukan HP yang hilang meskipun dalam keadaan mati adalah dengan menggunakan Google Maps. Namun, yang harus digaris bawahi adalah cara pertama ini akan berhasil jika kamu telah mengaktifkan fitur Location History sebelum HP-mu hilang.

Mengingat bahwa biasanya smartphone telah bersinergi dengan email, jadi semua informasi di ponselmu akan terekam dengan lengkap di Google Maps. Dan yang paling penting adalah fitur Location History yang memiliki fungsi dapat memberi tahu di mana posisi terakhir seseorang ketika ponselnya terhubung dengan koneksi internet.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa mengikuti beberapa tahapannya di bawah ini.

• Pertama, bukalah aplikasi Google Maps di ponsel lain dan pilihlah ikon 3 garis yang berada di pojok kiri atas.

• Kedua, cobalah masukkan akun ponsel yang hilang dengan memilih opsi ‘Add Account’.

• Ketiga, pilih ikon hamburger sekali lagi, lalu kemudian tap ‘Your Timeline’ untuk memulai pelacakan.

• Keempat, tekan ikon kalender dengan tujuan untuk mencari tahu lokasi HP yang hilang dalam hitungan hari.

Cara pertama ini diakui sangat ampuh untuk menemukan HP yang hilang dalam keadaan mati. Fungsi data pada Google Maps sangat berperan penting dalam menemukan ponsel yang telah hilang.

2. Melacak dengan menggunakan Nomor IMEI

cara melacak hp dengan menggunakan nomor IMEI


Seperti yang telah diketahui bahwa nomor IMEI dalam smartphone merupakan satu hal yang sangat penting. Saking pentingnya, kamu harus membuat salinannya di kertas atau di mana saja yang mungkin suatu saat akan sangat kamu butuhkan. 

Untuk menggunakan cara kedua ini kamu bisa mengikuti beberapa tahapannya di bawah ini. Cek langsung saja, ya!

• Pertama, cobalah melacak ponsel dengan menggunakan nomor IMEI.

• Kedua, lakukan panggilan pada nomor dial *#06# untuk mengetahui nomor IMEI ponselmu.

• Ketiga, Install aplikasi pelacak IMEI pada ponselmu.

• Keempat, aktifkan notifikasi suara agar nanti saat ponsel dihidupkan maka google location akan mulai melacak keberadaan ponselmu, dan tentunya smartphone akan berdering saat dihubungi.

Namun, jangan lupa, hubungi nomormu saat jarakmu sudah dekat dengan penemu atau 'pembawa' ponselmu. Sebab cara di atas akan sia-sia jika kamu menghubunginya saat dalam keadaan jauh. Bisa jadi ponselmu telah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Menggunakan Google Android Device Manager 

cara melacak ho dengan android device manager


Selain menggunakan Google Maps dan memanfaatkan nomor IMEI, kamu pun bisa memakai cara lain dengan menggunakan Android Device Manager pada ponselmu. Meskipun banyak orang yang belum menyadari cara ketiga ini, akan tetapi sudah ada banyak orang yang telah membuktikannya secara langsung dan ampuh untuk menemukan ponsel meski dalam keadaan mati.

Nah, untuk menggunakan Device Manager di Android ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkahnya di bawah ini.

• Langkah pertama, kunjungi situs resminya terlebih dulu.

• Kedua, lakukanlah registrasi serta pendaftaran akun Gmail yang kamu punya.

• Ketiga, pilihlah bagian "Temukan perangkat saya".

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Jika kamu sudah melakukan beberapa tahapannya di atas, maka saat ponselmu hidup, keberadaannya bisa diketahui dengan detail. Namun, jangan lupa untuk melakukannya berulang kali dengan tujuan agar ponselmu memberikan lokasi yang lebih rinci.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 cara cepat menemukan HP yang hilang meski dalam keadaan mati. Pentingnya sebuah data dalam ponsel mengharuskan kamu mengetahui beberapa cara di atas agar seluruh data dalam HP-mu bisa teramankan.