Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengisi Daya HP yang Benar dan Efektif Agar Baterai Terisi Cepat, Jangan Sembarang Ngecas!

 

cara mengisi daya HP yang benar

Cara Mengisi Daya HP yang Benar dan Efektif - Seringnya penggunaan HP setiap hari dalam jangka waktu yang lama membuat kita pun mengharuskan mengisi daya setiap harinya. Apalagi jika digunakan untuk multi tasking dengan tingkat mobilitas tinggi, kamu harus pintar-pintar mengatur pengisian daya agar baterai HP lebih awet dan tahan lama.

Walaupun mungkin terdapat beberapa tipe hp yang telah menyediakan spare part pada baterai, akan tetapi ketika kita mampu menjaga performa baterai asli tentu akan lebih baik ketimbang membeli yang baru. Dan di artikel kali ini, sabineblog.com mempunyai beberapa cara ampuh untuk mengisi daya agar baterai lebih cepat dan tahan lama. Yuk, simak saja langsung penjelasannya.

1. Usahakan hentikan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan

hentikan aplikasi pada saat mengisi baterai hp


Saat hendak men-charger HP, usahakan untuk menghentikan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan. Terlebih, ada beberapa ponsel yang mendukung penggunaan aplikasi yang berjalan secara latar belakang. Maka dari itu, ada beberapa aplikasi yang terus berjalan meski sekalipun tidak terlihat di screen depan.

Dan untuk melihat penggunaan aplikasi pada latar belakang, cobalah untuk membuka pengaturan dan lihatlah aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Nah, dari pengaturan tersebutlah kamu dapat mendisable beberapa penggunaan aplikasi agar proses charging dapat berjalan dengan cepat.

2. Gunakanlah charger asli

gunakan charger asli untuk mengisi baterai hp


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa penggunaan charger KW untuk mengisi daya smartphone adalah tindakan buruk yang ternyata mempengaruhi ketahanan baterai ponsel. Oleh karenanya, alangkah lebih baik kamu menggunakan charger asli saat mengisi daya ponselmu.

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan charger asli memang didesain khusu untuk tipe HP yang digunakan. Semisal dari sisi volt dan ampere yang dibangun dengan ukuran sesuai dengan smartphone-mu. Apalagi dengan adanya dukungan konfigurasi yang takaran yang pas, dipastikan suhu panas akan terhindar karena  pengisian daya akan sesuai dengan prosedur kebutuhan baterai smartphone-mu.

3. Jika perlu, nonaktifkan jaringan internet untuk sementara

matikan jaringan internet sementara pada saat charger baterai hp


Pengisian daya baterai akan terisi dengan cepat saat HP tidak digunakan untuk apa pun. Dan jika kamu tidak membutuhkan jaringan internet saat proses charging, alangkah lebih baiknya kamu menonaktifkan jaringan internet pada ponselmu.

Ketahuilah, saat data internet menyala maka data yang terpakai akan sangat tinggi. Meskipun tidak digunakan, akan tetapi pengisian baterai akan kurang efektif jika data internet tidak dimatikan. Cara ketiga ini memang sangat tidak cocok untuk kamu yang mungkin membutuhkan koneksi internet secara real time.

4. Menurunkan tingkat kontras layar HP

turunkan tingkat kontras layar hp pada saat mengisi baterai


Seperti yang kita ketahui bahwa semakin tinggi kontras layar HP, maka akan semakin tinggi pula konsumsi baterai yang digunakan. Apalagi saat HP sedang di-charger, sudah dipastikan pengisian daya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Oleh karenanya, cobalah untuk menurunkan tingkat kontras layar HP dengan meredupkan pencahayaan layar. Karena dengan hal inilah pengisian baterai akan lebih cepat dan performa baterai pun akan awet lebih lama.

5. Menjaga tingkat rasio di kisaran 40% hingga 80%

menjaga tingkat ratio 40 % sampai 80 % pada saat mengisi baterai hp


Memperhatikan dan menjaga tingkat rasio baterai merupakan salah satu hal yang penting. Ada baiknya saat baterai sudah berada di titik 40%, cobalah untuk dibiasakan men-charger smartphone. Metode menjaga radio seperti ini dipercaya dapat membuat siklus baterai pada smartphone-mu akan menjadi lebih lama.

Dan satu hal yang pantang untuk dilupakan, yakni pengisian baterai dengan kondisi full 100% merupakan hal yang tidak baik juga. Usahakan untuk mengisi daya maksimal 90% saja. Hal seperti ini telah diakui dan terbukti menambah ketahanan baterai smartphone agar lebih awet.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara mengisi daya HP yang benar dan efektif agar baterai terisi dengan cepat. Hampir 98% bukti di lapangan telah mengatakan bahwa kelima cara di atas memang sangat ampuh untuk mengisi dengan waktu yang singkat.