Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartphone Xiaomi Redmi 9A, Baterai 5000 mAh Harga 1 Jutaan

Xiaomi Redmi 9A
Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 9A - Bertepatan dengan ulang tahun yang ke-10, brand Xiaomi meluncurkan produk terbarunya, yaitu Smartphone Xiaomi Redmi 9A. Smartphone ini merupakan inovasi terbaru dari saudara kembarnya yang sudah launching pada bulan Juli lalu, yakni Redmi 9. Bagi Mi-fans, hal ini tentu sangat ditunggu-tunggu, karena produk terbaru dari Xiaomi ini menyuguhkan beberapa fitur andalan.

Berikut Spesifikasi Lengkap Smartphone Redmi 9A

Tepat pada tanggal 10 Agustus 2020, Smartphone Xiaomi Redmi 9A resmi diliris di Indonesia. Meski termasuk ke dalam kategori smartphone murah, Xiaomi tidak bermain-main soal kualitas. Hal ini sesuai dengan slogan yang diunggulkan, yakni “juaranya smartphone entry-level”. Berikut ulasan spesifikasinya :

1. Layar Xiaomi Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A memiliki layar seluas 6,5inci dengan resolusi HD+ yang dilengkapi dengan aksen poni drop untuk kamera depannya. Kecerahan layar mencapai 400nit, sehingga tetap terang meskipun dilihat dari bawah sinar matahari. Meski demikian, tak perlu risau, karena smartphone ini sudah dibekali dengan sertifikat dari TUV Rheinland Low Blue Light.

Layar Xiaomi Redmi 9A
Layar Xiaomi Redmi 9A
Sehingga sangat aman untuk mata, meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, adanya fitur reading mode memudahkan pengguna untuk membaca, karena efek pencahayaan yang tidak terlalu silau. Ketebalannya hanya mencapai 9mm dengan berat 194gram, sehingga sangat nyaman untuk digenggam.

2. Desain Xiaomi Redmi 9A

Desain Bodi Xiaomi Redmi 9A
Desain Bodi Xiaomi Redmi 9A
Generasi kesembilan keluaran Xiaomi ini patut diacungi jempol dalam hal desain body. Pada bagian belakang, tulisan “Redmi” sudah pindah ke bagian tepi dengan area permukaan yang bertekstur garis. Hal ini dapat dirasakan dengan cara menggesekkan kuku atau jari di bagian permukaan.

Pada bagian bawah, hanya ada port micro-usb dan grill speaker saja. Sementara lubang audiojack ada di bagian atas layar, sehingga lebih terasa lebih nyaman untuk menggunakan headphone

3. Hardware dan Software Redmi 9A

Processor Xiaomi Redmi 9A
Processor Xiaomi Redmi 9A
Smartphone Xiaomi Redmi 9A mengandalkan performa dari chipset MediaTek Helio G25 12Nm. Kinerjanya semakin cepat dengan bekal CPU octa-core up to 2Ghz. Sementara sistem operasinya sudah menggunakan teknologi Android10 + MIUI 12. Namun, di sini tidak ada fitur gaming booster, sehingga kurang menarik untuk berpacu dengan game online. 

4. Kamera Xiaomi Redmi 9A

Untuk smartphone sekelas entry-level, kamera pada Xiaomi Redmi 9A tergolong sangat baik. Dengan bekal kamera 13MP di bagian belakang, gambar yang dihasilkan terlihat jernih dan cukup tajam. Apalagi jika pengambilan gambar dilakukan di luar ruangan pada siang hari, atau di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup.

Kamera Xiaomi Redmi 9A
Kamera Xiaomi Redmi 9A
Sementara pada malam hari, hasilnya akan tetap baik asalkan didukung dengan pencahayaan yang terang. Namun, jika dalam kondisi kurang cahaya, kualitas foto akan menurun. Hal ini sebenarnya cukup wajar, mengingat Smartphone Redmi 9A tidak dibekali dengan fitur Night Mode.

Pada bagian kamera depan, kemampuannya memang diturunkan. Jika pada Redmi 8A dibekali dengan kamera 12MP, pada Xiaomi Redmi 9A justru hanya 5MP saja untuk kamera depannya. Meskipun demikian, kombinasi kamera pada Redmi 9A tetap tergolong bagus di kelasnya.

5. Baterai dan Memori

Untuk mendukung performa, Smartphone Xiaomi Redmi 9A dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB dan memori internal berkapasitas 32GB. Jika butuh penyimpanan yang lebih besar, smartphone ini dapat ditambah dengan micro-SD up to 512GB. Sementara untuk daya, Redmi 9A dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mampu bertahan selama 18jam pada pemakaian normal.

Harga SmartphoneXiaomi Redmi 9A

Sebenarnya, Redmi 9A memiliki dua model. Pada pasaran online, smartphone ini dibandrol Rp 1.199.000 untuk versi RAM 2GB/32GB dan Rp 1.299.000 untuk RAM 3GB/32GB. Sementara untuk pembelian offline, rata-rata harga yang ditawarkan berkisar Rp 1.249.000 untuk versi 2GB dan Rp 1.349.000 untuk versi 3GB.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Smartphone Xiaomi Redmi 9A. Kesimpulannya, smartphone yang satu ini cukup mumpuni untuk penggunaan anak-anak. Dengan tidak adanya gaming booster, mereka tidak akan terlalu fokus pada game online. Sementara untuk mendukung proses pembelajaran, fiturnya cukup dapat diandalkan.