Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mudah Download Subtitle Indonesia Untuk Film, Lengkap dan Terpercaya!


download subtitile movie


Semakin ke sini semakin banyak jumlah film atau drama yang bisa diakses dan di-download di Internet. Banyaknya situs yang menyediakan berbagai genre film tentu mengharuskan seseorang juga mengetahui bagaimana cara download subtitle Indonesia untuk bisa menonton filmnya dan mengerti makna yang disampaikan di dalam film tersebut.

Terlebih, di masa sekarang siapa pun bisa dengan mudah mendownload subtitle bahasa Indonesia. Namun, sebelum itu, jika kamu salah satu pecinta film luar negeri, tentunya kamu juga harus paham dulu dong jenis-jenis file subtitle apa saja yang bisa di-download.

Jenis File Subtitle

cara download subtitle Indonesia


Seperti pada umumnya, jalan umum pada subtitle terdiri dari dua macam bentuk, yakni subtitle yang sengaja dibuat hanya untuk beberapa kelompok saja. Di mana subtitle ini pun hanya bisa dimatikan atau diaktifkan oleh para penontonnya saja.

Lain hal nya dengan jenis opensubtitle yang memiliki sifat terbuka untuk berbagai kalangan, dalam artian tidak dapat dimatikan atau dihilangkan oleh para penontonnya. Sementara subtitle yang telah banyak beredar saat ini hanya terdiri tiga bagian. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya di bawah ini!

1. Softsub

Menjadi salah satu bagus dari close subtitle, Softsub bisa dikatakan berada pada file yang berbeda dengan file video atau secara terpisah. Di software ini kamu bisa memanfaatkannya dengan mendownload film dari mana pun itu secara gratis di Internet.

Tidak terlepas dari semua itu, subtitle jenis Softsub juga memiliki format penyimpanan subtitle berupa .srt, .sun, .ass, dan beberapa jenis format subtitle lainnya.

2. Subtitle parendred

Sama hal nya dengan subtitle jenis Softsub, subtitle parented juga merupakan jenis subtitle close. Di mana subtitle ini terpisah dari frame videonya. Yang perlu digaris bawahi adalah di dalam jenis subtitle parented ini terdapat berbagai macam bahasa, seperti subtitle Indonesia yang seringkali digunakan dalam pembuatan DVD dan blu-ray.

3. Hardsub

Nah, untuk yang satu ini berbeda dari kedua jenis file subtitle di atas. Karena Hardsub merupakan bagian subtitle yang berasal dari opera subtitle. Di mana jenis subtitle tidak dapat diubah karena telah tergabung dengan file video yang asli.

Selain itu, pada jenis subtitle Hardsub pun terdapat efek transisi yang cukup kompleks bagi beberapa tambahan animasi, seperti pada teks lagu karaoke yang menggunakan huruf warna-warni yang telah disertai beberapa animasi.

Cara Mendapatkan Subtitle Dengan Kualitas Terbaik

cara download subtitle Indonesia


Untuk mendapatkan kualitas subtitle terbaik, kamu tidak bisa melakukannya dengan cara yang sembarangan. Sebab ada beberapa panduan dan langkah-langkahnya, seperti pada penjelasan di bawah ini:

• Pertama, Pastikan terlebih dulu bahwa subtitle yang diunduh tersebut match dengan format media yang bersumber dari film yang diunduh sebelumnya. (Misal, jika format fim itu bluray, maka format subtitle pun harus bluray)
• Kedua, Pertimbangkan subtitle terjemahan Subber mana yang akan diunduh. (Contoh Subber yang paling banyak dipilih orang-orang yaitu Pein Akatsuki dan Lebah Ganteng)
• Ketiga, proses pencarian subtitle terbaik telah selesai dilakukan. Dan kamu bisa menonton film atau drama dengan baik karena subtitle-nya telah sesuai.

3 Cara Download Subtitle Untuk Film Dengan Mudah dan Cepat

cara download subtitle Indonesia


Setelah mengetahui jenis file subtitle dan cara mendapatkan subtitle terbaik, di bagian ini kamu akan mengetahui bagaimana cara download subtitle Indonesia untuk Film dengan mudah dan cepat. Penasaran bagaimana caranya? Cekidot penjelasannya di bawah ini!

1. Cara Download Subtitle Indonesia Lewat Situs Open Subtitle

cara download subtitle Indonesia


Situs Open Subtitle merupakan salah satu situs yang banyak direkomendasikan dan diakses orang-orang untuk mendownload subtitle bahasa Indonesia. Adapun beberapa langkahnya sebagai berikut:

• Pertama, buka situs Open Subtitles.

• Kedua, pergi ke menu 'Search bar' dan ketikkan judul film yang ingin kamu cari.

• Ketiga, tekan enter atau klik tombol search. (Sebagai contoh, mencari subtitle Indonesia “John Wick 3: Parabellum”)
• Keempat, carilah judul yang sesuai, lalu klik film tersebut.
• Kelima, scroll ke bawah sampai kamu menemukan subtitle bahasa Indonesia, kemudian klik sesuai kualitas film yang kamu punya (Bluray, WEBRip, dan lain-lain).
• Terakhir, klik Download.

2. Cara Download Subtitle Indonesia Lewat Situs Subscene

cara download subtitle Indonesia


Situs Subscene merupakan salah satu situs database subtitle yang paling lengkap hingga saat ini. Para pembuat subtitle di manapun pasti pernah menggunakan situs Subscene untuk mengupload hasil subtitle mereka. Namun, sayangnya, dari kabar yang beredar bahwa Subscene telah masuk ke dalam situs yang diblokir secara resmi oleh pemerintah.

Namun, jangan khawatir, telah banyak cara membuka blokir situs Subscene ini, salah satunya dengan menggunakan VPN. Jika kamu telah berhasil membuka blokirannya, langsung saja ke langkah-langkah mendownload subtitle-nya di bawah ini:

• Pertama, langsung saja buka situs di sini.
• Kedua, masukkan judul subtitle yang kamu cari pada Form input search. Kemudian, klik menu 'Subtitle Seacrh'.
• Ketiga, jika sudah ditemukan filmnya, langsung saja klik di barisan 'exact'.
• Keempat, klik 'Download Indonesian Subtitle' setelah kamu berhasil menemukan subtitle bahasa Indonesia di langkah yang ketiga.
Finally, tunggu beberapa menit untuk menyelesaikan proses dwonload.

3. Cara Download Subtitle Indonesia Menggunakan Aplikasi Caption

cara download subtitle Indonesia


Jika download subtitle nggak bisa dilakukan lewat Opensubtitle ataupun Subscene, maka cara yang ketiga inu wajib kamu coba.  Ya, sebuah aplikasi atau software yang dikhususkan untuk mendownload subtitle Indonesia dan aplikasi tersebut bernama Caption.

Untuk lebih lengkapnya, yuk, simak beberapa langkahnya di bawah ini!

• Pertama, download software atau aplikasi Caption di sini/
• Kedua, buka aplikasi tersebut, lalu atur bahasa dari subtitle yang ingin kamu download dan berada di bagian pojok kiri bawah.
• Ketiga, klik dan pilih Indonesian.
• Keempat, carilah judul film pada kotak yang telah disediakan, lalu tekan enter.
• Kelima, cari subtitle yang sesuai dengan file film, lalu klik kanan > Download.
• Keenam, tentukan keberadaan penyimpanan file subtitle, lalu klik save.
Finally, subtitle Indonesia berhasil di-download.

Nah, itu dia beberapa cara download subtitle Indonesia untuk film yang kamu inginkan. Sebenarnya tidak hanya ketiga situs di atas yang bisa dijadikan sebagai tempat mendownload subtitle, akan tetapi masih banyak situs lainnya juga, seperti Island Fansubs, iSubtitles.org, BollyNook, dan lain-lain. Dan kamu pun bisa memilih situs mana yang paling cocok untukmu selain ketiga situs yang dijelaskan di atas.