Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menggabungkan File PDF Tanpa Aplikasi dan 4 Rekomendasi Aplikasi Terbaik Penggabung File PDF

 

Cara menggabungkan file pdf

Menggabungkan beberapa file PDF merupakan hal yang penting untuk diketahui. Apalagi jika berada di dunia kerja ataupun pendidikan yang menuntut kita untuk bisa menggabungkan beberapa berkas menjadi satu berkas utuh. Hal itulah yang sampai sekarang justru masih menjadi sesuatu yang tidak diketahui banyak orang, terlebih bagi mereka yang awam akan dunia teknologi.

Oleh karenanya, cara menggabungkan file PDF adalah teknik penting yang harus dipelajari secepat mungkin. Eits, jangan khawatir! Karena cara menggabungkan beberapa file PDF ini sangat mudah. Jadi, siapa pun bisa mencoba dan melakukannya.

Dan di artikel kali ini Sabineblog.com akan mengupas tuntas bagaimana cara menggabungkan file PDF tanpa aplikasi dan rekomendasi aplikasi terbaik penggabung file PDF. Penasaran seperti apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Menggabungkan File Pdf Tanpa Aplikasi

cara menggabungkan file pdf tanpa aplikasi

Tidak membutuhkan waku lama, menggabungkan file PDF dapat dilakukan dengan sangat mudah, baik itu tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. Namun, tentu saja jika tanpa menggunakan aplikasi, memiliki kelebihan untuk tidak perlu men-download terlebih dahulu sebuah aplikasi untuk bisa menggabungkan file PDF.

Untuk itu, berikut di bawah ini cara mudah menggabungkan file PDF tanpa aplikasi.

1. Melalui situs online Ilovepdf.com

cara menggabungkan file pdf melalui situs ilovepdf.com

Apakah kamu pernah mendengar situs yang satu ini? Ya, salah satu situs yang terkenal dengan kegunaannya dalam mengecilkan ukuran foto. Namun, tidak hanya itu. Situs IlovePDF juga bisa kamu gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Dan untuk lebih jelasnya, yuk, ikuti langkah-langkah dibawah ini!

Langkah 1:
• Pertama, buka situs Ilovepdf.com untuk menggabungkan file PDF secara online atau tanpa aplikasi.

Langkah 2:
• Klik opsi 'Pilih file PDF'. Lalu, carilah file yang ingin digabungkan.

Langkah 3:
• Kemudian, klik opsi 'Gabungkan PDF' jika filenya sudah seusia.

Langkah 4:
• Tunggu beberapa detik untuk pemrosesan penggabungan file PDF. Nah, jika sudah selesai, klik opsi 'Unduh PDF' yang digabungkan guna menyimpannya.

Proses penggabungan file PDF telah selesai dilakukan. Ingat, syarat utamanya hanya cukup tersambung dengan jaringan internet. Bagaimana? Mudah banget, kan?

2. Melalui situs online Smallpdf.com

cara menggabungkan file pdf melalui situs smallpdf.com

Situs kedua yang bisa kamu manfaatkan untuk menggabungkan file PDF yaitu Smallpdf. Sama hal nya seperti situs yang pertama, kamu bisa menggabungkan beberapa file PDF hanya dengan beberapa langkah saja dan tentunya sangat mudah.

Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1:
• Pertama, masuk ke situs Smallpdf.com untuk menggabungkan PDF.

Langkah 2:
• Klik opsi 'Pilih File' dan tentukan file PDF yang mana yang ingin kamu gabungkan.

Langkah 3:
• Klik opsi 'Gabungkan PDF' setelah file PDF yang dipilih disusun dengan urutan yang benar.

Langkah 4:
• Kemudian, klik 'Unduh' untuk menyimpan beberapa file yang digabungkan tersebut.

Dan proses penggabungan file PDF telah selesai. Kamu hanya cukup menunggu beberapa detik saja agar beberapa file PDF tergabung sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Cara Menggabungkan PDF Menggunakan Aplikasi

cara menggabungkan file pdf dengan menggunakan aplikasi

Nah, setelah mengetahui cara menggabungkan PDF tanpa aplikasi, kamu tentu harus mengetahui bagaimana cara menggabungkan file PDF menggunakan aplikasi. Hal ini meminimalisasi bilamana sambungan internetmu tidak sedia setiap waktu. Dalam artian kamu hanya cukup tersambung dengan jaringan internet di satu waktu saja saat men-download aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Penggabungan File PDF

cara menggabungkan file pdf

1. Menggunakan Ice Cream PDF Split & Merge

cara menggabungkan file pdf

Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar aplikasi ini? Jika belum, maka perlu diketahui bahwa aplikasi Ice Cream PDF Split & Merge ini merupakan aplikasi yang cukup efektif untuk menyatukan beberapa file dalam bentuk satu file PDF.

Jika kamu berniat untuk men-downloadnya, maka kamu bisa mendapatkannya secara gratis di internet. Tetapi sebelum itu, yuk, cari tahu dulu bagaimana langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut di bawah ini!

Langkah 1:
• Pertama, yang pasti download dulu aplikasi Icecream PDF Split & Merge. Lalu, lakukan instalasi. Jangan lupa, hilangkan tanda centang ada opsi instalasi perangkat lunak yang kamu inginkan.

Langkah 2:
• Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut lalu klik menu 'Add File' dan pilih beberapa file untuk digabungkan.

Langkah 3:
• Sortir file yang sudah kamu pilih dan sesuaikan dengan urutan yang diinginkan. Gunakan tombol 'Up' atau 'Down' yang berada di samping kanan.

Langkah 4:
• Kemudian, klik 'Merge' untuk menggabungkan semua file menjadi satu file PDF.

Perlu diketahui, jika kamu menginginkan penguncian berkas dengan cara memberi password pada file yang telah digabungkan, maka kamu bisa melakukannya di langkah yang ketiga. Di sana terdapat opsi untuk penguncian berkas atau file dengan password.

2. Menggunakan Xodo PDF Rider & Editor

cara menggabungkan file pdf menggunakan aplikasi

Nah, untuk cara yang kedua ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan smartphone berbasis Android. Kalau kamu nggak ingin ribet membuka PC untuk menggabung beberapa file PDF, maka kamu hanya cukup menggunakan aplikasi Xodo PDF Rider & Editor untuk melakukan proses penggabungan file PDF di Android.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1:
• Pertama, download dan install aplikasi Xodo PDF Rider & Editor.

Langkah 2:
• Jika sudah diinstall, masukkan file PDF yang akan kamu gabungkan.

Langkah 3:
• Pilih opsi 'Merge' untuk menggabungkan beberapa file PDF yang telah kamu pilih. Tunggu hingga proses penggabungan file selesai.

Bagaimana? Praktis dan mudah banget, kan? Jika kamu berniat untuk men-downloadnya, langsung saja kunjungi aplikasi Xodo PDF Rider & Editor di Google Play Store.

3. PDF Utils

cara menggabungkan file pdf menggunakan aplikasi pdf utils

Rekomendasi aplikasi penggabung file PDF selanjutnya adalah PDF Utils. Di aplikasi ini kamu bisa melakukan penggabungan file PDF ataupun gambar menjadi file PDF. Uniknya, PDF Utils memiliki kelebihan berupa bebas iklan dan yang terpenting adalah gratis untuk digunakan.

Caranya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah kedua aplikasi di atas.

Langkah 1:
• Pertama, donwload aplikasi PDF Utills.

Langkah 2:
• Pilih tools 'Merge' untuk memasukkan beberapa file PDF yang ingin kamu gabungkan.

Langkah 3:
• Setelah itu, tunggu proses penggabungan file PDF selesai.

Jika kamu ingin men-downloadnya, langsung saja kunjungi di sini

4. Adobe Acrobat

cara menggabungkan file pdf menggunakan adobe acrobat


Pasti sudah tidak asing lagi bukan saat mendengar nama Adobe Acrobat? Adobe Acrobat aplikasi software besutan Adobe Systems yang berguna sebagai tools untuk membuat dan mengedit file PDF. Nah, kamu pun bisa menggunakannya untuk menggabungkan beberapa file PDF sekaligus menjadi satu file.

Nah, demikianlah penjelasan dari beberapa cara menggabungkan PDF dengan mudah. Baik itu menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi atau secara online. Kamu bisa mencoba salah satunya yang menurutmu paling mudah untuk dijalankan. Selamat mencoba.