Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Pemeriksaan Keamanan Smartphone Agar Terhindar dari Pencurian Data

Pecurian data dari smartphone saat ini dirasa semakin berbahaya. Mengignat smartphone bukan lagi hanya untuk komunikasi namun juga sebagai media penyimpanan berbagai data dan file. Pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan celah sekecil apapun itu agar bisa mengakses dengan cara ilegal. Ada beberapa tips pemeriksaan keamanan smartphone yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berbagai file penting.

tips memeriksa keamanan hendphone

Perusahaan keamanan yakni Kapersky mengatakan ada 5 tips kpemeriksaan keamanan reguler yang bisa diterapkan pada smartphone secara rutin. Cara ini diharapkan mampu menghalau kemungkinan peretasan dari pihak lain. Pastikan Anda mengeceknya secara rutin agar terjamin berbagai data dan file pribadi Anda.

5 Tips Pemeriksaan Keamanan Smartphone

1. Memeriksa Izin Aplikasi

Tips pertama untuk keamanan data Anda dalam smartphone adalah jangan membagikan hak yang dirasa tidak perlu ketika Anda ingin memasang aplikasi baru. Sebab, jika semakin banyak aplikasi baru yang diinstall maka semakin banyak juga data pribadi yang bisa dikumpulkan. Akan lebih bijak jika Anda memberi izin setiap aplikasi seminim mungkin untuk pengoperasian dan juga keramahan para pengguna. Tidak perlu khawatir ketika Anda mencabut izin aplikasi karena nantinya sebagai pengguna kita bisa menerbitkannya lagi.

2. Lakukan Pemindaian dengan Antivirus

Tips pemeriksaan keamanan smartphone berikutnya adalah melakukan pemindaian dengan antivirus. Ketahui bahwa goolge play memiliki antivirusnya sendiri yang disebut dengan google play protect. Antivirus ini akan memeriksa aplikasi yang nantinya akan diunggah di toko resmi. Jika Anda mengunduh dari google playstore maka aplikasi tersebut kemungkinan besar sudah aman. Lakukan pemindaian sperangkat lunak daengan antivirus agar bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan di dalam smartphone Anda.

3. Lakukan Pemeriksaan Kebocoran Data

Perangkat smartpone mampu menyimpan banyak informasi pribadi. Mulai dari foto hingga aplikasi jejaring sosial yang ada. Sehingga akan sangat rawan apabila kita tidak memeriksa secara rutin terkait data-daata yang disiman. Kebocoran data mulai dari kata sandi hinga nomor kartu bank bisa dimanfaatkan oleh penjahat dalam melancarkan aksinya. Gunakan solusi keamanan tambahan di smartphone Anda. Jika sudah log in di salah satu aplikasi dalam smartphone, jangan lupa untuk melakukan sign out dengan benar.

4. Periksa Pembaruan

Pembaruan terbilang penting karena bisa memperbaiki kerentanan. Artinya bisa melindungi pengguna dari serangan. Aplikasi yang berasal dari google playstore memang bisa diperbarui secara otomatis. Tetapi untuk memastikan, Anda bisa langsung mengunduh bersi yang terbaru. Melakukan pemeriksaan pembaruan dengan cara manual bisa memberi perlindungan dini dari adanya bahaya potensial.

5. Periksa Aplikasi

Melakukan pengecekan aplikasi yang ada di smartphone Anda merupakan salah satu tips pemeriksaan keamanan smartphone. Anda bisa memulainya dari daftar apliaksi yang sudah diinstal. Telusuri dengan baik apa saja yang memang dibutuhkan dan segera lakukan uninstall untuk aplikasi yang tidak perlu. Selain demi keamanan, langkah ini juga bisa menghemat ruang penyimpanan Anda. Memeriksa aplikasi juga bisa meningkatkan masa pakai baterai jika ada aplikasi yang terhapus. Anda bisa terhindar dari target potensial para pencuri. Bahkan ketika Anda menggunakan program yang resmi atau sah sekalipun, disana ada celah pencurian jika dari pihak pengembangnya tidak sadar menggunakan komponen berbahaya.

Periksa setip detail langkah-langkah tersebut untuk terhindar dari tindak kejahatan yang saat ini memang mengkhawatirkan. Adanya 5 tips pemeriksaan keamanan smartphone ini diharapkan bisa menjaga privasi dan keamanan data yang tersimpan dalam setiap smartphone. Pastikan bahwa hanya Anda yang memiliki akses terhadap kata sandi baik untuk aplikasi ataupun untuk membuka akses smartphone agar makin terjamin keamanannya.