Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Photo Malam Hari Pakai Ponsel

Trik Photo Malam Hari Pakai Ponsel – Jarang sekali ada orang yang mau berfoto di malam hari. Hal itu juga bukan hal yang mudah karena malam sangat gelap dan intensitas cahayanya yang kurang sehingga sering kali hasil foto tidak sesuai dengan bayangan.

Tapi, teknologi baru sudah memudahkan Anda untuk mengambil foto di malam hari. Bahkan hanya dengan menggunakan kamera smartphone. Tentu saja hal tersebut memiliki trik dan tipsnya tersendiri.

Trik Photo di Malam Hari

trik photo malam hari


Ada beberapa trik yang bisa dilakukan ketika akan berfoto pada malam hari. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan jika ingin mengambil gambar atau foto dengan suasana malam hari.

Apa sajakah itu? Simak beberapa tipsnya di bawah ini:

1. Coba Menggunakan Night Mode

Kemajuan teknologi jelas berimbas kepada fitur yang ada di dalam sebuah smartphone. Salah satunya adalah fitur malam atau night mode. Memang tidak semua smartphone memiliki fitur night mode. Beberapa yang memiliki fitur ini adalah:

Google Pixel

Samsung Galaxy S10+

iPhone 11

Jika Anda  memiliki ponsel tersebut, Anda bisa menggunakan night mode ketika mengambil gambar di malam hari.

2. Gunakan Pencahayaan Tambahan

Jika Anda belum beralih ke beberapa perangkat tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan trik berikutnya, yakni dengan menggunakan pencahayaan tambahan.

Tetapi yang perlu diingat, pencahayaan tambahan yang dimaksud di sini bukanlah flash hanpdone. Kenapa?

Pada dasarnya, flash yang terdapat pada smartphone bersifat keras dan bisa merusak kedalaman sekaligus detal yang ada di dalam foto. Sehingga untuk mengambil suasana malam, pengambilan gambar dengan menggunakan flash sangat tidak dianjurkan.

Kecuali keadaannya benar-benar gelap gulita. Opsi pencahayaan tambahan adalah lampu LED portabel yang memiliki pencahayaan jauh lebih terang daripada cahaya HP.

3. Memakai Manual Mode

Manual mode juga sebagai salah satu cara untuk mengambil photo malam hari pakai ponsel. Hanya saja, kembali lagi, tidak semua smartphone yang memiliki manual mode di kameranya.

Biasanya, beberapa smartphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur ini, namun jika belum memiliki, Anda bisa mulai mengunduh beberapa aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkannya.

Manual mode memungkinkan Anda untuk mengatur ISO, Shutter Speed dan Aperture di kamera HP sesuai dengan yang Anda inginkan.

Beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai adalah:

Camera FV-5 Lite

Open Camera

Footej Camera

ProShot

Manual Camera

Camera Zoom FX

4. Memakai Tripod agar Hasil Foto Tidak Shaking/Blur

Cara ini tidak hanya dilakukan pada foto di malam hari. Bahkan, di pengambilan foto pada siang hari harusnya bisa memakai tripod.

Biasanya, jika tanpa tripod, hasil foto bisa goyang karena mengikuti gerakan tubuh dan tarikan nafas. Ada banyak tripod yang bisa Anda beli di pasaran. Bahkan, ada beberapa tripod yang bisa ditekuk, fleksibel, dan memiliki remote control bluetooth.

5. Memotret dengan opsi RAW, jika fitur ini tersedia

Dulu, opsi RAW hanya ada pada kamera DSLR. Sekarang sudah tidak lagi. Ada banyak smartphone yang juga menawarkan fitur RAW pada kameranya. Beberapa di antaranya adalah:

Google Pixel

HTC One A9

Nexus 6P

One Plus 3

LG V10

Samsung Galaxy S7 Edge dan lain sebagainya.

Jika ponsel Anda belum memilikinya, ada beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda unduh untuk mendapatkan fitur ini. aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh adalah:

Adobe Lightroom

ProShot

ProCam

MuseCam

RAW by 500px

Pro Camera

Keunggulan dengan mengedit atau memotrek menggunakan mode RAW adalah:

Mendapatkan foto kualitas terbaik

Mengedit lebih optimal

Memiliki warna, detail dan ketajaman yang lebih baik.

6. Gunakan shutter speed yang lambat

Trik photo malam hari pakai ponsel selanjutnya adalah dengan menggunakan shutter speed yang lambat. Hal ini karena pencahayaan di malam hari biasanya kurang oke sehingga dengan trik ini bisa mengatasi pencahayaan yang kurang di malam hari.

Caranya sangat mudah, yakni masuk ke pengaturan manual dan coba untuk menggunakan shutter speed yang lambat. Biasanya, semakin lambat rana maka semakin banyak cahaya yang masuk.

Tapi kembali lagi, jika ingin melakukan trik photo malam hari pakai ponsel yang satu ini, Anda harus menggunajan tripod agar hasil gambar tidak goyang dan blur.

8. Gunakan cahaya tambahan

Anda bisa mencoba untuk menggunakan cahaya tambahan jika melakukan photo shoot di malam hari. Cahaya memang merupakan salah satu faktor penting agar hasil foto terlihat lebih baik.

9. Hindari polusi cahaya

Meskipun cahaya merupakan salah satu trik photo malam hari pakai ponsel yang paling jitu, kita tidak bisa memungkiri bahwa polusi cahaya juga bukan sebuah hal yang baik. Apa yang dimaksud dengan polusi cahata adalah efek pijar pada lampu yang biasanya bisa merusak detail pada objek foto yang akan Anda ambil.

Oleh karena itu tidak heran jika pedesaan memiliki hasil foto di malam hari yang jauh lebih bagus daripada hasil foto di perkotaan.

10. Lindungi ponsel

Salah satu trik photo malam hari pakai ponsel selanjutnya adalah dengan melindungi ponsel yang Anda miliki.

Sebab, menjaga ponsel bisa membuat hasil foto lebih baik. Karena jika ponsel Anda tergores layar atau kameranya, kualitas foto yang dihasilkan pasti akan berkurang.

11. Edit foto

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan agar foto di malam hari Anda tampak bagus adalah dengan melakukan editing pada foto yang Anda hasilkan.

Cara Memotret Bintang dan Galaksi di Malam Hari dengan Handphone

Jika Anda ingin memotret bintang dan galaksi di malam hari dengan menggunakan handphone, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Cara Memfoto Galaksi dengan Handphone!

Jika Anda ingin melakukan pemotretan galaksi dengan menggunakan ponsel, apakah bisa?

Tentu saja bisa. Syaratya adalah, ponsel yang Anda miliki memiliki fitur kamera manual. Lebih baik lagi jika sensor kamera yang Anda miliki memiliki jenis Sony IMX dengan bukaan kamera F/2.0 atau F/1.8

Jika sudah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Buka aplikasi Star Chart

Posisikan kamera handphone-mu ke arah galaksi,

Kemudian pasang handphone-mu pada Tripod

Arahkan handphone-mu ke langit di mana Galaksi berada,

Setelah itu buka aplikasi kamera handphone-mu pilih mode manual

Pengaturan kamera manual yang harus Anda lakukan adalah:

ISO sesuai keadaan cahaya di tempatmu biasanya 800 sampai 1600

Atur Shutter speed (rana), normalnya 16 detik

Ubah fokus menjadi manual

Hidupkan timer

Lakukan editing agar hasil foto Anda menjadi semakin jelas.

Kesimpulan

Kita memiliki banyak sekali trik photo malam hari memakai ponsel yang bisa Anda lakukan. Bahkan Anda juga bisa melakukan cara memotret bintang di malam hari dengan menggunakan ponsel. Nah, bagaimana?

Sangat mudah, bukan, dalam mempraktikan trik photo mmalam hari pakai ponsel? Selamat mencoba.