Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP, Akurat dan Terupdate!

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp

Banyaknya pengguna WhatsApp di berbagai penjuru dunia merupakan salah satu alasan mengapa hingga saat ini WhatsApp seringkali mengalami pembaharuan dari segala sisi. Mulai dari setelan status, emoji, user video call, dan fitur yang nggak kalah menarik yakni share live location.

Pada fitur share live location ini merupakan salah satu ciri khas aplikasi WhatsApp yang kini menjadi salah satu daya tarik bagi orang awam yang belum mengenal aplikasi media komunikasi terbesar di dunia untuk saling berkirim pesan. Tidak hanya itu, bagi mereka yang sudah menggunakan WhatsApp sejak lama pun sangat merasakan keunggulan dari setiap fitur yang diperbaharui oleh WhatsApp ini.

Dari fitur tersebut tentu bukan sebuah rahasia lagi bahwa kamu bisa mengetahui di mana keberadaan seseorang tanpa bertanya langsung kepadanya. Dan cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP bukanlah sebuah hal yang sulit jika kamu menyimak artikel ini sampai habis.

Sebab, di artikel kali ini Sabineblog.com akan mengupas tuntas seperti apa saja cara mudah mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP tanpa ribet dan anti gagal. Daripada penasaran, yuk, cek saja langsung penjelasannya!

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP Tanpa Aplikasi

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa WhatsApp memiliki fitur share live location, jadi kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk bisa melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp di ponselmu.

Selain menghemat penyimpanan internal ponselmu, cara yang pertama ini terbilang sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Tunggu apa lagi? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1:

• Pertama, Buka aplikasi WhatsApp.

• Pilih kontak seseorang yang ingin kamu bagikan live location.

Langkah 2:

• Ketuk ikon 'Paperclip' yang ada di bagian bawah.

• Lalu, pilihlah opsi 'Lokasi'.

Langkah 3:

• Pilih opsi 'Berbagi lokasi terkini' untuk membagikan live location-mu.

• Kemudian, pilih durasi berbagi live location dan jangan lupa untuk mengisi pesan pada kolom isian yang telah tersedia.

Langkah 4:

• Ketuk 'Send'.

• Di tahap ini, kontak yang kamu kirim tempat keberadaanmu akan langsung mengetahuinya dan memantau setiap pergerakanmu. (Maksimal hingga 8 jam)

Untuk bisa mengetahui lokasi kekasih, teman, atau anggota keluargamu, pintalah mereka untuk melakukan langkah-langkah di atas atau cara mudahnya pinta mereka untuk share lokasi agar kamu bisa mengetahui setiap pergerakannya. 

Fitur Live Location ini akan secara otomatis berhenti setelah melampaui durasi yang sudah ditentukan. Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa menghentikan sendiri tanpa harus menunggu waktu durasi share lokasi habis.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp dengan Menggunakan Aplikasi

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp dengan menggunakan aplikasi

Untuk cara yang kedua yaitu menggunakan aplikasi tambahan sebagai media untuk bisa mengetahui di mana keberadaan seseorang yang kamu ingin ketahui tempatnya. Dan aplikasi tersebut bernama HLR Lookup (Home Location Register).

Di aplikasi ini kamu bisa melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp tanpa khawatir ketahuan oleh orang tersebut. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1:

• Pertama, download dan install HLR .Lookup

• Buka aplikasi tersebut dan masukkan nomor WhatsApp yang ingin kamu ketahui lokasinya.

Langkah 2:

• Klik tombol 'Send'.

• Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan jawaban detail kode area, negara, layanan provider, wilayah, dan kota dari nomor WhatsApp tersebut.

Dari survei yang telah dilakukan, aplikasi tambahan ini memang kurang akurat dan terkadang tidak pasti memberi tahumu lokasi pasti dari seseorang yang ingin kamu ketahui tempatnya. 

Namun, meskipun begitu, kamu masih tetap bisa mencobanya untuk membuktikannya secara langsung dan memperkirakan di mana keberadaan seseorang tersebut, terutama informasi di mana keberadaan nomor tersebut didaftarkan.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP Menggunakan Google Maps

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp menggunakan google maps

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Maps merupakan aplikasi bawaan pada smartphone berbasis Android untuk bisa melacak lokasi lewat WhatsApp ataupun mengantarmu pada tempat yang kamu inginkan.

Tidak hanya untuk navigasi, aplikasi resmi besutan Google ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat, salah satunya termasuk berbagi lokasi secara langsung dengan keakuratan yang cukup tinggi. Dan di sini kamu bisa membagikan lokasi Google Maps melalui WhatsApp dengan mudah.

Untuk bisa mencobanya, berikut di bawah ini langkah-langkah mudahnya:

Langkah 1:

• Pertama, buka Google Maps yang ada di ponselmu.

• Di halaman utama, tekan ikon yang menyerupai hamburger. Lalu, pilih opsi 'Berbagi lokasi sebagai berikut'.

Langkah 2:

• Ketuk 'Mulai' untuk membagikan lokasi agar orang lain bisa melacak keberadaanmu.

• Setelah muncul beberapa opsi share, pilih WhatsApp untuk membagikannya.

Langkah 3:

• Jangan lupa, pilih kontak yang ingin kamu kirimi lokasi. Maka link tersebut akan mengarahkanmu pada Google Mpas untuk dapat melacak lokasi.

Cara melacak nomor WhatsApp via Google Maps ini bisa kamu ajarkan kepada orang-orang terdekatmu agar kamu bisa mengetahui kapan pun dan di manapun mereka berada.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP Menggunakan Google Find My Device

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp

Untuk aplikasi yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan Google Find My Device yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Pada dasarnya, aplikasi ini memang berfungsi untuk menemukan atau melacak lokasi ponsel yang hilang. Akan tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui di mana keberadaan seseorang yang ingin kamu ketahui.

Sebagai produk resmi dari Google, aplikasi ini sangat direkomendasikan dan aman untuk melacak lokasi seseorang. Terbukti dari banyaknya angka download di Play Store yang mencapai 100 jt+ download dan rating 4,4. 

Untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu hanya cukup melakukan login memakai gmail yang sudah ada, disarankan telah mengetahui email dan password seseorang yang ingin kamu lacak keberadaannya. Setelah itu, lokasi target pun akan muncul dengan tepat dan akurat.

Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1:

• Pertama, download dan instal aplikasi Fin My Device.

• Buka aplikasi tersebut dan jalankan.

Langkah 2:

• Masukkan akun Google yang sudah digunakan di perangkat Android target.

• Jika berhasil, maps akan menampilkan lokasi target yang kamu inginkan.

Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa membagikan lokasi tersebut via WhatsApp ataupun sosial media berbagi lainnya yang disediakan Find My Device.

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Pelacak Nomor HP Paling Real Time di 2021

cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp

Selain cara di atas, sebenarnya masih ada beberapa alternatif aplikasi pelacak nomor WhatsApp lainnya yang cukup akurat dan tentunya bisa juga untuk dicoba. Selain itu, aplikasi di bawah ini pun bisa digunakan untuk melacak lokasi ponsel yang hilang. Berikut daftar beberapa aplikasi terbaik pelacak nomor HP di 2021:

1. Prey Anti Theft

2. Life360

3. Glympse

Demikianlah penjelasan dari beberapa cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat. Cara-cara di atas bisa kamu coba dan ajarkan pada orang-orang terdekatmu agar kamu ataupun mereka bisa dengan mudah untuk saling memberi tahu di mana lokasi keberadaannya.

Cari Artikel