Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan iPhone

tips memaksimalkan ruang penyimpanan pada iPhone


iPhone merupakan peralatan komunikasi yang cukup digemari banyak orang karena kualitasnya yang menawan. Terlebih dengan berbagai fitur yang dimilikinya, iPhone memang mampu memikat para pecinta handphone. Jika dilihat dari segi penyimpanan, iPhone memang memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda dan kapasitas yang paling kecil adalah 16GB. Tentu dengan jumlah ini akan terasa kecil karena banyaknya file yang harus disimpan di dalamnya. Cari tahu bagaimana
tips memaksimalkan ruang penyimpanan iPhone agar penggunaan tetap ringan seperti biasa.

Hal ini dibutuhkan karena handphone bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai media penyimpanan. Tak jarang mereka menyimpan berbagai file mulai dari dokumen, foto hingga video di dalam iPhone. Secara tak sadar, inilah yang menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh. Berikut beberapa tips yang bisa memaksimalkan ruang penyimpanan dari iPhone yang Anda miliki.

4 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan iPhone

1. Menggunakan Layanan Streaming Lagu

Saat ini kegemaran seseorang dalam mendengarkan lagu kembali ramai. Dari sinilah muncul banyak aplikasi streaming lagu yang bisa Anda gunakan. Memanfaatkan layanan streaming lagu ini yang akan membantu kita dalam mengurangi penyimpanan lagu-lagu di dalam memori. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini tentunya membutuhkan kuota untuk bisa mengaksesnya. Sehingga jika Anda ingin mendengarkan lagu secara offline maka Anda bisa mendownload terlebih dahulu.

2. Bersihkan Cache

Tips memaksimalkan ruang penyimpanan iPhone berikutnya adalah dengan membersihkan cache. Cara ini sebenarnya juga digunakan untuk berbagai tipe smartphone. Jenis cache yang paling mudah untuk Anda bersihkan dari iPhone adalah history browser di Safari. Bersihkan cache dengan menghapus SMS dan data log telepon masuk atau keluar. Jika masih belum maksimal, Anda bisa menggunakan PhoneClean atau merestart iPhone untuk membersihkan cache. Pilihan lainnya dalam membersihkan cache ini juga bisa dengan cara flash drive. Namun cara ini khusus dilakukan untuk memindahkan file ke dalam penyimpanan eksternal.

3. Pindahkan Foto dan Video

Salah satu keunggulan dari iPhone adalah dari segi kamera. Sehingga tak heran banyak pengguna yang menyukai pengambilan gambar dari perangkat ini. Penyimpanan pada iPhone memang seringkali didominasi dengan foto atau video yang banyak. Tips memaksimalkan ruang penyimpanan iPhone dengan cara ini terbilang mudah karena Anda tinggal memindahkan berbagai foto atau video ke iCloud atau Google Photo. Sebaiknya Anda juga secara rutin menghapus foto atau video yang tidak penting termasuk membersihkannya di recently delete.

4. Install Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

Untuk para pecinta game, tips berikut ini memang dirasa cukup sulit karena merupakan hobbynya. Namun jika Anda ingin memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada pada iPhone maka install aplikasinya yang dibutuhkan saja. Gunakan aplikasi secara efisien serta hapus yang tidak dibutuhkan. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang memiliki fungsi sama. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan klik setting, general, storage delete document dan data. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan juga dengan menghapusnya dari local media content.

iPhone dikenal sebagai perangkat telepon yang handal dan kecanggihannya yang menawan. Banyak yang memilih iPhone karena ketahanannya terhadap segala kerusakan. Dengan catatan, digunakan dengan baik. Termasuk dari segi penyimpanan, ketika iPhone dirasa lemot maka bisa jadi ini adalah indikator banyaknya file yang disimpan. Bukan hanya iPhone namun smartphone juga akan mengalami hal yang sama ketika tak rajin dibersihkan.

Dari beberapa tips memaksimalkan ruang penyimpanan iPhone ini, Anda bisa membuang apa yang tidak diperlukan. Selain itu, iPhone bisa bekerja lebih optimal. Karena ketika ruang penyimpanan tetap dibiarkan penuh bukan tidak mungkin terjadi kerusakan atau kendala dari iPhone Anda.

Cari Artikel