Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup Iphone ke Icloud dan Memulihkan Dengan Mudah

Cara backup iphone ke icloud sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika mengetahui langkah demi langkahnya. Namun sayangnya tak semua orang bisa melakukannya. 


Sebelum membahas bagaimana caranya, apakah kamu tahu apa tujuan dari backup ini?

Tujuan Backup ke Icloud

Semua data yang ada di dalam perangkat seluler tentunya sangat berharga, baik itu file foto, video maupun dokumen-dokumen lainnya. 

Untuk itu maka sudah barang tentu kamu tak mau kan data-data penting tersebut hilang begitu saja? Misalnya saja ketika ponsel pintarmu tiba-tiba hilang.

Ketika kamu mengalami kehilangan ponsel mungkin untuk menggantikan perangkat seluler yang hilang tersebut sangatlah mudah. 

Tetapi semua data yang ada di dalamnya tak mungkin bisa tergantikan. Nah, buat kamu pengguna iphone disinilah tujuan backup iphone ke icloud ini.

Buat kamu pengguna iphone sangat dianjurkan untuk membackup data ponsel ke icloud. Apa tujuannya? 

Agar semua data yang ada dalam iphone bisa diamankan dan dipulihkan kembali saat dibutuhkan. Jadi saat iphone anda hilang data pada perangkat lama bisa dipulihkan ke perangkat yang baru.

Cara Backup Iphone ke Icloud yang Mudah

Untuk mencadangkan atau backup iphone sangat mudah, caranya adalah:

  • Buka menu utama pada iphone kemudian klik pada menu pengaturan lalu Nama Anda selanjutnya klik icloud
  • Scroll ke bawah sampai kamu melihat menu cadangan iCloud kemudian ketuk pada bagian atasnya.
  • Pastikan bahwa Cadangan iCloud tersebut dalam keadaan Aktif. Kamu juga harus memperhatikan setiap peringatan yang berkaitan dengan ruang penyimpanan iCloud. Kapan cadangan terakhir selesai juga perlu diperhatikan.
  • Untuk memulai proses pencadangan maka klik opsi Cadangkan Sekarang

Apple menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB, jadi kamu harus meningkatkan versi paket icloud yang tersedia jika ada pesan yang menyatakan bahwa iphone kamu tak dapat dicadangkan disebabkan karena tak tersedia ruang penyimpanan yang cukup.

Untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan tersebut kamu cukup buka menu pengaturan, kemudian klik nama kamu dan pilih icloud. Selanjutnya klik pada menu penyimpanan, selanjutnya pilih opsi Ubah Paket Penyimpanan.

Jika kamu tak menyimpan banyak data seperti foto, video, maupun game pada iphone mu, maka paket penyimpanan sebesar 50 GB mungkin lebih dari cukup. Namun jika kamu akan mencadangkan data yang sangat banyak maka  opsi ruang 200 GB sangat disarankan.

Cara Memulihkan Backup iCloud Online

Tentu tak lengkap jika membahas cara mencadangkan iphone ke icloud tanpa disertai dengan cara memulihkannya. 

Untuk memulihkan data yang dicadangkan di icloud klik menu Pengaturan, pilih opsi Umum dan pilih menu Atur Ulang selanjutnya pilih Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Selanjutnya reset dan masukkan kata sandi ID Apple ketika diminta. Pada saat perangkat melakukan restart, itu artinya akan kembali pada kondisi selayaknya masih baru, maka aktifkan perangkat seperti yang kamu lakukan pada perangkat baru lalu lanjutkan pengaturan.

Kemudian kamu akan diminta untuk memilih cara mengatur perangkat, maka pilih menu Pulihkan dari iCloud Backup. Selanjutnya proses restorasi akan dimulai dan tunggulah beberapa saat, karena biasanya proses ini membutuhkan waktu.

Cara backup iphone dengan icloud bisa dilakukan dengan mudah jika telah mengetahui langkah demi langkahnya. Demikian sedikit ulasan mengenai cara backup iphone ke icloud dan cara memulihkan dengan mudah. semoga bermanfaat.

Cari Artikel