Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air dengan Benar

Masalah pada handphone tak mesti harus dibawa ke tukang service, bisa juga diatasi sendiri. Seperti misalnya handphone kamu tanpa sengaja tercebur dalam  air  atau terkena tumpahan air. Kamu bisa lakukan cara mengatasi handphone yang terkena air berikut ini:

1. Secepatnya Ambil Handphone dari Dalam Air

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan cepat untuk mengatasi HP yang terkena air adalah mengangkat atau mengambil handphone dalam air sebelum air lebih banyak masuk ke dalam handphone dan meresap hingga ke semua komponennya.

Bila handphone yang terkena air sedang di charge, maka cabut dulu colokan yang terhubung ke aliran listrik, setelah itu baru kamu ambil handphonenya. Hal ini untuk menghindari terkena setrum.

2. Matikan Handphone

Walaupun handphone yang tercebur ke air  dalam keadaan nyala, segera kamu matikan handphone. Hal ini agar tidak terjadi kerusakan pada sistem hardware, yang bisa mengakibatkan kerusakan  makin parah pada handphone kamu.

3. Lepaskan Baterai, Memory Card, Sim Card dan Flip Cover

Cara memperbaiki handphone yang terkena air selanjutnya adalah dengan melepaskan semua yang terpasang pada bagian dalam dan luar handphone seperti kartu memory, kartu SiM, dan baterai.

Jangan lupa juga lepaskan cover atau casing handphone yang terpasang untuk mempercepat proses pengeringan.

4. Keringkan Handphone

Bila baterai, SIM card, memory card dan cover sudah dilepas semua, kemudian  kamu keringkan bagian luar dan bagian  dalam handphone, terutama pada bagian LCD.

Kamu dapat mengeringkannya dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari atau bisa juga gunakan vacum cleaner untuk menyedot air yang masuk pada handphone.

Untuk mengeringkan dengan sinar matahari, kamu harus perhatikan untuk membelakangi sinar matahari pada bagian layarnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan layar karena terkena sinar matahari langsung.

Jangan pernah gunakan pengering rambut (hair dryer) atau oven untuk mengeringkan handphone yang basah karena hal itu justru akan menyebabkan kerusakan secara permanen pada komponen internal handphone.

5. Rendam di Beras

Cara mengatasi Hp android yang terkena air selanjutnya yaitu dengan merendam atau menanamnya  dalam beras.

Beras adalah bahan pokok yang mampu menyerap air dengan cepat. Adapun caranya adalah dengan menempatkan beras dalam satu wadah baskom atau kantong plastik, lalu masukan handphone beserta  semua komponen yang telah dilepas tadi seperti baterai, SIM card, Memory card, dan cover.

Pastikan semua masuk dan terendam dalam beras, untuk  menghilangkan dan benar-benar mengeringkan sisa-sisa air yang masuk pada handphone. Diamkan selama 2 hari 2 malam.

6. Rendam Dalam Silica Gel

Selain direndam di beras ada cara lainnya juga untuk memastikan ponsel kamu yang habis tersiram air tersebut telah benar-benar kering, yaitu dengan merendamnya pada  silica gel.

7. Pasang Kembali Komponen Yang Dilepas dan Nyalakan Handphone

Setelah 2 atau 3 hari handphone dan komponen lain yang dilepas benar-benar telah kering, lalu kamu pasang kembali baterai, SIM card, Memory card selanjutnya kamu nyalakan  handphonenya.

Bila ternyata masih ada saja kekurangannya yang menyebabkan handphone kamu  tidak dapat nyala kembali, sebaiknya bawa ke tukang service atau konter. Tapi bila handphone kamu bisa nyala kembali dan semua fungsi dapat digunakan dengan normal, itu artinya cara di atas cukup efektif.

Nah, itulah cara mengatasi handphone yang terkena air dengan mudah yang bisa kamu coba sendiri. Berhasil atau tidaknya tergantung dari kondisi berapa lama handphone tersebut sudah terkena air.