Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Banyak pengguna android mencari informasi tentang cara menghapus aplikasi bawaan tanpa Root di internet. Informasi ini sangat dibutuhkan karena banyak yang tidak nyaman dengan aplikasi bawaan di android.

Aplikasi bawaan memang memakan penggunaan memori internal, membuat android menjadi lemot namun tidak bisa di uninstall. Hal ini sangat mengganggu namun rata-rata pengguna android masih ragu untuk menghapus aplikasi tersebut.

cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root

Namun jika Anda benar-benar ingin menghapusnya karena berbagai alasan maka temukan jawabannya di bawah ini.

Apakah boleh menghapus aplikasi bawaan?

Banyak yang menanyakan apakah boleh menghapus aplikasi bawaan dan apakah benar-benar aman? Pertanyaan ini sering muncul karena memang banyak pengguna android tidak nyaman dan tidak membutuhkan aplikasinya.

Jawabannya adalah bisa dan sangat bisa namun harus menggunakan cara khusus karena aplikasi tersebut di tanam otomatis. Selalu ada peringatan jika Anda ingin menghapusnya dan hal inilah yang membuat ragu para pengguna.

Anda harus berhati-hati jika ingin menghapus aplikasi bawaan karena terkadang bisa mempengaruhi semua sistem. Jadi pastikan dulu mana aplikasi yang memang tidak dibutuhkan namun tetap aman jika ingin dihapus.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan Root pada device namun resikonya dapat menghanguskan garansi. Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root? Temukan jawaban lengkapnya dengan mengikuti panduan hapus aplikasi tanpa root di bawah ini.

Menghapus aplikasi bawaan dengan CCleaner

Salah satu cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dengan aplikasi lain seperti aplikasi CCleaner. Aplikasi ini sering digunakan untuk membersihkan ponsel terutama memori dan cache agar lebih ringan.

Memakai aplikasi CCleaner untuk menghapus aplikasi bawaan ikuti langkah-langkah singkat berikut ini.

  • Langkah pertama harus download dulu aplikasi CCleaner kemudian install terlebih dahulu.

  • Buka saja aplikasi CCleaner yang sudah terinstall kemudian tekan tanda garis di pojok kiri app manager.

  • Kemudian buka pengaturan sistem => pilih tab system => tekan icon tong sampah.

  • Mulai hapus saja aplikasi bawaan yang tidak diinginkan satu per satu, nanti akan muncul peringatan abaikan saja.

  • Terakhir tekan saja uninstall lalu muncul pertanyaan yakin atau tidak untuk menghapusnya. Jika yakin lanjutkan saja sampai aplikasi benar-benar terhapus 100% dan tidak tersedia lagi di android Anda.

Nonaktifkan aplikasi memakai setting

Cara menghapus apk bawaan tanpa root lainnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi dengan memakai setting. Anda dapat menggunakannya apabila menghapus aplikasi bawaan dengan CCleaner tidak dapat dilakukan atau terkendala.

Cara ini cukup baik karena meminimalkan terjadinya kesalahan atau kendala yang membuat android error. Kekurangannya tetap saja memakan memori namun tidak adanya akses untuk aplikasinya jadi tidak lagi membuat lemot.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Bukalah menu settings yang terdapat di halaman utama android Anda biasanya terdapat di menu atas.

  • Setelah terbuka menu setting coba scroll perlahan ke bawah sampai menemukan menu Apps.

  • Klik menu Apps lalu masuk lagi ke beberapa pilihan, temukan Manage Apps.

  • Pada halaman Manage Apps coba temukan aplikasi bawaan yang memang ingin dihapus.

  • Perhatikan beberapa aplikasi bawaan menyediakan pilihan uninstall update bukan uninstall permanen di android Anda. Jadi kemungkinan hanya tidak bisa update namun tidak terhapus semuanya dari android.

  • Terdapat pilihan Force Stop untuk memaksa aplikasi berhenti sehingga RAM lebih lega.

  • Bisa juga memilih Clear Data yang tujuannya untuk menghapus semua data dan cache dari aplikasi.

Apakah penjelasan tentang cara menghapus aplikasi bawaan tanpa Root diatas sudah sangat jelas? Ikuti panduannya sambil praktek langsung di android Anda karena dengan begitu lebih mudah dipahami langkah-langkahnya.