Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Token Listrik Dengan Mudah Anti Gagal

Mungkin kamu adalah salah satu dari orang yang sampai saat ini belum bisa mengisi token listrik sendiri. Padahal cara mengisi token listrik itu mudah.

Banyak alasan ketidakbisaan pengguna listrik tidak bisa isi sendiri mulai takut gagal, takut mencoba atau tidak ada yang mengajari.

Buat yang baru pertama kali mencoba mengisi memang merasa kesulitan. Jangan mengisi, cara membeli token listrik saja terkadang tidak tahu.

Hal ini sering dialami khususnya pengguna baru dan bingung ketika pulsa sudah mau habis. Suara penanda pulsa sudah waktunya diisi memang cukup mengganggu. Untuk itu segera lakukan pengisian ya. Jika tidak tahu caranya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Meteran Listrik untuk Pengisian Token Listrik

Istilah lain dari meteran listrik adalah bargainser listrik. Sebelum kamu mempelajari cara mengisi token listrik yang sudah habis atau tersisa sedikit alangkah baiknya tahu bagian-bagian dari meteran listrik terlebih dulu. Berikut informasinya:

  • Nomor Token. Untuk nomor seri yang ada pada bargainser ini berjumlah 11 digit. Posisi dari nomor seri ini ada di atas sendiri.
  • Layar LCD. Untuk bagian ini memiliki fungsi menunjukkan sisa kWh token listrik punya kamu.
  • Keypad token. Pada bargainser ini terdapat keypad token yang berisi tombol angka. Pada tombol backspace difungsikan untuk menghapus. Sedangkan tombol enter berfungsi memasukkan token listrik kamu.
  • Lampu indikator LED. Memiliki 3 warna untuk indikasi sisa token listrik. Warna Hijau artinya sisanya masih banyak, Kuning tandanya masih lumayan dan merah artinya sudah kritis atau sedikit lagi habis sehingga meteran timbul bunyi dan berkedip-kedip.

Cara Mengisi Token Listrik Anti Gagal

Jika kamu sudah tahu bagian dari meteran listrik, kini tinggal langsung praktek saja cara mengisi token listrik berikut ini:

1. Membeli Voucher Listrik

Langkah pertama kamu bisa beli voucher di agen pulsa terdekat. Cara membeli token listrik ini bisa dilakukan dengan nomor seri atau nomor token listrik. Jika kamu tidak hafal bisa fotokan di kamera hp atau ditulis di selembar kertas.

Nomor tersebut ada pada meteran listrik milik kamu. Untuk nominalnya terserah kamu. Sesuaikan saja dengan kebutuhan misalnya saja Rp20.000. Nah, nantinya kamu akan mendapatkan voucher untuk dimasukkan ke bargainser listrik kamu.

2. Masukkan 20 Digit Angka Token

Cara memasukkan token listrik cukup mudah. Kamu coba lihat meteran listrik yang ada di rumah dan perhatikan tombol berupa angka-angka.

Ketikkan 20 digit angka token yang tadi sudah kamu beli. Cek kembali angka token yang kamu masukkan. Jika dirasa sudah benar bisa langsung klik enter saja.

3. Tunggu Kode Konfirmasi

Kode konfirmasi ini kan muncul ketika kamu sudah klik enter. Kode tersebut akan muncul pada layar LCD meteran listrik.

Ketikkan kode, Jika sudah benar akan ada pemberitahuan “Benar” atau dalam bahasa lain “Accept”. Lalu, jika salah gimana? Akan ada pemberitahuan “Salah” atau “Reject”.

Kemudian kamu bisa ketikkan ulang kode konfirmasi sesuai dengan kode yang benar. Hati-hati untuk pengisiannya jangan sampai salah lagi ya.

4. Input Kode Selesai

Akhirnya proses pengisian selesai dan token kamu sudah terisi kembali. Untuk memastikannya kamu bisa coba lihat warna LED sebagai indikatornya.

Mudah sekali kan cara mengisi token listrik ini. Kamu bisa coba sendiri di rumah dan jangan takut gagal. Jika kamu takut tidak akan pernah bisa sampai kapanpun. Ingat untuk kenali semua bagian-bagian dari token listrik agar mengisi token pulsa ini lebih mudah.