Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Siaran Langsung di FB Melalui PC dan Smartphone

Fitur live streaming facebook sudah ada sejak tahun 2015 dan sangat populer digunakan terutama oleh para pemilik bisnis. Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui cara siaran langsung di FB. Padahal dengan melakukan live streaming bisa meningkatkan engagement.

cara siaran langsung di fb

Pasalnya, live streaming ini bersifat real time dan Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan penonton. Penonton dapat memberikan reaksi atau komentar selama live berlangsung. Berikut ini cara untuk melakukan siaran langsung di facebook. 

Cara Siaran Langsung di FB Melalui PC

Anda bisa melakukan siaran langsung melalui PC dengan sangat mudah. Cara live streaming di facebook PC adalah sebagai berikut. 

  1. Buka facebook pada browser Anda bisa menggunakan opera mini, mozilla, chrome, maupun lainnya. 
  2. Anda dapat memulai live streaming dengan cara masuk pada bagian kolom “apa yang kamu pikirkan…” Setelah itu pilih opsi siaran langsung atau icon kamera. 
  3. Anda dapat menambahkan beberapa detail seperti bingkai atau lokasi siaran berlangsung dan berbagai efek lainnya. 
  4. Pilih mulai siaran untuk memulai dan berinteraksi dengan teman Anda melalui live streaming. 
  5. Ketuk opsi selesai untuk mengakhiri siaran langsung. 

Selain menggunakan PC, Anda juga bisa melakukan siaran langsung melalui smartphone. Simak penjelasannya berikut ini. 

Cara Siaran Langsung di FB Melalui Smartphone

Cara live Facebook melalui smartphone juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Caranya adalah sebagai berikut. 

  1. Buka aplikasi facebook atau melalui browser yang ada pada smartphone Anda. 
  2. Masuk ke dalam feeds kemudian pilih opsi siaran langsung. 
  3. Atur terlebih dahulu kamera yang akan digunakan untuk live streaming, kamera depan atau belakang. 
  4. Undang teman Anda untuk menyaksikan siaran langsung dengan menekan menu “bring a friend”. Teman yang dipilih akan mendapatkan notifikasi mengenai live streaming Anda. 
  5. Anda pun bisa menambahkan beragam efek yang akan digunakan selama siaran berlangsung agar tidak terlihat monoton. 
  6. Ketuk mulai untuk memulai live streaming.
  7. Jika sudah selesai maka Anda bisa langsung menekan tombol finish.

Live Streaming Page atau Grup

Tidak hanya melakukan siaran langsung sendiri, Anda juga bisa memulai live streaming melalui halaman atau grup. 

Ketika Anda melakukan siaran langsung melalui page, maka akan ada lebih banyak fitur yang bisa diakses selama live streaming. Selain itu, Anda juga bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat siaran tersebut berdasarkan usia atau lokasi.

Cara siaran langsung di FB versi baru ini bisa dilakukan apabila Anda mengelola sebuah halaman. Namun, untuk meningkatkan engagement pastikan Anda sudah memiliki lebih dari seribu likes pada halaman Anda. 

Agar lebih banyak orang yang menonton siaran langsung Anda, maka bisa melakukan promosi. Beberapa cara diantaranya adalah dengan mempromosikan melalui akun facebook pribadi Anda. Pastikan Anda memiliki jumlah pertemanan yang banyak dan aktif agar engagement lebih tinggi. 

Selain itu, bisa juga dengan membagikannya di grup atau menautkan akun FB Anda dengan blog maupun website yang dikelola. Sehingga jangkauan live streaming Anda pun menjadi lebih luas. 

Anda bisa langsung mencoba cara siaran langsung di FB tersebut baik menggunakan PC maupun smartphone. Jika ingin lebih banyak orang menontonnya, maka Anda bisa membuat jadwal live streaming. Jadi pengikut Anda dapat mengetahui kapan live streaming akan dilakukan.