Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Format Kartu SD yang Tidak Bisa Diformat Melalui HP & PC

Dalam sebuah ponsel, keberadaan kartu SD merupakan salah satu hal yang paling krusial. Untuk memperluas ruang penyimpanan, kamu membutuhkan penggunaan kartu SD agar seluruh data di ponsel tidak hanya ditampung melalui memori internal saja.

cara format kartu sd

Tak terlepas dari itu, berkenaan dengan kartu SD, pernahkah kamu menemukan permasalahan kartu SD yang tidak bisa diformat saat kamu hendak ingin memformatnya? Entah itu karena adanya virus yang mulai merambat pada beberapa file di ponselmu atau justru adanya kerusakan dari komponen kartu SD itu sendiri.

Jangan khawatir, karena hal tersebut bisa dibilang cukup lumrah terjadi. Tidak sedikit orang-orang yang pernah mengalaminya. Dan hal tersebut tentu membutuhkan penyelesaian atau solusi agar kartu SD bisa diformat. 

Nah, untuk mengatasinya, di artikel kali ini Sabineblog akan memberikanmu beberapa cara format kartu SD yang tidak bisa diformat melalui HP& PC. Untuk lebih jelasnya, berikut di bahwa ini bwberapa penjelasannya.

Cara Format Kartu SD yang Tidak Bisa Diformat Melalui PC

Untuk kamu pengguna Windows 10, cara yang pertama ini sangat kami rekomendasikan agar kamu bisa memformat kartu SD dengan mudah. Lebih tepatnya, melalui Windows Explorer lah proses format SD card dilakukan. Dan berikut di bawah ini panduannya:

Langkah 1:

• Pertama, hubungkan kartu SD di PC menggunakan kabel USB dengan HP.

Langkah 2:

• Jika sudah tersambung, buka Windows Explorer.

Langkah 3:

• Pada opsi kartu memori, klik kanan dan pilih opsi "Format".

Langkah 4:

• Selanjutnya, gulir ke arah bawah. Lalu, pilih opsi "Start".

Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil melakukan format kartu SD. Tunggu saja beberapa menit hingga proses format selesai.

Cara Format Kartu SD yang Tidak Bisa Diformat Melalui Aplikasi

Sementara itu, cara format kartu SD yang tidak bisa diformat melalui HP bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi tambahan di Play Store secara gratis dan mudah. Untuk penjelasannya, silakan ikuti langsung-langkah di bawah ini:

Langkah 1:

• Pertama, download aplikasi Sd Card Formatter Free di Play Store.

Langkah 2:

• Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan klik opsi "Format SD card".

Langkah 3:

• Klik opsi "Start" untuk memulai memecahkan dan menyelesaikan masalah kartu SD yang tidak bisa diformat.

Langkah 4:

• Jika muncul notifikasi pop up konfirmasi, pilih saja "Yes" untuk melanjutkan.

Sampai di sini kamu sudah berhasil melakukannya dan tinggal menunggu hingga proses format kartu SD selesai dilakukan.

Cara Format Kartu SD yang Tidak Bisa Diformat Melalui CMD

Cara lainnya juga bisa menggunakan command prompt atau CMD yang ada di laptopmu. Jangan khawatir, cara yang ketiga ini nggak kalah mudah dari kedua cara di atas kok. Agar semakin jelas, berikut di bawah ini terdapat panduannya:

Langkah 1:

• Pertama, buka CMD yang ada di laptopmu dengan menekan Windows + R secara bersamaan.

Langkah 2:

• Input memori dengan menggunakan adapter.

Langkah 3:

• Pada line atau baris di CMD, coba ketikkan FORMAT H:/ FS:FAT. (Di mana keterangannya adalah huruf H sebagai drive dari micro SD yang sudah error).

Langkah 4:

• Tunggu beberapa detik hingga proses selesai dan kartu SD yang kamu miliki akan kembali bersih dari segala virus yang ada.

Demikianlah penjelasan dari beberapa cara format kartu SD yang tidak bisa diformat bisa kamu coba untuk membersihkan segala virus yang ada di dalamnya dan memformat data-data tidak penting yang nggak lagi kamu butuhkan.