Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Web Hosting yang Benar Untuk Website-mu

Website pun perlu rumah yang dinamakan hosting. Untuk itu, Anda harus berhati-hati mengenai cara memilih web hosting yang benar. Yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui kebutuhanmu. 

Apakah Kamu membuat sebuah website untuk kebutuhan sebuah company profile perusahaan, untuk menjual product secara online ataupun juga untuk membuat sebuah blog yang terlihat professional.

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah blog, Saya merekomendasikan untuk membaca sebuah artikel tentang bagaimana membangun blog yang baik dan benar. Silahkan baca Cara Membuat Blog. 

cara memilih web hosting yang benar

Jika sudah mengetahui prioritas utamamu, saatnya mencari web hosting terbaik di Indonesia. Sekilas langkah ini terasa mudah, namun dengan banyaknya situs yang menawarkan hal serupa, tentu akan membingungkan Anda. 

Melihat hal tersebut, kami berikan ulasan singkat untuk memilih web hosting murah dan terbaik di Indonesia.

1. Amati jumlah klien

Anda pasti tak ingin menaruh resiko pada hosting yang minim pengalaman dan masih baru. Itu mengapa pastikan hosting tersebut memiliki banyak klien, khususnya dari website-website ternama. 

Dari sini pun sudah terlihat, hosting yang Anda pilih memang terbaik karena web berkelas pun mempercayakan hal ini pada mereka. 

2. Platform yang digunakan

Ketika memilih web hosting yang baik, lihat platform apa saja yang mereka gunakan. Untuk Indonesia rata-rata menggunakan WordPress, mengingat lebih mudah untuk digunakan dan pastinya SEO Friendly. 

Selain itu, ada beberapa platform lainnya seperti Joomla, Wix dan masih banyak lagi. Sebelum Anda memilih satu diantaranya, disarankan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, semua akan berjalan dengan semestinya. 

3. Lihat dulu customer supportnya

Selanjutnya pun tak kalah penting demi kelancaran website mu. Karenanya, pastikan seluruh pertanyaanmu di respon dengan cepat, entah itu melalui telepon, email sampai chat online. 

Dari sini Anda bisa mengukur seberapa profesional hosting tersebut dalam memberikan pelayanannya. 

4. Keamanan

Faktor lain yang tak kalah penting adalah soal keamanan. Mengapa demikian? Karena nantinya Anda akan mengisi beberapa informasi penting yang mana berpengaruh pada websitemu. Karenanya, pastikan hosting yang dipilih memberikan keamanan maksimal dan terpercaya. 

5. Review Pelanggan

Sebelum benar-benar fix memilih layanan web hosting, galilah informasi sebanyak mungkin dari pelanggan lain. Anda bisa menemukan nya dari beberapa sumber seperti forum, guna menemukan review nyata. 

Namun tetap berhati-hati lah karena mungkin ada beberapa oknum yang kurang bertanggung jawab. Sangat disarankan Anda hanya menjadi pembaca untuk mendapatkan gambaran objektif. 

6. Harga

Masalah harga Anda pun harus teliti. Biasanya layanan tersebut akan menawarkan paket-paket tertentu. 

Nah, jika Anda masih awam mengenai harga hosting, sebaiknya tanyakan pada orang yang paham, atau bandingkan dengan pasaran hosting lainnya.

7. Tipe Konten yang Disajikan

Sebelum membeli hosting, banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk tipe kontennya. Pasalnya ini akan berpengaruh pada websitemu, dimana mayoritas berisi konten artikel, video dan wallpaper. 

Jadi sebagai pemilik website, pahami dulu kebutuhan kontennya. Apakah kedepannya hanya berisi artikel, video, gambar atau inovasi lainnya. 

8. Kemudahan Bagi Pengguna

Layanan hosting yang baik pasti akan memperlakukan customernya dengan baik pula. Khususnya bagi para pemula, dimana nantinya akan dibimbing seputar informasi entah itu melalui video tutorial, dalam bentuk tulisan dan sebagainya. 

9. Domain Milik Siapa?

Pastikan Anda memilih layanan web hosting yang bukan hanya terbaik, namun juga transparan. Mengingat ada beberapa pihak yang tidak memberikan akses sepenuhnya. 

Misalnya si A memberikan domain yang sudah dibeli, namun tidak dengan domain manager, sehingga customer tak bisa mengelola secara leluasa. 

Nah, itulah beberapa tips mengenai cara memilih web hosting yang benar. Intinya, pilihlah yang memberikan kenyamanan, keamanan dan bisa diandalkan. Khususnya web yang bergerak di bidang bisnis. Sekian, semoga bermanfaat!