Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Merk Rice Cooker Terbaik dan Serba Guna untuk Menanak Nasi dengan Cepat

Padatnya jadwal kegiatan sehari-hari membuat banyak orang harus pintar-pintar mengatur waktu, apalagi di era digitalisasi ini semuanya telah dipermudah dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Salah satunya yang tadinya menanak nasi dilakukan dengan cara tradisional, saat ini sudah banyak merk rice cooker terbaik yang bisa diandalkan untuk menanak nasi dengan cepat tanpa mengurangi cita rasa dari nasi itu sendiri.

merk rice cooker terbaik

Dengan banyaknya brand rice cooker di tanah air tentu sangat memudahkan pekerjaan para ibu rumah tangga untuk menanak nasi sebelum pada akhirnya disajikan untuk keluarga tercinta. Tak hanya praktis, akan tetapi saat ini sudah banyak rice cooker yang tidak hanya memiliki satu fungsi saja, melainkan bisa juga digunakan untuk mengukus kue atau memasak makanan lainnya.

Namun, di sisi lain kita juga harus bisa membedakan dan memilih seperti apa merk rice cooker terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan. Jangan sampai salah memilih merk rice cooker yang ternyata spesifikasinya masih di bawah standar kualitas. Oleh karenanya, pintar-pintarlah dalam merk rice cooker sebagaimana penjelasan di bawah ini.

Tips Cerdas Memilih Merk Rice Cooker Terbaik dan Serba Guna

merk rice cooker terbaik

1. Pilihlah rice cooker yang kaya akan fungsi

Tidak hanya satu atau dua brand, di Indonesia ini banyak sekali brand rice cooker yang menawarkan spesifikasi terbaiknya. Mulai dari performa desain hingga fitur-fitur yang disematkannya. Untuk mengatasi kebingungan itu, pilihlah rice cooker yang kaya akan fungsi dari berbagi sisi. Semisal, perhatikan fitur cook and warm, quick cook, slow cook, logic timer, delay timer, dan beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa kamu perhatikan lebih jeli.

2. Sesuaikan spesifikasi rice cooker sebagaimana yang dibutuhkan

Jangan hanya melihat seberapa canggih spesifikasi yang disuguhkan, akan tetapi sesuaikan juga dengan rice cooker yang kamu butuhkan. Apalagi perihal kapasitas, jika kamu membutuhkan rice cooker untuk keperluan rumah tangga, pilihlah rice cooker yang memiliki kapasitas besar. Namun, jika kamu seorang mahasiswa yang membutuhkan rice cooker untuk disimpan di kostan-mu, pilihlah rice cooker yang kapasitasnya lebih kecil.

3. Hemat tenaga listrik

Nah, ini merupakan poin penting yang pantang untuk dilewatkan. Mengingat bahwa konsumsi listrik rice cooker cukup tinggi, maka pintar-pintarlah memilih merk rice cooker yang hemat akan tenaga listrik. Sebab menanak nasi tidak hanya dilakukan seminggu sekali, melainkan setiap hari. Dan semua itu tentu saja akan menambah tagihan listrik menjadi lebih besar jika kamu salah memilih merk rice cooker.

13 Rekomendasi Merk Rice Cooker Terbaik Saat Ini

1. Rice cooker Black & Decker

Merk Rice cooker Black & Decker

Rekomendasi merk rice cooker terbaik yang pertama datang dari brand Black & Decker. Pasalnya, merk rice cooker yang satu ini tidak hanya memiliki tampilan yang menarik saja, akan tetapi multifungsi dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Dengan berbahan dasar panci yang di-desain anti lengket, juga panas yang dihasilkan sangat merata sehingga dengan begitu nasi akan matang dengan cepat dan sempurna. Tak lupa juga akan kapasitas panci yang cukup besar, yakni 1,8 liter. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang jatuh hati pada merk rice cooker Black & Decker.

2. Rice cooker Panasonic (SR-DF181)

Merk Rice cooker Terbaik Panasonic

Rasanya tak perlu lagi meragukan produk-produk dari brand yang sangat populer ini. Ya, Panasonic terbilang sebagai brand yang sangat jarang, bahkan hampir tak pernah mengecewakan banyak orang akan produk-produk yang dikeluarkannya. Mulai dari kulkas, televisi, mixer, oven listrik, hingga rice cooker pun ditebas habis sebagai salah satu brand terbaik di industri elektronik.

Dari beberapa rice cooker yang diluncurkan oleh Panasonic, kamu bisa memilih tipe SR-DF181 yang memiliki banyak kelebihan unggul dibanding merk rice cooker lainnya. Dari sisi spesifikasi, rice cooker ini memiliki kapasitas 1,5 liter disertai 4 fungsi sekaligus. Diantaranya, menanak nasi, membuat bubur, menghangatkan, maupun mengukus jenis makanan lainnya.

3. Rice cooker Philips (HD3128)

Merk Rice cooker Terbaik Philips

Sebagai salah satu produsen barang elektronik terbaik di tanah air, Philips pun meluncurkan rice cooker terbaiknya melalui seri HD3128 yang dibekali dengan sejumlah fitur canggih nan mumpuni. Dilapisi dengan keramik yang menjadikan nasi tidak lengket serta panci sangat mudah dibersihkan merupakan salah satu dari banyaknya kelebihan merk rice cooker yang satu ini.

Sementara itu, dari sisi lainnya juga rice cooker ini sudah memakai pemasangan 3 arah yang membuat nasi tentu jauh lebih cepat matang dengan sempurna. Bilamana nasi tidak habis, kamu bisa menghangatkan kembali hingga 48 jam lamanya tanpa perlu khawatir nasi akan menjadi kering.

4. Rice cooker Yong Ma (YMC-110)

Merk Rice cooker Terbaik Yong Ma

Tak kalah canggih dari merk lainnya, rice cooker besutan Yong Ma pun patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, pada seri YM-110 yang merupakan rice cooker digital yang disertai sistem kemanan tiga bagian diantaranya atas, bawah, dan tengah. Dengan demikian, nasi yang dihasilkan tentu saja akan matang merata serta cukup rasanya pun jauh lebih pulen.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menanak nasi dengan takaran yang banyak, sebab rice cooker ini memiliki kapasitas sebesar 2 liter yang memungkinkan penggunanya untuk menanak nasi dalam jumlah yang banyak. Selain menanak nasi, kamu juga bisa menggunakannya untuk memasak ataupun membuat kue yang sesuai dengan seleramu.

5. Rice cooker Denpo (DMJ199SP)

Merk Rice cooker Terbaik Denpo

Beda hal nya jika kamu tengah mencari rice cooker yang memiliki konsumsi daya listrik hemat serta harga yang ditawarkan sangat terjangkau, maka rice cooker Denpo seri DMJ199SP lah jawabannya. Harga minimal spesifikasi maksimal, seperti itulah sebutan yang tepat untuk merk rice cooker yang satu ini.

Mari kita perdalam tentang spesifikasinya. Dari sisi kapasitas Denpo DMJ199SP terbilang cukup besar, yakni 1,8 liter. Sementara itu, panci yang digunakan di dalamnya pun telah dilengkapi dengan lapisan anti lengket. Sehingga siapa pun yang menggunakannya tidak akan kesusahan saat membersihkannya.

6. Rice cooker Bolde (3D Super Cook)

Merk Rice cooker Terbaik Bolde

Untuk kamu yang kini sedang duduk di bangku perkuliahan dan merantau di kota orang, kamu bisa memilih rice cooker Bolde 3D Super Cook sebagai alternatif terbaik untuk menanak nasi dengan cepat dan praktis.

Dengan kapasitasnya yang berukuran 0,6 liter terbilang sangat cukup untuk porsi makan sendiri di kost. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk merebus ataupun mengukus masakan lainnya jika kamu tidak ingin memasaknya di kompor.

7. Rice cooker Cosmos (CRJ-5301)

Merk Rice cooker Terbaik Cosmos

Untuk rekomendasi merk rice cooker terbaik dan bagus selanjutnya datang dari brand terpopuler Cosmos yang digadang-gadang sebagai salah satu brand paling fenomenal di industri elektronik. Bagaimana tidak, kecanggihan teknologi yang disematkan pada setiap fiturnya memang patut diapresiasi.

Terlebih Cosmos seri CRJ-5301 yang kaya akan fungsi pada sejumlah fiturnya. Tidak hanya menanak nasi saja saja, akan tetapi kamu juga bisa memasak bubur, sup, bahkan mengukus kue. Semua itu bisa kamu lakukan tanpa khawatir dengan konsumsi listrik yang dihabiskan, sebab rice cooker ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 400 watt untuk memasak nasi dan 45 watt untuk menghangatkan nasi atau makanan lainnya.

8. Rice Cooker Sanken (SJ-130 SP)

Merk Rice Cooker Terbaik Sanken

Desainnya yang elegan dengan berbahan utama stainless steel menjadi salah satu alasan terbesar orang-orang memantapkan hatinya untuk meminang rice cooker besutan Sanken seri SJ-130 SP. Tak heran memang, sebab senti demi senti dari performa rice cooker ini sangat modern dan kekinian.

Tak hanya menang perihal desain saja, Sanken SJ-130 SP pun dibekali lapisan super unggul yang membuat rice cooker tidak gampang penyok. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun. 

9. Rice cooker Digital Mito (8 in 1)

Merk Rice cooker Terbaik Digital Mito

Berasal dari brand besar Mito, rice cooker digital besutannya dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memiliki keunggulan cukup mumpuni. Lapisan anti gores yang disematkan semakin menambah keawetan rice cooker ini. Dengan begitu, orang-orang tidak perlu gonta-ganti rice cooker setiap tahunnya.

Salah satu hal yang paling menarik  dan membedakan rice cooker Mito dengan yang lainnya, yakni terletak pada fungsi 8 in 1. Artinya kamu tidak hanya bisa menanak nasi saja, akan tetapi mulai dari memasak bubur, menggoreng masakan, menghangatkan, hingga mengukus pun bisa kamu lakukan dengan menggunakan rice cooker multifungsi ini.

10. Rice cooker Miyako (Magic Warmer Plus MCM528)

Merk Rice cooker Terbaik Miyako

Jika kamu bertanya-tanya salah satu merk rice cooker yang paling banyak diminati saat ini, maka jawabannya adalah rice cooker Miyako Magic Warmer Plus MCM528. Harganya yang terjangkau sebanding dengan spesifikasi yang disuguhkan. So, tak heran jika para ibu rumah tangga lebih melirik rice cooker Miyako dibanding yang lainnya.

Jangankan beranjak ke sisi spesifikasi, kamu akan dibuat takjub dengan performa desain rice cooker satu ini. Pasalnya desain luarnya memiliki motif yang sungguh elegan dan mewah, sehingga siapa pun yang melihatnya dipastikan akan berdecak kagum.

11. Rice cooker Maspion (MRJ-052)

Merk Rice cooker Terbaik Maspion

Ringan dan praktis, seperti itulah gambaran paling tepat untuk rice cooker Maspion seri MRJ-052. Bilamana suatu hari kamu berencana untuk piknik maupun kemping, maka rice cooker ini sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana. Mengingat ukurannya yang mini dan serba guna, tidak perlu menghabiskan banyak tempat untuk membawanya.

Uniknya lagi, kabelnya sangat mudah untuk dibuka-pasang, sehingga bisa dipastikan tidak akan merepotkan siapa pun yang menggunakannya. Perihal kualitas, tak perlu ditanya sebab kualitas makanan sangat terjaga berkat penggunaan lapisan anti karat yang disematkannya.

12. Rice cooker Electrolux (ERC3405)

Merk Rice cooker Terbaik Electrolux

Sedang mencari rice cooker harga di bawah 1 jutaan? Sepertinya kamu wajib memilih rice cooker Electrolux seri ERC3405 untuk menanak nasi dengan kapasitas tampung hingga 1,8 liter. Dibekali dengan sistem penghangatan 3D, rice cooker ini mampu meratakan panas ke seluruh permukaan dalam panci agar nasi matang dengan sempurna.

13. Rice cooker Xiaomi (MiJia Smart Rice Cooker)

Merk Rice cooker Terbaik Xiaomi

Siapa sangka brand besar Xiaomi dengan popularitas tinggi memiliki produk rice cooker yang menggunakan lapisan non-sitck berstandar food grade untuk memastikan keamanan berbagai bahan makanan saat digunakan. 

Fitur utama yang sangat menarik dari brand ini adalah kemampuannya dapat dioperasikan melalui smartphone. Kamu hanya cukup mengatur kebutuhan proses menanak nasi melalui aplikasi MI App to Control All Function, maka kamu bisa menanak nasi tanpa harus menyentuh panel yang disediakan. Bagaimana? Menarik sekali bukan?

Demikian sederet penjelasan mengenai beberapa rekomendasi merk rice cooker terbaik dan serba guna saat ini. Kamu bisa memilih salah satu rice cooker di atas yang menurutmu cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu.