Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Rekomendasi 8 Aplikasi Kompress Foto Terbaik untuk Android & PC

Kebutuhan memperkecil ukuran foto memang merupakan suatu kegiatan yang tak terbantahkan. Terlebih saat kamu hendak mengupload foto di beberapa platform media sosial, terkadang ada beberapa platform yang membatasi ukuran foto untuk di-upload. Dengan begitu, secara otomatis ukuran foto pun harus di-kompress terlebih dahulu agar bisa di-upload.

aplikasi kompress foto terbaik

Nah, jika sepuluh tahun silam cara untuk mengkompress foto merupakan hal yang cukup rumit, di era teknologi yang sudah sangat pesat ini kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Mengapa begitu? Karena saat ini sudah banyak developer handal yang menciptakan aplikasi kompress foto terbaik di Android maupun PC kesayanganmu.

Oleh karenanya, kamu tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan bagaimana memperkecil ukuran foto yang tidak bisa di-upload ataupun untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya, cukup menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi kompress foto di bawah ini untuk memudahkanmu. 

Rekomendasi Aplikasi Kompress Foto Terbaik untuk Android

1. Adobe Photoshop Express

aplikasi kompress foto terbaik adobe photoshop express

Bagi kamu yang tidak mau ribet membuka laptop kesayanganmu untuk memperkecil ukuran foto, kamu bisa mencoba alternatif yang pertama yakni dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express yang merupakan aplikasi kompress foto terbaik dengan segudang fitur yang dimilikinya.

Salah satu hal yang paling menarik perhatian dari aplikasi yang satu ini tidak hanya keunggulan akan fitur yang disuguhkan, tetapi desain interface yang dibangunnya pun memang benar-benar berkelas. Di mana gradasi warna yang digunakan seolah benar-benar memanjakan para penggunanya agar semakin betah berlama-lama untuk mengedit foto menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express ini.

Download Adobe Photoshop Express Di sini

2. Photo & Picture Resizer

aplikasi kompress foto terbaik photo and picture resizer

Tidak kalah menarik perhatian, Photo & Picture Resizer merupakan aplikasi kompress foto yang digandrungi banyak orang dari berbagai kalangan. Mulai dari pemula hingga profesional tak sedikit yang memilih aplikasi satu ini. Pasalnya, hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, melainkan kualitas foto yang dihasilkan memang patut dibanggakan.

Bagaimana tidak, fitur-fitur yang disediakan pun memang bisa dibilang sangat mumpuni dan tentunya mampu untuk membantu penggunanya dalam mengurangi ukuran file foto. Uniknya, kamu bisa memilih beragam ukuran file foto yang sudah disediakan di dalamnya, sehingga kamu tidak perlu repot mengeditnya secara manual. Bagaimana? Luar bisa sekali, 'kan?

Download Photo & Picture Resize Di sini

3. Reduce Photo Size

aplikasi kompress foto terbaik reduce photo size

Kamu sedang mencari aplikasi kompress foto yang sangat efisien dan tidak membutuhkan waktu yang lama? Maka alternatif lainnya kamu bisa mencoba Reduce Photo Size yang merupakan aplikasi kompress foto dengan sejuta kelebihan yang diusungnya.

Adapun untuk penggunaannya itu sendiri, kamu hanya cukup memasukkan foto yang ingin diperkecil ukurannya ke dalam aplikasi ini. Selanjutnya, ketuk opsi 'Reduce' pada bagian pop up yang muncul di aplikasi. Nah, setelah itu foto bisa langsung di-download. Sangat mudah untuk dicoba bukan?

Download Reduce Photo Resize Di sini

4. Photo Compress and Resize

aplikasi kompress foto terbaik photo compress and resize

Aplikasi kompress foto terbaik selanjutnya berasal dari developer handal Lit Photo yang menamai aplikasinya Photo Compress and Resize. Di mana aplikasi ini tercatat lebih dari 5 juta kali di-download oleh orang-orang. Kemampuannya dalam memperkecil ukuran foto rasanya tidak perlu lagi diragukan.

Terlebih, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi yang satu ini memiliki fitur Batch compress yang sangat memungkinkan penggunanya untuk melakukan kegiatan kompress foto lebih dari satu foto dalam jangka waktu yang bersamaan. Fitur unggulan ini belum tentu bisa kamu temukan di aplikasi kompress foto lainnya.

Download Photo Compress Resize Di sini

Rekomendasi Aplikasi Kompress Foto Terbaik untuk PC

5. Paint

aplikasi kompress foto terbaik paint

Sementara itu, berbeda hal nya jika kamu ingin mengkompress foto menggunakan laptop kesayanganmu, maka cobalah Paint yang merupakan aplikasi bawaan pada Windows. Di mana nantinya fitur unggulan ini dapat digunakan secara offline. So, kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan karena tidak harus terkoneksi internet, akan tetapi kamu pun tidak perlu mendownload aplikasi tambahan.

Adapun untuk cara pemakaiannya bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, pilih foto yang ingin diperkecil ukurannya.

• Klik kanan pada foto tersebut.

Langkah 2:

• Pilih opsi 'Open With'.

• Selanjutnya, pilih juga opsi 'Paint'.

Langkah 3:

• Dari sekian banyak menu yang ada, pilihlah menu 'Resize' dan sesuaikan ukuran foto yang kamu inginkan.

• Jika sudah, pilih opsi menu 'Save'.

Di tahap ini, foto akan terkompress secara otomatis dan kamu bisa langsung melihat hasilnya.

6. Fileminimizer Picture

aplikasi kompress foto terbaik fileminimizer picture

Sebagai salah satu aplikasi kompress foto terbaik yang telah di-klaim mampu mengkompress foto hingga 98%, Fileminimizer Picture menjadi aplikasi yang saat ini paling banyak digunakan orang-orang. Dan apakah kamu tahu kelebihan paling menonjol dari aplikasi ini? Tidak lain mampu mengkompress banyak foto secara bersamaan.

Di samping itu, sesaat setelah berhasil mengubah ukuran foto sesuai dengan yang kamu inginkan, maka kamu memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk langsung memposting foto tersebut ke Facebook. Sebab aplikasi Fileminimizer Picture ini sudah terintegrasi langsung dengan akun Facebook.

Download Fileminimizer Picture Di sini

7. Radical Image Optimization Tool

radical image optimization tool

Ingin memperkecil ukuran foto dengan syarat kualitas foto harus sesuai sebagaimana kualitas foto yang semula? Sudah pasti jawabannya adalah Radical Image Optimization Tool. Di mana aplikasi ini memang menawarkan sejumlah keunggulan yang berhasil menghipnotis banyak orang untuk berbondong-bondong mendownload-nya.

Bayangkan saja, selain fitur-fiturnya yang sederhana, akan tetapi aplikasi kompress foto yang satu ini pun telah mendukung berbagai format grafis untuk diperkecil dan disimpan dalam beberapa format seperti PNG, JPG, dam GIF. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan foto yang telah di-kompress melalui format yang kamu butuhkan.

Download RIOT Di sini

8. Photos

aplikasi kompress foto terbaik photos

Aplikasi kompress foto terbaik yang terakhir adalah Photos. Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu repot mendownloadnya, karena Photos ini merupakan aplikasi lain bawaan dari Windows. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ruang penyimpanan laptop kesayanganmu bertambah penuh.

Untuk menggunakan aplikasi ini, silakan ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, pilih foto yang ingin diperkecil ukurannya.

• Jika sudah, klik kanan pada foto tersebut.

Langkah 2:

• Pilih opsi 'Open With'.

• Selanjutnya, pilih opsi aplikasi 'Photos'.

Langkah 3:

• Untuk melangkah ke tahap selanjutnya, pilih opsi menu 'Resize'.

Nah, jika muncul tiga opsi pengecilan seperti Small, Medium, dan Large, maka pilihlah ukuran foto yang kamu inginkan.

Langkah 4:

• Ketuk opsi 'Sale' untuk menyimpan hasil foto yang sudah dikompress.

• Untuk memastikannya, kamu bisa langsung mengeceknya.

Bagaimana? Simpel sekali bukan? Tidak perlu repot mendownload aplikasi tambahan yang nantinya akan memenuhi ruang penyimpanan laptop kesayanganmu.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa aplikasi kompress foto terbaik di Android & PC yang bisa kamu coba untuk memudahkanmu saat harus memperkecil ukuran foto sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.