Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Burning CD Windows 10 dan Windows 7 dengan Mudah

Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk memindahkan data atau file dari komputer menuju CD? Entah karena data di komputer sudah terlalu banyak atau mungkin saja kamu ingin membuat sebuah CD khusus yang di mana di dalamnya berisi foto maupun video sebagai bentuk kenang-kenangan bersama orang yang kamu cintai. Baik itu keluarga maupun kekasih tercinta.

cara burning cd

Nah, untuk memindahkan data-data tersebut kamu pasti akan melewati proses yang dinamakan burning. Apa itu burning? Burning di sini bukan bermaksud membakar CD yang tidak terpakai lagi, melainkan burning yang dimaksud memiliki definisi yakni proses memasukkan data pada sebuah CD.

Jika kamu bertanya-tanya apa tujuan yang sesungguhnya dari burning CD ini? Maka jawabannya adalah agar file bisa dibaca oleh CD Drive sehingga tersimpan dengan aman. Sementara itu, jika penasaran bagaimana caranya, di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai cara burning CD yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cara Burning CD Windows 10


Bagi kamu pengguna Windows 10, ketahuilah untuk melakukan burning CD ini sangat mudah. Bahkan, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Terlebih seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi yang satu ini masih eksis dan juga terbilang lumayan baru dari microsoft.

Tanpa berlama-lama, berikut beberapa langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, masukkan terlebih dahulu CD blank ke dalam CD ROM komputer atau laptop.

• Jika sudah selesai, Windows secara otomatis akan membaca dan mendeteksi CD yang kamu masukkan.

Langkah 2:

• Dikarenakan berada dalam keadaan baru (blank), maka nantinya akan muncul jendela pilihan berupa opsi penggunaan sebagaimana penyimpanan USB flash drive atau CD/DVD player.

• Di tahap ini, pilih opsi 'With a CD/DVD player'.

Sebagai catatan, bilamana kamu tidak tahu fungsi dari beberapa opsi yang muncul, maka fungsinya adalah sebagai berikut:

1) Disc title: Kolom yang bertujuan untuk memberikan judul ataupun nama pada CD.

2) Like a USB flash drive: pilihan yang berfungsi untuk menjalankan CD sebagaimana penggunaan fungsi flash drive atau flashdisk.

3) With a CD/DVD player: pilihan yang bertujuan untuk melakukan burning pada CD. Di mana di dalamnya diterangkan bahwa folder dan file yang sudah selesai di-burning, maka tidak dapat diedit maupun dihapus.

Langkah 3:

• Salin file yang mau kamu burning ke dalam CD.

• Tetapi sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa file yang akan di-burning tidak lebih dari kapasitas penyimpanan CD yakni sebesar 700 Mb.

Langkah 4:

• Tempelkan atau paste file yang sudah disalin ke dalam CD.

• Jika semua file sudah siap, maka langsung saja burning dengan cara klik kanan, lalu pilih 'Burn to Disc'.

Langkah 5:

• Selanjutnya, kamu akan diarahkan menuju jendela baru. Di tahap ini, masukkan atau ganti judul pada bagian disc tersebut.

• Pada bagian disc title, pilih opsi kecepatan maksimum di bagian recording speed.

Langkah 6:

• Ketuk 'Next' untuk melanjutkan tahap berikutnya.

• Tunggu beberapa waktu tergantung pada besar atau tidaknya kapasitas file.

Nah, jika sudah, sampai di sini kamu sudah berhasil melakukan burning CD pada komputer Windows 10 dengan mudah dan aman. Namun, apabila kamu ingin menambahkan file lagi atau mungkin berniat eject guna mengeluarkan CD dari CD ROM, maka kamu hanya cukup mengulangi langkah-langkah di atas, kemudian klik 'Finish' dan selesai.

Cara Burning CD Windows 7

cara burning cd windows 7

Sementara itu, untuk kamu yang menggunakan Windows 7, jangan khawatir sebab kamu juga bisa melakukan burning CD dengan mudah. Ya, meskipun meskipun Windows 7 sudah hampir tenggelam, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa memang pengguna Windows 7 ini terbilang masih sangat banyak.

Untuk melakukan CD burning Windows 7 dengan mudah, berikut langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, masukkan terlebih dahulu CD drive yang akan kamu gunakan ke dalam CD drive komputer atau laptop.

• Jika sudah, langsung saja buka Windows Eksplorer.

Langkah 2:

• Jangan lupa, pindahkan file atau data yang akan kamu burn ke dalam CD tersebut.

• Klik kanan pada bagian CD drive dan pilih opsi 'Burn to diss'.

Langkah 3:

• Di tahap ini, proses burning CD akan secara otomatis berjalan.

• Tunggu beberapa waktu hingga prosesnya selesai.

Nah, itu dia beberapa cara untuk melakukan burning CD Windows 10 maupun burning CD Windows 7. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan Windows komputer yang kamu gunakan. Pada dasarnya, langkah-langkah di atas sangat mudah dicoba jika kamu mengikutinya satu-persatu dengan benar. So, selamat mencoba.

Cari Artikel