Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Transformasi teknologi ibarat hujan lebat yang datang di siang hari dengan membawa suasana gulita yang semula seharusnya terang benderang dipenuhi awan biru yang menjadi saksi bisu. Begitulah kemajuan teknologi terhadap kehidupan manusia yang mengantarkan pada sisi gaya hidup yang baru.

cara mengirim lamaran kerja lewat email

Melamar pekerjaan, misalnya. Saat ini untuk memberikan surat lamaran pekerjaan, kamu tidak harus pergi jauh-jauh ke perusahaan yang akan kamu tuju. Sebab sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang memberlakukan sistem surat lamaran kerja elektronik yang dikirimkan via Email.

Hal ini tentu saja merupakan suatu kelebihan bagi kamu yang ingin mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang jaraknya sangat jauh dari rumahmu. Namun, di balik semua itu, tahukah kamu bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat Email yang benar? Tujuannya tentu saja tidak lain agar surat lamaranmu dilirik dan diterima. Untuk mendapatkan jawabannya, yuk, ikuti beberapa caranya di bawah ini!

Tahap Persiapan Awal

cara mengirim lamaran kerja lewat email

Pada tahap persiapan awal ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dengan matang untuk menunjukkan bahwa kamu layak dan pantas diterima di perusahaan yang akan kamu tuju.

1. Siapkan email profesional yang menunjukkan kredibilitas dan kualitasmu

Percayalah, tidak sedikit perusahaan memandang kredibilitas calon karyawannya dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti nama alamat email calon karyawannya. Sebab apa? Tanpa kamu sadari, nama alamat email dapat menunjukkan seberapa tinggi tingkat profesionalitas yang kamu junjung.

Untuk contoh penggunaan nama alamat email yang benar dan salah adalah sebagai berikut:

Benar:
Mawalatul.khoi@gmail.com
Mawalatulkhoi10@gmail.com

Salah:
Mawalatul.sicantik@gmail.com
Mawal.fansrealmadrid99@gmail.com

2. Kumpulkan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan

Nah, ini dia yang harus kamu persiapkan sangat matang di tahap awal ini. Buatlah informasi selengkap mungkin sebagaimana persyaratan yang dicantumkan. Jangan sampai ada satupun berkas yang terlewat.

Semisal:
• Surat Lamaran Kerja
• Daftar riwayat hidup (CV)
• Scan ijazah terbaru
• Scan KTP
• Portofolio
• Scan sertifikat-sertifikat
• Pas foto

3. Ubah berkas tersebut menjadi format PDF

Selepas mengumpulkan seluruh berkas yang tertera di persyaratan, jangan lupa ubah berkas tersebut menjadi format PDF. Hal ini bertujuan untuk mengunci tampilan berkas agar terlihat rapi dan tertata, sebab saat kamu membuat dokumen dalam word 2010 misalnya, lalu dibuka dalam word 2013 maka dokumen tersebut memiliki kemungkinan besar akan acak-acakan dan tidak sesuai.

Tahap Pengiriman Berkas


Sementara itu, untuk tahap yang selanjutnya adalah tahap pengiriman berkas yang tidak kalah pentingnya dan benar-benar harus kamu perhatikan agar tidak ada satupun kesalahan yang terjadi.

1. Perhatikan waktu pengiriman

Sebagai calon karyawan yang memiliki kredibilitas dan attitude yang tinggi, kamu harus tahu kapan waktu pengiriman lamaran kerja yang tepat. Jangan hanya karena email terbuka selama 24 jam non stop, lalu kamu mengirimkan surat lamaran sesukamu. Hindari hal itu! Cobalah untuk mengirim surat lamaran kerjamu mulai dari rentang waktu jam 08.00 - 14.00.

2. Lakukan login pada Gmail profesional yang telah kamu sediakan

Nah, untuk proses pengiriman surat lamaran kerjanya itu sendiri, pertama-tama kamu harus melakukan login terlebih dahulu pada gmail profesional yang sebelumnya sudah kamu persiapkan. Jangan lupa untuk memasukkan email beserta passwordnya.

3. Catat baik-baik alamat email perusahaan yang akan dituju

Jika sudah berhasil masuk ke alamat email-mu, langsung saja pilih menu 'Compose' untuk mengirimkan email terbaru. Untuk menghindari kesalahan pengiriman, ingat dan catat baik-baik alamat email perusahaan yang kamu tuju. Jangan sampai salah satu huruf pun, karena itu berpengaruh besar pada kesuksesanmu juga.

4. Isi subjek email sebagaimana yang diperintahkan

Dalam pamflet lowongan kerja yang kamu dapat, perhatikan bagian subjek yang harus dicantumkan. Namun, jika seandainya tidak ada perintah subjek khusus, tetap jangan dikosongkan. Alih-alih membiarkannya kosong, isilah subjek tersebut dengan format Lamaran [Posisi yang dilamar] – [Nama Lengkap].

5. Isi bagian body email menggunakan format berikut ini

Selanjutnya, pada bagian isi atau body email cantumkan seluruh berkas persyaratan yang telah kamu persiapkan dan juga surat lamaran kerja yang diketik di bagian ini.

Sebagai contoh:

Assalamualaikum Wr.Wb.
Perkenalkan, saya Mawalatul Khoi. Saya sangat tertarik dengan lowongan pekerjaan Manajemen Administrasi yang ditayangkan pada tanggal 05 Maret 2021 di situs web haliza.com.

Adapun deskripsi pekerjaan yang tertera sudah sangat sesuai dengan pengalaman saya. Di mana saya pun sangat antusias melampirkan resume untuk menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Berikut ini saya lampirkan Surat Lamaran, CV, Ijazah, Scan KTP, sertifikat dan pas foto. Bilamana terdapat hal lain yang ingin diketahui lebih lanjut, mohon dapat menghubungi saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Tahap Pemeriksaan

cara mengirim lamaran kerja lewat email

1. Lakukan pemeriksaan ulang pada alamat email perusahaan, subjek, dan body Email

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerjamu ke alamat email perusahaan yang kamu tuju, lakukan proses tahap pemeriksaan ulang terlebih dahulu pada bagian alamat email perusahaan, subjek email, dan juga body email. Jangan sampai ada yang keliru satupun.

2. Periksa ulang berkas persyaratan

Nah, ini dia yang sangat pantang untuk dilewatkan. Ya, kamu wajib melakukan pemeriksaan ulang pada setiap berkas persyaratan yang kamu cantumkan. Sebab satu saja tidak tercantumkan, maka posisi lowongan kerja yang kamu lamar akan diambil alih oleh orang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar dan rapi. Kamu boleh mengikuti satu-persatu cara di atas agar surat lamaran pekerjaanmu tentunya segera dilirik dan diterima oleh perusahaan. Selamat mencoba.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.