Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 6 Software Akuntansi Gratis Terbaik yang Wajib Kamu Coba

 Di zaman digitalisasi yang pesat ini rasanya sudah bukan zamannya lagi melakukan pencatatan keuangan secara manual, sebab mengingat betapa rawannya kesalahan saat menghitung secara manual maka alangkah lebih baiknya menggunakan software akuntansi gratis yang bisa kamu coba untuk mengelola keuangan agar lebih tertata.

software akuntansi gratis

Sebagaimana kemajuan teknologi dari berbagai sisi, saat ini kamu bisa mencoba beberapa software andalan yang kerap dijadikan solusi terbaik juga oleh para pemilik bisnis UMKM hingga berskala besar. Meskipun usahamu masih tergolong kecil, akan tetapi tak ada salahnya juga kamu menggunakan beberapa software akuntansi gratis terbaik di bawah ini untuk mengelola seluruh keuangan yang ada.

1. ZAHIR Accounting

software akuntansi gratis ZAhira

Di kalangan para pengusaha, software Zahir Accounting ini memiliki popularitas yang sangat tinggi. Apalagi dari cara kerjanya juga kamu hanya cukup mengunjungi website nya secara online, maka kamu dapat menata seluruh keuangan yang erat kaitannya dengan bisnis yang tengah kamu jalani.

Tak hanya itu saja, software yang satu ini pun memiliki sejumlah keunggulan lainnya seperti memudahkan pelaku usaha kecil menengah dalam membuat laporan pembelian serta penjualan barang, mengelola hutang piutang, dan juga mengelola persediaan barang serta membuat laporan pembukuan sebagaimana laporan kas dan tabungan. Dijamin kamu akan jauh lebih dipermudah jika memilih software Zahir Accounting ini.

2. SQL Ledger

software akuntansi gratis SQL Ledger

Mengusung sistem ERP berbasis website, software SQL Ledger pun bisa kamu jadikan sebagai solusi terbaik untuk menata keuangan bisnis yang tengah dijalankan. Biasanya software yang satu ini lebih banyak digunakan oleh sejumlah toko yang membutuhkan cek printing, inventory control, multi location, multi user, packing list, poin of sales, dan purchase orders.

Nah, yang menjadi pertanyaannya apakah bisnismu masuk dalam kategori toko yang membutuhkan beberapa hal yang telah disebutkan di atas? Jika iya, maka tak terbantahkan lagi bahwa SQL Ledger sangat tepat untuk dijadikan pilihan terbaik. Uniknya, kamu bisa menggunakannya dalam versi gratis yang telah disuguhkannya.

3. Sleekr

software akuntansi gratis sleekr

Jika kamu sudah lama berkecimpung di dunia software seperti ini, pasti sudah tidak asing bahwa software Sleekr merupakan software online premium yang semula diberi nama kiper. Namun, karena ada beberapa pertimbangan dan salah satunya karena diakuisisikan oleh perusahaan besar Sleekr, maka software yang tadinya bernama kiper diganti menjadi Sleekr.

Hal ini pun sejalan dengan peningkatan fitur yang disuguhkan. Di mana software akuntansi ini berfungsi untuk mengakses, mengelola, dan juga kolaborasi data usaha berbasis online. Fix no debat sangat cocok untuk seluruh jenis UKM. Di samping itu, jika kamu menggunakannya maka kamu berkesempatan besar untuk bisa membuat invoice tagihan, return maupun pembayaran.

4. Wave

software akuntansi gratis wave

Mengusung berbagai fitur menarik yang dapat dicoba secara gratis oleh para penggunanya, Wave merupakan salah satu software akuntansi terbaik yang dapat menghandle segala kegiatan pengelolaan keuangan seperti pencatatan laporan keuangan, pengiriman invoice, hingga pembuatan kwitansi online.

Kelebihan lainnya juga bisa kamu rasakan dari sisi penghubungan rekening bank serta kartu kredit tanpa ada batas ke dalam pembukaan. Dengan demikian, tanpa harus merogoh kocek sepeser pun kamu dapat mengelola keuangan bisnismu dengan sangat rapi tanpa ada kecolongan pengeluaran yang tidak tertuliskan.

5. Slickpie

software akuntansi gratis slickpie

Dikemas rapi dengan antarmuka yang sederhana dan elegan, Slickpie menjadi salah satu software akuntansi yang cukup banyak digemari orang-orang saat ini. Pasalnya, jika dilihat dari sisi keunggulan, kamu akan tidak hanya mendapati interface yang elegan, akan tetapi kamu juga dapat menikmati berbagai fitur andalan di dalamnya.

Bahkan, sekalipun kamu masih awam di dunia software ini, sangat mudah bagimu untuk mengaplikasikan Slickpie hanya dengan beberapa langkah saja. Hanya saja kekurangannya berada di bagian pilihan bahasa, di mana kamu tidak akan menemukan pilihan bahasa Indonesia di dalamnya.

6. NCH Express

software akuntansi gratis NCH Express

Software akuntansi gratis terbaik selanjutnya adalah NCH Express. Tidak jauh berbeda dari software yang lainnya, kamu juga bisa mengelola utang dan piutang dan melakukan kegiatan pengelolaan keuangan lainnya dengan software NCH Express ini. Meskipun disajikan dalam versi berbayar, kamu memiliki kesempatan besar untuk menikmati versi gratisnya.

Selain itu, rasanya pantang bagimu menanyakan perihal popularitas yang diraup oleh software NCH Express ini. Karena jika menyangkut popularitas, ketahuilah software akuntansi yang satu ini tercatat sebagai salah satu software akuntansi terbaik di 2021 yang hadir dengan berbagai fitur andalan yang bisa digunakan sesuka hati oleh para penggunanya.

Nah, itu dia sejumlah informasi mengenai beberapa software akuntansi gratis terbaik di 2021 yang wajib kamu coba untuk merapikan tata kelola keuangan bisnis yang tengah kamu jalankan. Semoga dengan mencoba salah satu software di atas, maka pengelolaan keuanganmu tentunya jauh lebih tertata. Selamat mencoba.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.