Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

5 Cara Menghilangkan Malware di HP

Smartphon kamu tiba-tiba suka muncul pop up iklan yang sangat mengganggu bukan? Bukan tidak mungkin, kalau ponsel kamu terserang malware loh! Untuk itulah kamu perlu yang namanya cara menghilangkan malware di HP.

Tahukah kamu jika malware tidak hanya membuat kita jengkel, namun juga membahayakan untuk perangkat smartphone loh. Selain menampilkan spam iklan yang sangat mengganggu namun juga bisa loh mencuri data-data penting dari perangkat kamu.

Cara Menghilangkan Malware di HP

cara menghilangkan malware di HP

Untuk menghilangkan malware dari smartphone sebenarnya gampang saja, apalah kalau kamu tau ciri-cirinya. Berikut beberapa metode yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

1. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Pada saat smartphone kamu terserang malware, langkah pertama yang bisa lakukan untuk menghilangkannya adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang sekiranya mencurigakan. Pasalnya bisa saja aplikasi tersebut yang membawa malware ke dalam ponsel kamu.

2. Hapus Administrator Rights

Kalau kamu menemukan aplikasi yang sulit di untuk di lakukan uninstal adalah bisa jadi jika aplikasi tersebut mempunyai administrator rights. Sehingga memungkinkan kalau hal ini yang membawa malware pada ponsel kamu.

Jadi untuk menghilangkan malware pada ponsel, kamu bisa menghapus administrator rights. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama masuk terlebih dahulu ke Pengaturan atau Settingan.
  2. Kemudian pilih security. Lalu lihat pada bagianDevice Administrator. Nantinya kamu akan menjumpai menu Android Device Manager di daftar itu.
  3. Silahkan kamu cabut izin administrator right yang sulit untuk dilakukan uninstall.
  4. Setelah berhasil mencabut izinnya aplikasi yang di anggap kamu mencurigakan akan bisa di hapus. Selesai.

3. Restart Android

Cara Menghilangkan malware di HP selanjutnya adalah dengan melakukan restart smartphone. Setelah itu, kamu bisa mengecek malware tersebut sudah hilang apa belum. Kemudian kamu bisa melihat apakah kinerja ponsel sudah normal seperti semula atau belum.

4. Instal Aplikasi Antivirus

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menginstall aplikasi antiviru. Ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan malware di perangkat ponsel kalian. Antivirus ini bermacam-macam seperti Kaspersky antivirus, AVG, ESET, Avast, dan lain sebagainya.

5. Masuk ke Safe Mode

Cara berikut yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan malware pada perangkat smartphone adalah dengan Mode Aman atau Safe Mode.

Untuk langkah-langkahnya bisa simak dibawah ini:

  1. Tekan dan tahan tombol power beberapa saat. Lalu tekan tombol Safe Mode.
  2. Apabila opsi Mode Aman tidak tampil. Mungkin saja malware sudah memblokir pilihan itu. Makanya kamu perlu melakukan hard reset smartphone kamu.
  3. Silahkan kamu tekan dan tahan tombol power selama beberapa saat. Atau bisa menekan dan menahan tombol volume up dan down sekaligus pada saat booting.

Ciri-Ciri HP Terkena Malware

cara menghilangkan malware di hp

Berikut dibawah ini merupakan beberapa ciri atau pertanda jika ponsel kamu terserang malware, diantaranya:

  • Smartphone terasa cepat panas. Pasalnya ada aplikasi yang berjalan di belakang latar tanpa adanya persetujuan. Sehingga membuat penggunaan resource semakin banyak dan berakibat panas.
  • Ponsel mengalami proses loading yang lama. Bahkan sekalipun membuka aplikasi yang ringan.
  • Daya baterai ponsel akan cepat habis, meskipun kamu menggunakan ponsel dalam keadaan yang wajar dan normal.
  • Suka muncul pop up iklan secara tiba-tiba baik itu sedang menonton film, main game, dan bahkan sedang tidak digunakan.

Bagaimana setelah membaca beberapa metode yang saya berikan, ternyata cara menghilangkan malware di HP sangat mudah bukan? Pastikan kamu rutin mengecek ponsel ya supaya aman dan terhindar dari malware.

game-Offline-Terbaik