Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

Ukuran Story Instagram

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang bahwa Instagram memiliki banyak fitur, salah satunya adalah story. Kamu bisa membuat story dalam bentuk foto maupun video, tentunya harus menyesuaikan dengan ukuran story Instagram agar tidak terpotong.

Apabila story yang kamu unggah melebihi batas yang direkomendasikan, maka besar kemungkinannya story akan terpotong. Bagi yang ingin praktis, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat story Instagram dengan mudah.

Ukuran Story Instagram versi Foto

ukuran story instagram foto

Pertama yang akan dibahas adalah untuk ukuran foto yang hendak dijadikan story. Apabila kamu mengambil gambar secara langsung tanpa upload melalui galeri ponsel, maka tidak perlu repot-repot memikirkan ukurannya karena akan disesuaikan secara otomatis.

Berbeda lagi jika kamu ingin mengunggah foto tertentu ke dalam story, maka perlu memperhatikan ukurannya. Kesalahan dalam ukuran foto ini akan mempengaruhi beberapa aspek, yaitu kualitas foto bisa pecah hingga tampilannya yang tidak sesuai.

Selain memperhatikan ukuran foto, format gambar yang hendak diunggah juga perlu diperhatikan. Instagram menyarankan penggunanya untuk mengunggah foto dalam format gambar JPEG, JPG atau PNG saja. Adapun file size dari gambar tersebut maksimal adalah 30 MB.

Jika melebihi 30 MB, maka foto akan gagal diunggah. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas kamera yang digunakan. Semakin baik kualitas kamera maka resolusinya bisa dinaikkan sampai batas maksimal. Lebih lengkapnya, berikut tabel rekomendasi ukuran story untuk foto :

Rekomendasi Ukuran

1080x1920 px, 720x1280 px, 450x800 px

Ukuran File Maksimal

30 MB

Format Gambar

JPG, JPEG, PNG dan sejenisnya

Aspect Ratio

16:9, 1:1, 4:5

Perlu dicatat bahwa aspect ratio bisa bervariasi tergantung posisi gambar yang diunggah, apakah portrait atau landscape. Ukuran juga mempengaruhi aspect ratio gambar, kamu hanya perlu menyesuaikannya.

Ukuran Story Instagram versi Video

ukuran story instagram video

Setelah membahas tentang ukuran story foto, sekarang akan dibahas untuk ukuran video. Seperti halnya foto, jika kamu menggunakan fitur video di aplikasi Instagram langsung, maka tidak perlu mengecek ukurannya.

Namun jika mengambil dari galeri, ukuran yang disarankan adalah 1080x1920 px dengan aspect ratio 9:16. Adapun resolusi minimal yang disarankan adalah 720p agar ketika diunggah nanti videonya tidak pecah atau buram.

Dari segi ukuran, kamu perlu lebih santai karena IG story video ini ukuran maksimalnya bisa mencapai 4GB. Sedangkan format yang disarankan adalah MP4 dan MOV. Jika belum sesuai, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi editor video yang bisa diunduh melalui store masing-masing.

Rekomendasi Ukuran

1080x1920 px, 720x1280 px

Ukuran File Maksimal

4 GB

Format Gambar

MOV atau MP4

Aspect Ratio

9:16

Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Story Instagram

1. Canva

aplikasi edit story instagram canva

Salah satu kelebihan dari Canva adalah memiliki template story dalam bentuk foto maupun video yang bisa digunakan secara gratis. Kamu tinggal menambahkan foto maupun video ke dalam template tersebut dan bisa menyimpannya ke memori internal.

2. Unfold

aplikasi edit instagram story unfold

Sama seperti Canva, Unfold juga menyediakan sekitar 400 lebih template story Instagram dalam bentuk foto yang bisa digunakan secara gratis. Kamu bisa melakukan editing mulai dari tipografi, warna, background dan lain sebagainya.

3. StoryArt

aplikasi edit instagram story art

Terakhir ada StoryArt yang memiliki fitur tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya. Setidaknya ada sekitar 3000 template yang bisa digunakan untuk membuat story Instagram, WhatsApp dan beberapa media sosial lainnya.

Setelah mengetahui rekomendasi ukuran story Instagram foto maupun video di atas, sekarang kamu bisa membuatnya tanpa takut terpotong. Terlebih dengan adanya aplikasi pembuat story yang mudah digunakan tadi, maka pembuatan story menjadi lebih praktis dan cepat.

game-Offline-Terbaik