Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

√ 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Cara Mendapatkan Uang Dari FacebookPerkembangan teknologi sudah sedemikian maju sekarang. Tidak heran digitalisasi sudah mencapai semua aspek kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya aspek pekerjaan.

cara mendapatkan uang dari facebook

Jika kita perhatian, WFH dan mencari uang lewat internet sedang booming sekarang. Selain karena skill yang mudah dipelajari, mencari uang lewat internet juga bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja.

Hampir semua media bisa digunakan untuk mencari uang, termasuk sosial media Facebook yang membuka peluang untuk mendapatkan cuan. Apa saja, sih, cara memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan uang darinya.

Berikut ulasan lengkapnya! 

10 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

1. Berjualan di Grup Facebook

Kalau untuk yang ini, tentu kamu sudah tahu, kan? Jamak ditemukan postingan orang jualan di Facebook . ini juga merupakan cara mendapatkan uang dari Facebook yang paling mudah dan paling banyak dilakukan.

Biasanya, yang paling sering digunakan adalah Grup Facebook. Biasanya, Grup Facebook yang paling sering digunakan untuk berjualan adalah grup dengan topik khusus dan grup atau forum yang memang khusus dibuat untuk jual beli.

Pastikan kamu memosting jualan di grup yang setopik atau niche yang sama. Jika ingin menjual ponsel, posting di grup yang aktif membahas ponsel. Jika ingin menjual makanan, posting di grup makanan seperti contoh di bawah ini:

cara mendapatkan uang dari facebook


Yang harus dilakukan adalah sabar. Berjualan online di Facebook memanng membutuhkan waktu. Tapi jika konsisten, kamu bisa mendapatkan fee yang cukup banyak, loh.

2. Manfaatkan Facebook Fanpage untuk Berjualan

cara mendapatkan uang dari facebook

Rasanya, jualan menjadi salah satu pemasukan cuan di Facebook yang paling besar. Jika sebelumnya kita menggunakan grup Facebook, kali ini kita akan menggunakan salah satu fitur lainnya, yakni Fanpage atau Halaman Facebook.

Kamu bisa membuat toko online dengan Fanpage, terutama jika kamu ingin terlihat lebih profesional dan trusted. Fanpage Facebook sendiri bisa dimanfaatkan untuk berpromosi dengan menggunakan iklan Facebook Ads.

Keuntungannya berjual di Facebook adalah kita bisa menjual barang kita sendiri atau bahkan menjadi reseller. Facebook Shop juga bisa dilakukan di Fanpage. Jadi, kapan mau mencoba cara mendapatkan uang dari Facebook dengan berjualan?

3. Memanfaatkan Fanpage Facebook untuk Menarik Trafik ke Website

Cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Fanpage. Ya, masih memanfaatkan Fanpage, kali ini bukan untuk jualan. Melainkan untuk meningkatkan traffic ke blog atau website pribadi kamu.

Terutama jika bisnis kamu sudah memiliki websitenya sendiri. Supaya trust pelanggan semakin besar. Sebagai contoh cara promosi menggunakan Fanpage Facebook adalah fp milik Niagahoster. Memang, sih, cara mendapatkan uang dari Facebook ini tidak secara langsung memberikan kamu cuan.

Tapi secara logika bisnis, semakin banyak trafik yang masuk ke situs kamu, maka brand awarness dalam produk yang kamu miliki akan semakin tinggi. To be honest, traffic ke blog pribadi juga bisa menghasilkan cuan dari adsense, kan?

4. Buat Grup Facebook

Ini juga bukan cara mendapatkan uang dari Facebook secara langsung. Maksudnya adalah kamu enggak akan langsung dapat cuan dari membuat grup Facebook ini. Tapi, mari kita buka logika baru yang masuk akal.

Kamu memiliki skill, kemampuan, atau bahkan bisnis sendiri dengan niche tertentu. Apa yang kamu butuhkan  agar semua itu menghasilkan cuan?

  • Promosi
  • Membentuk brand
  • Self branding

Dan Grup Facebook bisa membuat kamu mendapatkan itu semua. Cara yang harus kamu lakukan adalah:

Membuat grup dengan tema atau topik yang sesuai dengan skill, kemampuan, atau bahkan produk yang akan kamu jual/tawarkan tadi. Buat grup ini bukan untuk jualan, tapi seperti komunitas online tempat berdiskusi.

Kemudian berusahalah untuk selalu berinteraksi dengan para anggota sebagai pemilik grup. Tujuannya adalah agar grup yang kamu bangun selalu aktif dan algoritmanya naik dengan konten terkait. Jika forum aktif, biasanya orang-orang akan mulai percaya pada grup yang kamu kelola.

Tetapi tetap ingat, jangan biarkan ada topik yang melenceng. Nanti, di sela-sela memberikan tips atau menjawab pertanyaaan, kamu bisa coba menyarankan produk yang ada. Namun usahakan promosinya tidak terlalu sering, ya. Agar penghuni komunitas juga enggak merasa dijadikan target konsumen.

Sebagai contoh adalah grup Gak Gendut Lagi yang didirikan oleh 2 personal trainer yang aktof berbagi tips dan trik diet.

Contoh lain adalah grup Facebook Digital Painting: Tutorials & Feedback dimana pengarahan akhirnya ada pada les online mereka. Promosinya cakep, tetapi tetap berkelas dan bermanfaat. Plus, dapat cuan.

5. Membuat Facebook Ads

Cara mendapatkan uang dari Facebook yang satu ini bisa dibilang memerlukan modal tetapi perputaran cuannya cukup jelas. Pernah dengar jasa Facebook Ads yang biasa ada di situs-situs freelancer?

Jika 4 cara di atas biasanya enggak butuh modal, maka membuat Facebook Ads ini jelas membutuhkannya. Tapi biasanya modalnya enggak begitu banyak, tergantung dari jangkauan dan spesifik market yang diinginkan.

Berbeda dari tiga cara di atas, membuat Facebook Ads ini membutuhkan modal. Sebab, Facebook Ads merupakan iklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook. Namun modalnya tak banyak, kok. Mulai dari Rp 10.000,- Anda sudah bisa memasang iklan.

cara mendapatkan uang dari facebook

Facebook Ads juga berguna banget untuk mempromosikan produk. Jika kamu punya produk sendiri, silahkan mempromosikan produk sendiri. Sebaliknya, kamu bisa mulai membuka jasa Facebook ads dengan menentukan spesifikasi target iklan dengan uang jasa. Mudah, bukan?

6. Coba Monetisasi Fanpage Anda

Cara mendapatkan uang di Facebook selanjutnya adalah dengan melakukan monetisasi pada Fanpage Facebook.

Lah, memangnya bisa Fanpage Facebook dimonetisasi?

Bisa, kalau tau caranya. Pernah denger iklan In-Stream? Biasanya iklan ini merupakan video pendek yang bisa dimasukkan ke dalam konten kamu. Mirip-mirip iklan YouTube.

Look at this!

cara mendapatkan uang dari facebook

Kamu bisa banget memonetisasi Fanpage kamu asalkan konten yang kamu buat itu original. Tapi, tetap ada syarat untuk memonetnya.

  • Video harus original
  • Konten harus sesuai dengan topik fanpage
  • Fanpage harus memiliki paling tidak 10.000 pengikut dengan penayangan 30.000 dalam 60 hari terakbir.

Berikut contoh fanpage yang sudah dimonetisasi:


cara mendapatkan uang dari facebook

7. Menghubungkan Shopify ke Fanpage Facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya adalah menghubungkan Shopify ke FP Facebook.

Lah, apa hubungannya marketplace dengan cuan?

Gampang. Kalau kalian mau bikin toko online sekaligus mau menyasar target audiens dari Facebook, cara ini tak boleh dilewatkan. 

Menghubungkan Shopify Anda ke fanpage bisa memberikan banyak manfaat. Yakni:

  • Memanfaatkan Messenger untuk berkomunikasi dengan langsung ke konsumen
  • Bisa integrasi penuh dengan Facebook Mobile
  • Bisa membangun komunitas aktif di fanpage.

8. Mengelola Akun Facebook Orang Lain

Cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya adalah dengan melakukan pekerjaan mengelola Facebook orang lain. Istilah kerennya jadi admin. Kamu enggak perlu keahlian khusus macam Facebook Ads, FB Marketing, dan lain sebagainya.

Kamu hanya perlu belajar dan serius saja. Nama pekerjaan umumnya adalah Social Media Specialist dan termasuk pekerjaan yang bisa remote atau WFH, loh.

Kesimpulan

Ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook lain yang bisa kamu lakukan. Misalnya menjadi influencer atau membuka jastip, terutama ketika kamu berada di daerah lain atau lagi merantau. Buka jastip bisa jadi salah satu pemasukan sendiri, meskipun sebenernya cuannya musim-musiman.

Selain itu, cara mendapatkan uang dari Facebook seperti di atas memang gampang banget dilakukan. Tapi di sisi lain, ini butuh kesabaran ekstra karena kamu enggak langsung dapat cuan. Kalaupun dapet, enggak langsung banyak cuannya.

Jadi, siap untuk mencari uang dari Facebook?

game-Offline-Terbaik