Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggunakan Fitur Tersembunyi di Google Maps

fitur pada google maps

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Google Maps saat ini adalah merupakan aplikasi favorit yang banyak digunakan orang, dengan aplikasi yang satu ini kita bisa mencari lokasi dengan mudah, seperti mencari restauran terbaru dan terdekat, mencari pom bensin hingga menavigasi Kita ke suatu lokasi atau tempat tujuan melalui ponsel.

Selain fungsi utama sebagai alat navigasi, Google Maps juga memiliki segudang fitur lainnya, kali ini sabineblog akan memberikan tips menggunakan fitur yang tersembunyi pada Google Maps untuk Anda.

1. Timeline

fitur timeline pada google maps

Salah satu fitur yang cukup menarik tetapi diabaikan oleh banyak orang adalah Google Maps Timeline. Fitur ini bisa menunjukkan riwayat lokasi penggunanya, dengan syarat lokasi smartphone harus diaktifkan. Sehingga dengan fitur timeline ini dapat membantu pengguna untuk mengingat rute yang pernah dilalui atau dikunjungi.

Untuk membuka menu timeline ini, masuk kemenu profile kamu di Google Maps dan pilih timeline. Kamu bisa melihat riwayat perjalanan kamu dalam periode waktu tertentu. Google juga sudah menambahkan fitur baru yaitu insight didalam timeline Google Maps, sehingga pengguna bisa melihat tampilan visual tentang mode perjalanan dan jenis tempat yang sering Kamu kunjungi.

2. Sembunyikan Rumah Kamu

Ada satu cara hebat yang bisa Kamu lakukan untuk menjelajahi tempat baru dan asing secara virtual, yaitu melalui Google Maps Street View. Namun terkadang adakalanya seseorang tidak ingin lokasi tempat tinggalnya bisa terlihat didalam Google Street View, kabar baiknya Google Maps memberikan fitur kepada kita untuk menyembunyikan lokasi tempat tinggal supaya tidak terlihat di Google Street View.

Kamu bisa melakukannya dibagian Report Inappropriate Street View pada Google Maps. Lebih mudah bisa dilakukan pada Google Maps versi web dan hanya butuh beberapa menit saja. Yang perlu Kamu ketahui apabila Google sudah menerima permintaan Anda, maka hal ini akan dilakukan secara permanen.

3. Split Screen

fitur split screen pada google maps

Salah satu kelebihan samrtphone Android adalah kemampuannya untuk melakukan tampilan dengan mode split screen, mode split screen ini juga bisa kita terapkan saat membuka Google Maps. Namun mode tampilan split screen Google Maps ini akan terasa lebih maksimal dan optimal apabila dibuka pada layar PC, laptop atau layar lainnya yang lebih besar. Dengan hanya beberpa klik Kamu sudah bisa nmelihat detail alamat dan tampilannya jalannya hanya dalam satu layar saja.

4. Menyimpan Peta Secara Offline

fitur simpan offline pada google maps

Terkadang Anda mengunjungi tempat yang dimana lokasi tersebut tidak meiliki sinyal internet atau layanan Wifi yang baik. Tetapi Anda membutuhkan navigasi dari Google Maps dilokasi tersebut. Hal yang bisa Kamu lakukan adalah, cari lokasi tertentu tersebut yang dimana akan dibutuhkan Navigasi, lalu silahkan di unduh dan disimpan pada area tertentu. Ketika membutuhkan navigasi tersebut bisa dibuka tanpa harus terhubung ke Google Maps secara online.

5. Mencari Lokasi Vaksin Dengan Google Maps

mencari lokasi vaksin terdekat pada google maps

Ditengah pandemi Covid-19 salah satu cara pencegahan yang bisa Kita lakukan adalah dengan melakukan vaksin. Untuk bisa menemukan lokasi vaksin yang sudah terverifikasi mealalui Google Maps cukup ketikkan "vaksin di dekat saya" atau "vaccine near me" pada kolom pencarian Google Maps. Maka akan segera dimunculkan lokasi vaksin beserta informasi apakah bisa dilakukan vaksin secara walk-in ataukah harus melakukan janji terlebih dahulu.