Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merakit PC Gaming Low Budget Dengan Spek Kekinian Tahun 2021

Di Tahun 2021 untuk memiliki sebuah PC Gaming dengan Budget terbatas adalah sesuatu tantang tersendiri, dikarenakan adanya efek mining crypto yang menyebabkan beberpa komponen manjadi langka dan mahal dan juga karena kehadiran sistem operasi terbaru Windows 11.

tips merakit pc gaming dengan low budget

Namun bagi Kamu yang yang mengerti sebenarnya untuk merakit sebuah PC Gaming tidak terlalu sulit. Pada artikel kali ini KIta akan mencoba merakit sebuah PC Gaming dengan budget yang bersahabat, tetapi tetap menggunakan komponen yang terbaru dan tidak terlalu usang untuk beberapa tahun kedepan. Untuk sistem operasi sendiri Kita akan gunakan Windows 11, karena pertimbangan Windows 11 ini akan menjadi sistem operasi standart pada masa depan.

Disclaimer

  • Fokus pada tips merakit PC Gaming low budget ini adalah bagaimana Kita mengalokasikan dana untuk membangun sebuah PC Gaming dengan spek kekinian tetapi budget oriented.
  • Budget yang dipatok maksimum 6 jutaan
  • Harga masih fluktuatif, sehingga tidak terlalu mengikat
  • Yang dibangun hanya PC Komputer, tidak termasuk komponen lainnya seperti monitor, keyboiad, mouse, headset dll
  • Produk yang digunakan biasanya sudah tersedia di toko online atau marketplace
  • Hasil rakitan setidaknya masih tidak akan ketinggalan untuk beberapa tahun kedepan, baik digunakan untuk bermain gaming yang tidak terlalu menuntut maupun kebutuhan office

OK, Kalau Kamu sudah membaca dan mengerti dengan disclaimer diatas, sekarang Kita lanjut untuk merakit PC Gaming Low Budget. Penulis akan membahas komponen yang digunakan satu persatu sebagai gambaran PC yang akan dibangun tersebut.

Processor

tips merakit PC Gaming low budget

Merujuk harga processor dibulan Juli 2021 ini sedang tinggi-tingginya, untuk menggunakan processor AMD bukanlah sebuah pilihan untuk dikarenakan harganya sedang tinggi. Maka untuk processor jatuh pada pilihan processor Intel Gen-10 i3-10100F atau i3-10105F dengan harga pasaran dikisaran 1,5 juta.

Dengan 4 Core dan 8 Thread dan daya 65W, terbilang sudah cukup untuk digunakan sebagai standart dapur PC saat ini. Untuk performanya sendiri sudah baik dan bisa dilihat diberbagai review yang bisa dicari pada Youtube.

Motherboard

tipe merakit pc gaming low budget

Untuk motherbiard Kita tidak akan memilih harga yang tinggi, karena belum tentu akan melakukan upgrade komponen pada beberapa tahun kedepan. Untuk pilihan Motherbiard penulis merekomendasikan merk Asrock dan MSI, selain harganya terjangkau yang hanya dikisaran 1 jutaan tetapi memiliki kualitas yang mumpuni.

Kita tidak perlu membahas untuk performa VRM atau komponen lainnya dengan mendalam, karena yang sedang kita bangun PC Gaming low budget sehingga tidak akan relavan. Selain itu juga akan membuat Kamu menjadi galau yang sedang merakit PC Gaming ini.

RAM / Memory

tipe merakit pc gaming low budget

Untuk memilih komponen ini memang agak sedikit tricky, karena harus memperhatikan beberapa faktor seperti speed, latency dan kapasitas. Untuk rentang harganya tersendiri juga cukup bervariasi, dari mulai yang paling rendah sampai yang paling mahal. Sebaiknya Kamu mencari beberapa referensi terlebih dahulu sebelum membeli komponen ini, sehingga mendapatkan ahrga yang terbaik.

Penulis sarankan untuk membeli RAM dari brand yang sudah cukup dikenal seperti Team atau Avexir. Dengan budget 600 ribuan Kamu sudah bisa mendapatkan 1 kepinng RAM berkapasitas 8GB dengan speed 2400-2666MHz.

Atau apabila mau sedikit repot mencari dimarketplace langganan, Kamu bisa mendapatkan RAM Team 2x4GB 2400MHz dengan harga 400 ribu, dan RAM Team 2x8GB 2666MHz dengan harga 750 ribu saja.

Sedikit saran dari penulis, sebaiknya menghindari untuk memilih RAM dengan merk Kingston dan Hyper-X karena dipasaran banyak beredar barang palsu untuk kedua brand ini. Untuk mendeteksi sebuah RAM palsu alias fake Kamu bisa mengeceknya menggunakan aplikasi CPU-Z.

Power Supply

tips merakit pc gaming low budget

Salah satu komponen terpenting dari sebuah PC Komputer adalah Power Supply atau PSU, tanpa adanya PSU komputer hanya seperti seonngok besi yang tidak ada gunanya. Pemilihan PSU yang baik sangat penting untuk kelangsungan komponen komputer bisa bertahan lebih lama. Untuk memilih sebuah PSU berkualitas harus berbanding lurus dengan spesifikasi yang digunakan, karena akan terlihat mubazir apabila kita menggunakan PSU yang berkapasitas tinggi tetapi spesifikasi komputer yang digunakan hanya standart saja.

Beberapa brand untuk power supply atau PSU yang bisa Kamu pilih adalah Antec, FSP, DeepCool, Cooler Master, BeQuiet dan beberapa brand yang terkenal lainnya. Sebaiknya didalam emmilih sebuah Power Supply harus yang sudah bersertifikat 80+ supaya konsumsi daya yang diberikan cukup efisien.

Salah satu Power Supply yang sudah memiliki sertifikasi 80+ ini adalah merk Antec, selain sudah bersertifikasi PSU ini juga sudah menggunakan Japan Capacitor, sehingga menjadi lebih reliable.

Storage

tips merakit pc gaming low budget

Pemilihan komponen selanjutnya adalah storage. Untuk storage sendiri ada banyak bentuknya, bisa sebagai SSD, M.2 SATA, NVMe ataupun HDD itu semua tergantung dari preferensinya. Untuk penyimpanan sistem operasi dan aplikasi dijaman sekarang ini storage yang cocok digunakan adalah SSD, M.2 SATA maupun NVMe. Untuk penyimpanan games dan dokumen pengguna sendiri bisa menggukana storage HDD, sehingga hal ini bisa menekan budget yang akan dikeluarkan.

Untuk media penyimpanan Sistem Operasi dan apliaksi Kita akan menggunakan storage SSD, M.2 SATA atau NVMe dengan kapasitas 120-512 Gb (tergantung kebutuhan). Untuk harga bisa didapatkan direntang 200 ribu - 900 ribuan dengan merk Midasforce.

Selanjutnya untuk penyimpanan data kita pilih storage HDD dengan kapasitas 1-2TB, untuk harga pasarannya bisa didapatkan dikisaran 500 ribu hingga 800 ribuan.

Untuk storage sebuah PC Gaming memang idealnya menggunakan 1 SSD/M.2 SATA/NVMe dengan kapasitas 120-512 GB dan dikombinasikan dengan HDD berkapasitas tinggi.

Casing dan Fan

tips merakit pc gaming low budget

Untuk casing usahakan memilih lubang ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara yang berjalan cukup baik. Apabila casing yang minim lubang ventilasi akan membuat hawa panas terperangkap didalam casing, hal ini sangat tidak baik untuk komponen yang berada didalam casing tersebut.

Selain itu diusahakan untuk memilih casing yang memiliki minimal 4 slot untuk fan berukuran 12-14 cm.

Untuk harga sebuah casing dengan ventilasi udara yang cukup baik bisa Kamu dapatkan dikisaran harga 500 ribuan dengan merk Tecware. Selain tampilannya yang ciamik, casing ini juga akan memberikan hawa dingin pada PC gamingMu.

tips merakit pc gaming low budget

Untuk Fan nya penulis menyarankan untuk menggunakan merk Zalman, yang bsia didapatkan dengan harga 10 ribuan. Dengan harga segitu Fan Zalman ini sudah memberikan kualitas yang cukup baik dan kipas inipun tidak mengeluarkan suara yang berisik.

GPU

tips merakit pc gaming low budget

GPU yang akan Kita gunakan untuk PC Gaming low budget ini adalah GT 1030 2 GB DDR 5. Sepertinya penulis tidak salah untuk merekomendasikan GPU ini, karena harganya yang masih stabil di 1,3 jutaan dan memiliki garansi selama 3 tahun.

GPU ini diperlukan agar supaya komputer bisa digunakan, dikarenakan processor yang digunakan untuk build ini tidak memiliki integrated.

Untuk melihat review dari performa GPU ini bisa Kamu cari di Youtube, dengan konsumsi daya 30W, sepertinya GPU ini merupakan pilihan yang cukup solid.

Kesimpulan

Demikianlah tips membangun PC Gaming dengan low budget. Setidaknya spesifikasi yang diberikan ini akan mencukupi keseharian Kamu untuk bermain game dan pekerjaan Office.

Dengan spesifikasi ini pula Kamu sduah bisa menggunakan PC ini sebagai editing Video dengan resolusi hingga 1080P.