Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB

Ketika laptop atau perangkat komputer yang kamu gunakan tidak memiliki daya akses yang cukup untuk mengimbangi kinerja kamu, kamu bisa melakukan upgrade. Setiap jenis laptop atau komputer biasanya memang memiliki kapasitas maksimal upgrade. Cara menambah ram laptop 2GB menjadi 4GB bisa kamu lakukan dengan mudah perangkat laptop dengan minimal core 2.


Proses dan langkah-langkahnya bisa kamu lihat pada langkah-langkah yang saya tuliskan di bawah pada artikel ini. Silahkan simak penjelasannya dengan baik.

Apa itu RAM?

RAM merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory, yaitu merupakan sebuah komponen pada komputer yang bertugas untuk menyimpan dan memproses data yang masuk agar bisa diakses oleh CPU. RAM memiliki kemampuan untuk dapat meningkatkan kecepatan proses dan transfer data pada sebuah komputer.

RAM menyediakan ruangan penyimpanan sementara yang akan jauh lebih mudah dijangkau atau di proses oleh CPU sehingga kinerja komputer akan lebih ringan, karena data akses mereka tersimpan sementara di RAM.

Itulah alasannya kenapa semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin bagus kinerja perangkat komputer. Karena mereka ini memiliki kemampuan saving data yang jauh lebih besar. Sehingga akses sebanyak apapun akan mampu ditampung oleh RAM.

Jenis-Jenis RAM

Dilihat dari jenisnya, ada beberapa jenis RAM yang bisa kita gunakan untuk membuat kinerja laptop kita jauh lebih baik dan lebih enak digunakan. Adapun beberapa jenis RAM yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan di antaranya adalah:

1. SD RAM

2. Dinamic RAM

3. DDR RAM

4. RD RAM

5. SRAM

6. EDORAM

Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB

Perlu diketahui bahwa menambah RAM dari 2GB ke 4GB itu beda dengan mengganti RAM. Kamu hanya bisa menambah RAM dengan menggunakan perangkat pihak ketiga. Dalam hal ini saya akan gunakan flashdisk untuk menambah kapasitas RAM laptop saya. Jadi jika kamu ingin ikuti tutorial ini, silahkan kamu siapkan dulu flashdisknya.

Jika semuanya sudah siap, silahkan kamu ikuti langkah-langkah upgrade RAM dari 2GB ke 4GB melalui langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan flashdisk yang akan kamu gunakan untuk menambah RAM laptop kamu dari 2GB ke 4GB

2. Pastikan flashdisk yang kamu gunakan ini bisa bekerja dengan normal dan berkualitas bagus

3. Kemudian kamu hubungkan flashdisk ke PC

4. Buka Windows Explorer

5. Kemudian akan muncul beragam jenis menu di sana

6. Silahkan kamu klik kanan pada device flashdisk

7. Pilih dan klik properties

8. Klik readyboost

9. Kemudian pilih lagi use device

10. Silahkan kamu atur kapasitas flashdisk yang akan kamu gunakan sebagai RAM

11. Klik Apply

12. Lalu klik OK

13. Selesai

Dampak Menambah RAM Laptop

Ketika kamu tambahkan RAM pada laptop atau PC yang kamu gunakan, dampak positif yang akan kamu dapatkan adalah akselerasi laptop yang akan meningkat dengan sangat baik. Namun dibalik itu semua, ada dampak negatif yang akan membahayakan laptop juga lho. Beberapa dampak negatif dari penambahan RAM ini di antaranya:

1. Dapat merusak hardisk ataupun hardware lain jika mengganti RAM berbeda jenis

2. Dapat merusak RAM lainnya yang tidak bekerja dengan seimbang

3. Merusak banyak komponen laptop lainnya

4. Menghamburkan biaya yang lebih tinggi karena harus gonta-ganti RAM

5. Laptop akan sering mengalami eror

Nah itulah beberapa langkah cara menambah ram laptop 2GB menjadi 4GB dengan menggunakan flashdisk. Pertimbangkan terlebih dahulu risikonya ketika kamu akan gunakan cara ini.