Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ngecas Hp Baru Samsung, Iphone & Xiaomi yang Benar

Cara ngecas HP baru ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan lho. HP atau ponsel baru, merek Samsung, iPhone, Xiaomi, Oppo ataupun mereka lainnya harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Baterai pada ponsel baru tidak beroperasi secara optimasl layaknya baterai ponsel yang sudah sering digunakan.


Seringnya terjadi kerusakan pada ponsel yang masih baru, berawal dari proses charging yang kurang baik. Lantas bagaimana cara ngecas HP baru yang baik dan benar agar tidak terjadi masalah pada ponsel?

1. Cas Dalam Sambil Dinyalakan

Banyak orang yang salah kaprah bahwa ketika melakukan charging HP baru harus dimatikan. Padahal ini salah lho ternyata. HP harus di matikan ketika dicharger adalah HP yang sudah digunakan beberapa kali. Jika kamu pertama punya HP yang baru kamu beli, maka sebelum digunakan harus kamu charge dulu.

Namun, jangan di matikan. Kamu harus menyalakan HP ketika kamu charge. Namun, jangan sambil kamu gunakan. Kamu nyalakan HP tersebut dan biarkan beberapa jam sampai terisi penuh. Pastikan baterai masuk dengan sempurna.

2.Cas Selama 3-4 Jam

Charge HP baru baik Samsung, iPhone dan Xiaomi atau bahkan mereka HP lainnya ketika masih baru maka charge selama 3 hingga 4 jam saja. Ini merupakan salah satu standar charging baterai ponsel baru. Ponsel yang masih baru kemungkinan akan mengalami penyusutan baterai karena aktivitas penggunaan ponsel.

Untuk memastikan bahwa baterai HP siap digunakan, maka charge dalam waktu 3 jam minimal dan maksimal 4 jam. Lakukan dengan baik dan pastikan waktunya memang sesuai. Tapi bagaimana jika sebelum 4 jam sudah penuh? Jika keadaannya memang demikian, maka sebaiknya jangan diteruskan di charge. Kamu bisa langsung gunakan ponsel kamu ketika sudah penuh.

3. Gunakan Charger Original

Charger memiliki peran penting dalam mendukung kekuatan baterai. Baik ponsel baru ataupun lama, jangan sampai kamu gunakan yang tidak original. Selain sistem kerja yang tidak sesuai dengan versi standar ponselnya juga kapasitasnya tidak akan sama dengan standar baterai ponsel asli.

Charger original bawaan ponsel sudah memiliki standar penggunaan baterai ponsel tersebut. Inilah alasannya kenapa kamu harus menggunakan charger yang memang asli dan original. Ponsel baru yang di charge dengan charger palsu atau bukan bawaan ponsel akan membuat baterai HP kamu tidak akan bekerja sesuai dengan sistemnya.

4. Jangan Sambil Digunakan

Pastikan juga, ketika kamu melakukan charging ponsel baru jangan sambil gunakan. Biarkanlah sampai ponsel baru tersebut di charge hingga penuh sesuai dengan waktu charge yang disebutkan di atas. HP baru yang sedang di charge tidak boleh digunakan karena akan mengganggu sistem charging ponsel tersebut.

Jika HP yang sedang di charge digunakan, maka baterai yang masuk tidak akan normal. Bukan hanya ponsel baru, ponsel lama jika di charge sambil digunakan maka dapat mempercepat kerusakan pada baterai ponsel. Hal ini karena daya baterai yang seharusnya disimpan pada daya baterai ini akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan daya pakai. Hal ini akan membuat arus charging jadi tidak normal. Alhasil, baterai akan mengalami kerusakan.

Nah sampai di sini, kamu mungkin sudah paham bagaimana cara ngecas HP baru yang benar. Awal jangan salah charge jika kamu tidak ingin ponsel baru mengalami kerusakan sebelum kamu gunakan.