Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna Zoom Gratisan Sudah Bisa Menggunakan Fitur Caption Otomatis

cara mengaktifkan fitur caption otomatis di zoom

Sabineblog.com -Sebenarnya pada awalnya, fitur transkripsi instant pada layanan video confrence zoom hanya diperuntukkan bagi pelanggan berbayar saja.

Tetapi mulai pertanggal 25/10/2021 fitur tersebut sudah bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi zoom, baik yang berbayar maupun gratisan.

Fitur transkripsi instant adalah merupakan fitur yang menampilakn skrip text yang membantu semua pemakai aplikasi zoom bisa lebih mengerti isi pembicaraan, ketika meet sedang berlangsung.

Theresia Larkin, Product Marketing manager Zoom mengatakan bahwa fitur ini sebenarnya berguna untuk mempermudah para penyandang disasbilitas untuk lebih mudah mengoperasikan aplikasi zoom ketika rapat sedang berlangsung.

"Tanpa adanya bantuan tools aksesibilitas yang tepat, para penyandang disabilitas akan mengalami kesulitan pada saat sedang melakukan video call" ujar Theresa.

Untuk sementara fitur ini baru tersedia untuk mengubah suara atau audio berbahasa inggris.

Suara percakapan dalam bahasa inggris akan muncul dalam bentuk text di layar, sama seperti subtitle sebuah film.

Rencana kedepannya, pihak zoom juga ingin menambah keberbagai bahasa lainnya, tidak hanya bahasa Inggris saja. Namun belum ada waktu yang jelas kapan dukungan untuk bahasa lainnya di wujudkan.

Sebelum adanya fitur transkrip instant ini, para pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menambahkan teks secara manual kedalamnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Transkripsi Instant di Zoom

Untuk mengaktifkan fitur transkripsi instant pada aplikasi zoom, terlebih dahulu Kamu harus login kedalam situs web Zoom melalui url berikut https://zoom.us/signin, kemudian login menggunakan akun zoom.
mengaktifkan fitur caption otomatis di zoom



Setelah berhasil "Login", klik pada opsi "Settings" pada menu navigasi. Kemdian klik tab "Meeting", selanjutnya pilih menu "In Meeting (Advanced)".

cara mengaktifkan fitur caption otomatis zoom

Scroll sampai bawah hingga menemukan toggle "Close Captioning". Untuk mengaktifkannya Kamu cukup menggeser toggle "Close Captioning" ke kanan hingga berubah menjadi warna biru, lalu klik tombol "enable".