Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Laptop Gaming Dari Lenovo, Legion 5 Pro

Sabineblog.com - Lenovo Legion 5 Pro hadir dengan layar16 inch dengan kombinasi prosessor AMD dan GPU Nvidia.

review dan lenovo legion 5 pro

Tidak jauh beda dengan laptop gaming Lenovo lainnya, desainnya terlihat kalem. Tidak seperti laptop gaming keluaran produsen lainnya, yang biasanya tampil dengan desain ngejreng. Kamu penasaran dengan performa dari Laptop yang dibandrol dengan harga sekitar 25 juta ini? simak ulasannya dibawah ini.

Desain Lenovo Legion 5 Pro

desain laptop lenovo legion 5 pro

Lenovo tetap mempertahankan desain yang kalem dan elegan di Laptop gaming terbarunya ini. Bodinya terasa cukup besar, hal ini wajar karena layar yang digunakan memang cukup besar, yaitu 16 inch.

Tetapi karena bezel layarnya yang terbilang cukup tipis, Lenovo Legion 5 Pro ini tetap tidak berbeda jauh dengan laptop 15 inch. Bobotnya pun hanya 2,45 Kg. Untuk laptop sekelasnya, bobot segini bisa dibilang cukup ringan. 

Lenovo juga tetap mempertahankan penempatan portnya menjadi tiga posisi, yaitu pada bagian kiri dan kanan, serta dibagian belakang. Port yang berada diposisi belakang diperuntukkan untuk port yang memiliki colokan besar, seperti charger dan port HDMI. Walaupun ada juga port USB-C yang diperuntukkan output ke DisplayPort 1.4.

Layar Lenovo Legion 5 Pro

layar laptop lenovo legion 5 pro


Salah satu hal yang menarik dari Laptop ini adalah perbandingan rasio layarnya 16:10, bukan 16:9 seperti kebanyakan laptop pada umumnya. Layar menggunakan panel IPS dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Untuk refresh rate maksimalnya 165 Hz dan tingkat kecerahan max 500nits.

Layarnya tidak hanya menyenagkan untuk bermain game, tetapi juga buat menonton film atau mengolah foto, karena akurasi warnanya yang cukup baik.

Karena menggunakan rasio 16:10, Lenovo Legion 5 Pro ini juga enak untuk dipakai bekerja (mengetik dan browsing). Resolusi vertikalnya cukup tinggi, sehingga lebih banyak dokumen dan halaman web yang bisa ditampilkan.

Untuk layar laptop ini juga sebenarnya sudah menggunakan standar yang komplit, diantaranya adalah Dolby Vision, HDR 400, Free Sync dan juga G-Sync. Cakupan warna sRGBnya 100% dan Lenovo Legion 5 Pro layarnya sudah dikalibrasi dengan standar X-Rite dari Pantone.

Keyboard Lenovo Legion 5 Pro

keyboard lenovo legion 5 pro


Untuk urusan keyboard, Lenovo Legion 5 Pro menggunakan keyboard Lenovo TrueStrike. Memang untuk bentuk tutsnya agak mirip dengan keyboard yang digunakan di seri Thinkpad, sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game ataupun mengetik. Telah dilengkapi juga dengan backlit RGB, yang warna dan tingkat kecerahannya bisa diatur sesuai selera pengguna.

Keyboardnya sudah dilengkapi dengan tombol numpad pada bagian kanan, hal ini membuat posisi keyboard "normal" nya menjadi tergusur kebagian kiri, termasuk dengan touchpad nya yang bergeser sejajar dengan space bar.

Untuk masalah keyboard sebenarnya tergantung kepada selera setiao orang, tetapi kalau dilihat posisi touchpadnya lebih condong kekanan, sepertinnya keyboard ini hanya nyaman untuk bermain game, tetapi tidak untuk mengetik.

Performa Lenovo Legion 5 Pro

Performa laptop lenovo legion 5 pro


Perlu diacungi jempol, kombinasi antara Ryzen 7 5800H dengan RTX 3070 yang dipakai menghasilkan performa yang sangat kencang pada unit pengujian. 

Hampir semua game yang diujicobakan pada laptop ini bisa dilibas dengan frame rate yang mencukupi. Semua berada pada pengaturan resolusi maksimal dan hampir selalu rata kanan.

Sedangkan untuk game kompetitif seperti CS:GO dengan refesh rate 165 Hz ini bisa dimaksimalkan guna mencapai frame rate 165fps.

Seperti halnya semua laptop gaming yang kencang, suara kipasnya akan sedikit lebih berisik. Hal ini karena panas yang dihasilkan antara kombinasi CPU dan GPU yang dihasilkan harus dibuang keluar.

Untuk suhu pada bagian atas keyboard cukup terjaga, terutama pada tombol key WASD yang merupakan tombol utama untuk bermain game.

Untuk performa Laptop Lenovo Legion 5 Pro cukup stabil, karena pembuangan panas Legion Coldfront 3.0 yang bekerja cukup baik.