Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tampilan Fitur Baru Spotify , Adaptasi Dari TikTok

Fitur baru spotify

Sabineblog.com - Beberapa bulan belakangan ini kita sering melihat aplikasi sosial media yang menghadirkan fitur baru berupa video vertical layaknya TikTok. Seperti Reels pada Instagram, Shorts pada YouTube, Snapchat dengan Spotlight, serta Pinterest dengan Idea Pins dan juga Spotify.

Bahkan Spotify telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan mencoba sebuah fitur baru dalam aplikasi yang disebut sebagai Discover yang terdapat dalam sistem operasi iOS. Discover ini memungkinkan pengguna untuk menggeser ke atas di antara antarmuka.

Selain itu, Discover ini juga akan menampilkan video musik secara vertikal layaknya TikTok. Pengguna dapat menggeser semua video musik yang ada atau menyukainya atau mungkin melewatinya. Untuk pengguna yang memiliki akses ke fitur ini, bisa menemukan fitur Discover yang berada di tab keempat, di bagian bar navigasi yang ada di bawah aplikasi Spotify, tepatnya di antara tombol home dan search.

Fitur Discover Pertama kali Diumumkan oleh Chris Messina

Fitur Discovery yang menjadi fitur baru Spotify ini pertama kali diumumkan oleh Chris Messina, dimana ia adalah seorang penggiat media sosial. Chris Messina mendeskripsikan fitur Discover sebagai versi cuplikan dari sebuah video musik yang dikemas seperti gaya video yang ada pada TikTok.

Messina pertama kali menemukan fitur Discover di Spotify TestFlight build (versi beta dari iOS). Dimana ada sebuah ikon baru di tombol navigasi yang akan membawa pengguna ke feed video ketika diketikkan.

Pengguna Spotify dapat menggulirkan layar ke atas maupun ke bawah dengan mudah seperti di aplikasi TikTok. Tak hanya itu, mereka juga bisa mengetuk tanda hati untuk menyukai lagu tersebut. Kemudian, terdapat pula tombol titik tiga untuk melihat informasi seputar lagu tersebut.

Video musik kabarnya akan dikemas dalam video Canvas

Mengenai bentuk video klipnya, pihak Spotify belum mengkonfirmasi seperti apakah bentuk videonya. Namun, menurut video yang dibagikan Chris Messina melalui Twitternya, format video klip pendek tersebut menggunakan format video Canvas.

Canvas adalah sebuah fitur yang diluncurkan Spotify di tahun 2019. Dimana ini merupakan sebuah fitur di mana para artis memainkan video mereka bersamaan dengan musik yang diputar di Spotify. Canvas hadir untuk memenuhi metrik engagement yang diinginkan oleh pihak Spotify, yakni jumlah orang yang streaming lagu, membagikan sebuah lagu atau menyimpan lagu ketika mereka melihat Canvas.

Diluncurkan pada 2 tahun lalu, Fitur Canvas telah menerima banyak ulasan dari pengguna. Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka hanya melihat gambar statis saat sedang mendengarkan lagu dan melihat gambar yang berulang kali bergerak secara mengganggu. Namun sebagian pengguna lain menyukai fitur ini.

Fitur Video Vertikal yang Semakin Familiar

fitur video vertical semakin populer

Saat Ini, format video vertikal TikTok telah diadopsi oleh beberapa media sosial, seperti Reels (Instagram), Shorts (YouTube), dan Idea Pins (Pinterest). Ini membuktikan bahwa format seperti ini adalah format yang ideal untuk melihat konten. Netflix rencananya juga akan meluncurkan fitur serupa, yakni Fast Laugh.

Dilansir dari TechCrunch, pihak Spotify mengungkapkan bahwa mereka selalu mengadakan uji coba rutin untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Menurut pihak Spotify, beberapa sesi uji coba dapat mengembangkan jalan untuk pengalaman pengguna yang luas dan sebagian lain bisa dianggap sebagai pembelajaran.

Namun, hingga saat ini belum ada perkembangan lebih jauh mengenai fitur baru Spotify tersebut. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu setuju dengan adanya fitur Discover di Spotify atau nggak setuju nih?