Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbisnis Buah-Buahan Laris Manis! (Management Stock Dengan Mesin Kasir Online)

jual buah dengan mesin kasir online

Selain sayuran, buah-buahan menjadi bisnis yang memiliki peluang untung cukup besar. Hanya saja banyak yang takut untuk memulai usaha buah karena produknya yang mudah busuk. Belum lagi beberapa jenis buah memiliki harga dasar cukup mahal.

Mengatasi tantangan dari berbisnis buah demi mendapatkan keuntungan pada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari manajemen transaksi sampai stok yang memanfaatkan mesin kasir terhubung secara online sampai dengan penyimpanan yang tepat.

Seperti apakah Anda bisa meraih keuntungan dalam bisnis buah? Cek langsung rahasia suksesnya berikut ini.

7 Tips Sukses Membangun Bisnis Buah-Buahan

Selama Anda percaya diri dan menerapkan strategi yang tepat, bisnis buah bisa laku keras dan memberi keuntungan besar. Buah menjadi salah satu jenis makanan yang dibutuhkan manusia untuk memberikan nutrisi berupa vitamin.

Banyak orang yang ingin mengunjungi orang sakit memberikan buah. Belum lagi dalam keluarga buah juga menjadi makanan sehari-hari yang dibutuhkan. Berbekal hal inilah Anda bisa mengembangkan usaha buah dengan lebih mudah.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya usaha akhirnya berhasil dan Anda terhindar dari kerugian. Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Pastikan Mendapatkan Produk dari Produsen Langsung

Demi mendapatkan keuntungan lebih besar Anda perlu mencari pemasok buah langsung dari produsennya. Jika Anda menghubungi supplier atau distributor, maka harga akan jauh lebih mahal.

Caranya adalah dengan mencari petani buah langsung dan membuat perjanjian dagang yang menguntungkan. Pilih produsen yang terpercaya untuk menjadi pemasok tetap agar usaha berjalan dengan lancar.

  1. Variasikan Buah yang Dijual

Sama seperti pedagang sayuran, Anda juga perlu memvariasikan jenis buah-buahan. Semakin banyak variasinya, konsumen lebih mudah untuk memilihnya. Variasi buah ini juga bisa disesuaikan dengan minat pembeli di daerah tersebut.

Misalnya banyak yang lebih suka buah lokal seperti jeruk, mangga, pisang, semangka, dll. Maka sediakan buah tersebut yang harganya terjangkau. Jika belum banyak pasar yang suka buah impor seperti lemon, kiwi atau anggur, Anda bisa mengurangi porsinya.

  1. Lokasi Berjualan yang Strategis

Usaha selalu diikuti dengan tempat yang strategis untuk berjualan. Selama Anda memperoleh lokasi yang ramai dikunjungi setiap saat tentu akan menguntungkan. Biasanya lokasinya ada di pinggir jalan besar dan banyak pemukiman penduduk.

Berjualan di lokasi perkantoran atau kampus biasanya memiliki keuntungan yang tidak terlalu tinggi. Pastikan juga bahwa lokasi usaha Anda mudah untuk ditemukan.

  1. Tak Lupa Memanfaatkan Media Online dan Delivery

Di masa pandemi ini Anda tidak cukup hanya mengandalkan usaha dari segi lokasi saja. Supaya bisa menjaring konsumen yang lokasinya jauh Anda membutuhkan media online dan juga menciptakan layanan delivery.

Kedua hal ini cukup membantu untuk meningkatkan omset setiap harinya. Anda juga bisa lebih kreatif untuk memberikan kemasan produk dalam bentuk hampers. Selain itu kenakan tarif delivery yang normal atau lebih murah agar orang tidak ragu membeli.

  1. Pastikan Buah selalu Segar

Penting sekali untuk mempelajari jenis buah serta cara penyimpanannya. Dengan begitu kualitas buah akan lebih terjamin dan selalu segar. Konsumen hanya akan tertarik untuk membeli buah segar yang tampak baru.

Meskipun harganya sedikit mahal karena kualitasnya yang bagus tentu tidak banyak yang ragu untuk membeli. Oleh karena itu setiap buah segar harus di display dengan rapi dan juga menarik.

  1. Buka Usaha Jus atau Sup Buah

Bagaimana cara mengolah buah yang sudah terlalu matang? Supaya buah tidak banyak terbuang, Anda juga bisa membuka usaha jus dan juga sup buah. Langkah ini sangat penting untuk meminimalisir produk terbuang dan Anda tetap meraih untung.

Hal yang tampak sepele ini ternyata juga sudah diterapkan oleh beberapa supermarket agar modal setidaknya kembali. Jadi selain mempelajari penyimpanan agar buah bertahan lama Anda juga memiliki peluang keuntungan dari jus.

  1. Manajemen Stok dengan Mesin Kasir

Variasi buah yang cukup banyak membuat Anda harus lebih teliti dalam hal stok. Jangan sampai stok buah habis atau Anda lupa untuk mengolahnya untuk menjadi jus atau sup buah.

Manajemen yang baik soal stok ini bisa Anda dapatkan dari aplikasi kasir Majoo. Selain transaksi yang tercatat dengan rapi lengkap bersama laporan, Anda juga mudah dalam mengelola stok buah.

Pastikan Anda menggunakan Majoo untuk mempermudah pengelolaan usaha buah sekaligus mengembangkannya di masa depan.