Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Di Skip! Ini Cara Atasi Suara Telepon WhatsApp Tiba-Tiba Hilang

Sabineblog.com - Sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik, bukan berarti WhatsApp tidak pernah mengalami trouble. Beberapa pengguna bahkan mengeluhkan suara telepon WA tiba-tiba hilang dengan alasan tak jelas.

cara mengatasi suara whatsapp yang tiba tiba hilang

Masalah ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti rusak pada bagian mikrofon ataupun koneksi buruk. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa hal dibawah ini keikan suara telepon WA kamu tiba-tiba hilang.

Restart Ponsel

Hilangnya suara telepon pada WA bisa diakali dengan cara merestart ponsel. Kamu bisa melakukan secara otomatis atau dengan cara manual. Jika menggunakan cara manual matikan Hp dan tunggu 10 hingga 20 menit lalu hidupkan kembali.

Cek Koneksi Internet

Diatas sudah dijelaskan bahwa penyebab hilangnya suara pada WA bisa disebabkan karena koneksi internet hilang. Jika kamu pengguna WIFI, maka bisa matikan koneksi WIFI lalu hidupkan kembali.

Matikan Koneksi bluetooth

Bluetooth rupanya juga bisa menjadi penyebab dari hilangnya suara pada telepon WhatsApp. Terlebih jika sebelumnya kamu menggunakan bluetooth untuk menyambungkan ke speaker bluetooth dan earphone nirkabel. Jika ini adalah penyebabnya, maka kamu bisa menonaktifkan koneksi bluetooth pada ponsel.

Atur App Permission WhatsApp

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur ulang App Permission WhatsApp pada panggilan WA. Cara ini bisa dilakukan dengan cek ulang apakah ponsel kamu telah mengizinkan akses untuk aktifkan mikrofon serta izin lain yang terkait dengan panggilan WhatsApp.

Bersihkan Chace

Penyebab tidak adanya suara pada panggilan WA bisa disebabkan karena penuhnya cache pada ponsel. Jika ini masalahnya, kamu bisa menghapus cache akan WA kembali normal.

Kamu bisa masuk ke menu Setting>Apps and Notification>WhatsApp>Storage Used>Clear Cache. Meski harus menghapus cache, namun cara ini tidak akan membuat adat apau file dalam ponsel kamu hilang.

Nah, jika daris emua cara diatas tidak ada yang behsuil maka cara punhsalas ayang bisa kamu lakukan adalah memperbaharui Whatsapp. Cara ini bisa kamu lakukan dengan uninstall WA lalu instal kembali. Namun sebelum itu pastikan bahwa semua kontak, file dan chat kamu sudah dicadangkan.