Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal "Take a Break" Fitur Baru Dari Instagram, Solusi Istirahat Medsos

Sabineblog.com - Platform media sosial Instagram akhirnya resmi merilis fitur baru yang diberi nama 'Take a Break'. Fitur ini dapat digunakan sebagai pengingat agar pengguna bisa beristirahat dan tidak terlalu lama bermain ataupun scroll Instagram.

fitur baru instagram take a break

Untuk pengguna yang mau menggunakan fitur ini dapat mengaktifkannya melalui menu Setting pada aplikasi Instagram. Setelah itu, pengguna dapat mengatur sendiri kapan waktu istirahat menggunakan Instagram apakah setelah 10 menit, 20 menit atau 30 menit penggunaan. Selama masa istirahat pengguna dapat melakukan aktivitas lain seperti mendengarkan musik, meditasi, melanjutkan pekerjaan utama dan lain sebagainya.

Untuk pengguna di kalangan anak remaja Instagram bakal memunculkan notifikasi yang akan mengingatkan mereka akan fitur baru ini. Sehingga diharapkan kedepannya fitur Take a Break ini benar-benar dapat mengurangi kecanduan pengguna khususnya anak remaja terhadap segala aktivitas di Instagram.

Fitur ini sendiri memang belum disebarkan secara merata ke seluruh penjuru dunia. Tercatat baru AS, Kanada, Australia dan Inggris yang dapat mengakses fitur ini. Namun kabarnya fitur tersebut akan segera dapat diakses oleh semua pengguna Instagram di seluruh dunia mulai awal tahun 2022.

Instagram Juga Merilis Fitur Keamanan Lain

Selain Take a Break, Instagram rupanya juga merilis fitur keamanan yang khusus untuk pengguna yang masih remaja. Salah satu fitur tersebut memunhgkinkan orang tua mengawasi aktivitas dna akun Instagram anak mereka.

Dengan menggunakan fitur ini orang tua bisa mengetahui sejauh mana mereka menggunakan Instagram. Tak hanya itu, anak juga dapat memberi tahu kepada orang tua mereka terkait akun yang akan di report.

Saat ini Instagram juga tengah melakukan uji coba terkait fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengontrol akun prinasinya. Dimana nantinya para pengguna dapat menghapus foto maupun video yang pernah dan juga komen atau like yang sebelumnya pernah diunggah.

Bahkan mulai tahun 2022 semua pengguna Instagram khususnya remaja dapat memblokir akun orang dewasa yang me-mention atau men-tag akun mereka. Instagram juga akan semakin memperketat terkait konten sensitif yang bisa saja dilihat oleh anak remaja.