Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Teknologi Digital yang Tengah Booming Di Tahun 2021

Teknologi digital yang booming tahun 2021

Sabineblog.com - Dari tahun ke tahun kebutuhan manusia akan teknologi digital kian tinggi. Terlebih saat ini banyak sekali aspek kehidupan yang membutuhkan campur tangan teknologi digital seperti media sosial, teleconference, pendidikan, marketplace, penyimpanan database dll.

Hal ini juga yang menjadi pemicu munculnya trend baru dalam teknologi digital yang memudahkan aktivitas dan kegiatan manusia. Tak hanya itu, tred ini juga dapat menjadi peluang munculnya inovasi baru yang akhirnya membawa dampak positif bagi manusia. Berikut adalah beberapa jenis teknologi digital yang menjadi trend di tahun 2021 ini:

E-Money

toknologi digital e-money

Sebagian dari Anda pasti sudah sering mendengar istilah ini atau mungkin menjadi salah satu penggunanya. Yups, e-money kini menjadi salah satu alat transaksi digital modern yang praktis dan fleksibel.

European Central Bank mengatakan e-money adalah sebuah value (dalam hal ini adalah uang) yang tersimpan secara elektronik. Dimana konsepnya dapat berupa hardware (berupa chip atau kartu) ataupun software layaknya Gopay, OVO dll. Teknologi ini juga dirasa lebih aman untuk pengguna karena kita tak perlu membawa banyak uang sehingga terhindar dari tindak kejahatan.

Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT)

Secara ringkas, IoT adalah interkoneksi sebuah objek dengan jaringan internet sehingga dapat dikendalikan atau dipantau jarak jauh lewat koneksi internet. Teknologi ini mungkin akan membuat aktivitas manusia jauh lebih cepat dan praktis. Di masa depan, hal kecil seperti menyalakan AC bisa dilakukan lewat ponsel. Atau bahkan mengendarai mobil poun tanpa harus menggunakan driver melainkan dilakukan secara otomatis lewat GPS dan koneksi internet.

Artificial Intelligence

Artificial intelligence adalah kemampuan dari sebuah mesin komputer yang dapat mereplikasi logika serta cara berpikir manusia. Seiring dengan perkembangan jaman, konsep ini sudah menguasai hampir seluruh kehidupan dan aktivitas manusia. Contohnya seperti gadget, kendaraan hingga industri elektronik. Singkatnya. Artificial Intelligence atau AL ini telah mengubah tatanan kehidupan manusia jauh lebih praktis mudah dan cepat.

Virtual Reality & Augmented Reality

teknologi digital virtual reality

VR and AR adalah sebuah simulasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan keadaan atau situasi dalam sebuah program komputer. Tak hanya dimanjakan secara visual, teknologi ini juga telah dikembangkan dengan tambahan audio, sentuhan hingga indera penciuman.

Dalam dunia entertainment, trend penggunaan VR dan AR kini juga semakin meningkat dari tahun ketahun. Seperti virtual tour, video game hingga simulasi dalam dunia IPTEK. Bahkan saat ini penggunaan VR and AR juga telah menjalar ke sektor pendidikan, pelatihan, terapi kejiwaan dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman linchpinseo.co, di tahun 2018 penjualan terkait produk VR and AR telah tembus hingga 8,9 juta pengguna. Sedangkan jika dilihat dari perkembangannya dari tahun ke tahun, penjualan produk ini mungkin akan bertamangan hingga 65,9 juta di tahun 2022.

Teknologi Wireless

teknologi wireless

Ini merupakan teknologi digital yang tak perlu tambahan kabel untuk transmisi data. Teknologi ini sendiri sebennray sudah lama digunakan di beberapa jenis alat elektronik seperti TV, radio, internet serta bluetooth.

Teknologi wireless kini juga semakin berkembang dengan adanya ponsel pintar yang membuat segala aktifitas menjadi jauh lebih mudah. Bahkan baru-baru ini juga telah berkembang teknologi wireless baru berupa wifi plus jaringan 5G yang digunakan pada smartphone.

Itulah 6 jenis teknologi digital yang tengah menjadi tren di tahun 2021 ini. Dari keenam jenis yang disebutkan diatas mana yang paling bisa diandalkan menurut Anda?