Cara Hapus Akun Telegram

Telegram menjadi salah satu alternatif aplikasi chat selain WhatsApp dengan fitur dan kelebihan masing-masing. Seperti halnya aplikasi chat serupa, Telegram juga memungkinkan kamu untuk menghapus akun. Cara hapus akun Telegram sangatlah mudah untuk semua kalangan.

Pada dasarnya terdapat dua cara utama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun telegram, yaitu secara otomatis dan manual. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, kamu bisa memilih sesuai keinginan ingin menggunakan cara yang mana.

cara hapus akun telegram

Cara Hapus Akun Telegram Dengan Mudah

1. Secara Otomatis

cara hapus akun telegram

 

  • Lakukan login terlebih dahulu ke akun Telegram.
  • Setelah masuk ke Telegram, klik tombol menu di sisi kanan.
  • Diantara pilihan menu yang ditampilkan, klik menu Pengaturan.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Privasi dan Keamanan.
  • Jika sudah berada di halaman Privasi dan Keamanan, scroll sampai kamu menemukan menu Hapus Akun Saya.
  • Di bawah tulisan ini akan terdapat kata “Jika berjarak” dan disinilah kamu bisa memilih jaraknya.
  • Perlu dicatat bahwa jarak disini adalah ketika kamu tidak aktif atau login ke Telegram sejak terakhir kali melakukan login.
  • Setidaknya ada empat pilihan jarak atau durasi, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.
  • Pilih salah satu sesuai keinginan Anda, kemudian kamu bisa logout atau uninstall aplikasi Telegram.
  • Sebagai contoh, kamu tadi memilih jarak 1 bulan. Maka jika dalam waktu 1 bulan tersebut kamu tidak login kembali, maka akun Telegram kamu akan terhapus secara otomatis oleh sistem.
  • Namun jika dalam kurun waktu tersebut kamu melakukan login kembali , maka akun tidak jadi terhapus.

 

2. Secara Manual

cara hapus akun telegram secara manual

 

 

  • Buka browser masing-masing, kemudian kunjungi situs resmi dari Telegram khusus penghapusan akun di https://my.telegram.org/auth?to=deactivate.
  • Setelah halaman terbuka, ketikkan nomor ponsel di kolom Your Phone Number.
  • Perlu dicatat bahwa pengisian nomor ponsel disesuaikan dengan format internasional.
  • Karena saat ini berada di Indonesia, maka format awalannya adalah +62.
  • Pastikan kamu mengisikan nomor ponsel dengan benar, kemudian klik Next.
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima kode lewat aplikasi Telegram resmi, kemudian klik Sign In.
  • Setelah berhasil Sign In, kamu diminta untuk mengisikan alasan mengapa menghapus akun pribadi.
  • Klik Done, kemudian pilih opsi Yes, Delete My Account.
  • Sekarang akun kamu akan langsung terhapus dan tidak bisa login lagi.

Baca: Cara cari teman Telegram

Cara Menonaktifkan Telegram Sementara

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan sebenarnya, yakni bagaimana cara menonaktiifkan akun Telegram sementara.

For your information, sebenarnya ada 2 cara menghapus akun Telegram yang bisa dilakukan, yakni menghapus selamanya atau permanen atau akun hanya dinonaktifkan secara sementara. Jadi, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keinginanmu juga.

Jika kamu masih membutuhkan akun telegram tapi malas atau perlu istirahat sebentar dalam penggunaannya, maka kamu bisa menonatifkann akun telegram yang kamu punya secara sementara.

Jadi, cara ini nantinya akan membuat telegrammu tidak aktif, tapi bisa diaktifkan kembali. Dengan syarat: apabila sudah tidak aktif 6 bulan berturut-turut, maka itu artinya akun telegram yang kamu miliki akan dihapus.

Fitur ini menyediakan pilihan sampai kapan akun telegrammu tidak aktif: 3 bulan, 6 bulan, atau setahun. Jadi, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan.

Langkah 1 – Buka Setelan/ Setting

  • Buka aplikasi Telegram yang kamu miliki
  • Setelah aplikasi terbuka, tekan menu dengan ikon tiga titik untuk membuka pengaturan lanjutan. Jika kamu pengguna sistem operasi iOS pilih menu dengan ikon tiga garis.
  • Pilih opsi “Privasi dan Keamanan” pada sistem operasi Android atau jika kamu menggunakan iOS, silahkan pilih opsi “Privacy and Security”.

Langkah 2 – Pilih Opsi Lanjutan

Akan terbuka halaman baru, silahkan pilih opsi “Lanjutan” jika kamu menggunakan sistem operasi Android atau silahkan pilih “If Away For” jika kamu menggunakan sistem operasi iOS.

Langkah 3 – Pilih Durasi Waktu

  • Selanjutnya kamu bisa memilih “Hapus Akun Jika Tidak Ada” kemudian pilih durasi non-aktif kamu.
  • Seperti yang tadi dikatakan, kamu bisa memilih waktu kapan Telegram kamu akan dinon-aktifkan. Ada 4 pilihan: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, ataupun 12 bulan. Pilih sesuai kebutuhan.
  • Bagi yang menggunakan sistem operasi iOS, biasanya kamu bisa memilih durasi non-aktif akun kamu tepat setelah kamu memilih opsi “If Away For.” pada langkah sebelumnya.

Catatan: jika dalam waktu 6 bulan kamu ssama sekali tidak pernah membuka akun telegram milikmu, maka biasanya sistem akan otomatis menghapus akun yang kamu miliki kecuali kamu memilih opsi 1 tahun atau 12 bulan. Sampai di sini rasanya cukup jelas, kan?

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen

Kalau misalnya kamu benar-benar ingin menghapus akun Telegram milikmu secara permanen, kamu bisa menggunakan cara menghapus akun Telegram permanen berikut ini:

  • Langkah 1 – Buka Situs Telegram dengan mengunjungi alamat https://my.telegram.org/ sangat disarankan untuk membukanya di PC agar lebih mudah melakukan step by stepnya
  • Langkah 2 – Masukkan Akun Nomor Telegram dengan memasukkan nomor telepon yang kamu gunakan untuk akun Telegram yang kamu miliki
  • Langkah 3 – Masukkan Kode Konfirmasi. Setelah memasukkan nomor telepon akan ada kode konfirmasu yang akan dikirim melalui pesan singkat ke ponsel kamu.

Langkah 4 – Hapus Akun:

  • Setelah masuk ke akun Telegram klik Hapus Akun.
  • Kamu akan diminta memasukkan alasan menghapus akun. Ketikan saja alasannya.
  • Klik Hapus Akun Saya lalu kemudian pilih konfirmasi dengan menekan Ya, Hapus Akun Saya

Akun Telegram milikmu telah terhapus

Alasan Menghapus Akun Telegram

Tadi di awal bilang kalau Telegram keamanannya lebih terjamin, kenapa mau menghapus akun Telegram yang kita miliki?

Hem, sebenarnya jika berbicara soal alasan menghapus akun Telegram, itu sifatnya personal, ya. Ada banyak alasan yang berbeda setiap orangnya. Tetapi, admin sendiri selalu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum benar-benar menghapus sebuah aplikasi chat:

  • Apakah teman-teman saya banyak yang menggunakan Telegram? Jika iya, maka saya tidak akan menghapus akun Telegram. Jika tidak, maka saya akan menghapus akun Telegram.
  • Apakah saya membutuhkan aplikasi ini?
  • Apakah notifikasinya mengganggu?
  • Apakah aplikasi ini menempati banyak ruang?
  • Apakah ada kuliah atau pekerjaan yang mengharuskan saya memiliki Telegram?

Jawaban dari pertimbangan di atas akan membuat saya memutuskan apakah akan menghapus akun telegram atau tidak.

Itu adalah beberapa alasan personal yang bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan apakah harus hapus akun atau tidak. Tapi, alasan menghapus telegram ternyata tidak hanya bersifat personal saja.

Ada alasan teknis yang harus kamu ketahui juga.

Misalnya masalah keamanan. Banyak orang berpikir bahwa Telegram adalah aplikasi yang aman. Tapi ternyata tidak juga. Telegram tidak seaman itu.

Faktanya, ada masalah dari Telegram sendiri sebagai aplikasi chat sehingga sebenarnya ada beberapa orang yang tidak merekomendasikannya.

Beberapa alasan teknis yang membuat kamu membutuhkan cara hapus akun telegram adalah:

1. Memiliki Setelan/Settings lemah

Banyak yang bilang bahwa keamanan obrolan dalam chat di Telegram kuat dan tidak akan diretas. Tapi, pada kenyataannya, pada setelah default chat dalam aplikasi Telegram ini, obrolanmu justru tidak di enkripsi sama sekali.

Obrolan yang dibilang aman hanya ada di Secret Chat dan pada faktanya lagi, banyak orang yang gagal untuk masuk ke secret chat. Hal ini membuat keamanan pengguna dalam resiko.

2. Penyimpanan server

Masih masalah kerentanan keamanan. Pada Telegram, chat yang di luar secret chat akan disimpan di dalam server mereka. Hal ini merupakan kelemahan keamanan selanjutnya dari Telegram.

3. Media-file-jacking

Jika kamu pernah mendengar bahwa WhatsApp lemah terhadap Media File Jacking, sebenarnya Telegram juga mengalami masalah ini. Dalam hal ini, malware bisa mengubah gambar yang akan kamu kirim atau kamu terima tanpa kamu sadari. Hal ini menjadi masalah ketiga kenapa kamu harus menghapus akun telegram yang kamu miliki.

4. Resiko H4cker

Aplikasi ini memiliki kelemahan pada sistem code yang dinamakan Bug Unicode. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak kemungkinan aplikasi ini diretas dan diekspliotasi. Selain itu, kerentanan yang dimiliki aplikasi ini memperbesar terjadinya serangan cryptocurrency dan malware.

5. Protokol

Yang terakhir adalah protokol yang dimiliki oleh Telegram. Maksudnya adalah enkripsi yang dimmiliki Telegram adalah Enkripsi MTProto. Padahal sebenarnya, untuk protokol kriptografi yang aman sudah banyak di luar sana. Membuat protokkol sendiri sebenarnya sudah merupakan kelemahan tersendiri.

Jadi, itu adalah beberapa alasan teknis kenapa kamu harus tahu cara haour akun Telehram, yakni untuk keamanan sendiri.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara hapus akun Telegram, baik di Android, iOS, secara sementara ataupun selamanya.

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Akun Telegram?

 

Seperti halnya aplikasi chat lainnya, ketika kamu menghapus akun Telegram, maka seluruh chat dan lain sebagainya akan ikut terhapus. Pengecualian untuk gambar dan sejenisnya yang telah terunduh masih tersimpan di dalam folder memori internal.

Satu yang disayangkan dari Telegram adalah kamu tidak bisa melakukan backup chat dan melakukan restore di lain waktu seperti WhatsApp. Ini karena seluruh pesan sudah terhubung ke dalam satu server dan tidak perlu repot-repot melakukan backup yang membutuhkan waktu cukup lama.

Apakah Setelah Terhapus Bisa Mendaftar Lagi?

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apakah setelah akun terhapus bisa mendaftar kembali menggunakan nomor yang sama. Jawabannya adalah bisa. Namun dengan syarat, harus ada jeda hari setelah akun Telegram benar-benar terhapus.

Sangat tidak disarankan untuk melakukan pembuatan akun, kemudian dihapus, kemudian dibuat kembali. Hal-hal seperti ini terkadang menimbulkan kecurigaan dari pihak Telegram dan bisa saja nomor kamu diblokir oleh pihak Telegram.

Sangat mudah bukan cara hapus akun Telegram? Kamu tidak perlu repot-repot menunggu terlalu lama karena bisa langsung terhapus dalam waktu itu juga atau dalam kurun waktu tertentu. Bahkan setelah akun kamu benar-benar terhapus, kamu bisa membuatnya lagi.