Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Smartphone Kemasukan Air

Sabineblog.com – Cara mengatasi smartphone kemasukan air sangat diperlukan ketika perangkat tersebut jatuh ke air atau terkena air hujan. Smartphone dalam kondisi ini sangat rentan sekali untuk rusak sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Smartphone Kemasukan Air

Tetapi kamu tidak perlu panik, sebab untuk mengatasinya cukup mudah dan dipastikan smartphone tidak akan rusak. Meski caranya mudah, kamu pun juga harus memperhatikan beberapa hal saat proses mengatasinya. Daripada penasaran, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat smartphone kemasukan air.

Rekomendasi: Daftar Hp Samsung Galaxy Anti Air

Lazada Flash Sale hemat 99%

Segera Ambil Ponsel Kamu

Cara mengatasi dengan segera diambil ini dilakukan ketika smartphone jatuh ke air baik di sungai atau kamar mandi. Kamu harus dengan sigap segera mengambil smartphone dari dalam air saat itu juga. Hal ini dilakukan karena semakin lama smartphone berada di dalam air semakin banyak juga air yang masuk.

Jika sudah demikian bukan tidak mungkin beberapa komponen di dalam smartphone akan rusak dan perlu diganti. Meresapnya air ke komponen cukup cepat dan beberapa komponen di dalamnya juga rentan rusak ketika terkena air.

Matikan Dan Bongkar Smartphone

Untuk kasus yang lain ketika smartphone terkena air adalah segera dimatikan dan bongkar beberapa komponen di dalamnya. Kondisi seperti ini terjadi ketika sedang kehujanan dan lupa tidak membawa pelindung smartphone dari air hujan.

Dalam kondisi di atas, kamu harus segera mematikan smartphone meskipun saat itu sedang menyala. Setelah itu, kamu harus membongkar beberapa komponen yang sekiranya bisa dilepas. Beberapa komponen ini biasanya memori ekternal, SIM Card, dan casing yang ada padan smartphone.

Kondisi ini dilakukan untuk mempermudah proses pengeringan dan dengan segera menyelamatkan smartphone. Untuk proses pembongkaran harus hati-hati dan jika tidak mampu, kamu bisa datang ke tukang service terdekat.

Goyangkan Smartphone

selain dibongkar, kamu juga bisa menggoyangkan smartphone agar air di dalamnya bisa keluar secara cepat. Proses penggoyangannya juga bisa dilakukan dengan lembut dan lamban saja agar tidak merusak komponen di dalamnya. Umumnya, air akan keluar dari jack earphone atau bagian lain yang berlubang dari smartphone.

Selain digoyangkan, kamu juga menggunakan penyedot dari jarak yang ideal untuk mengeluarkan air. Kamu tidak boleh terlalu dekat untuk proses ini karena bisa saja merusak komponen yang rentan akan alat penyedot.

Jangan Masukkan Ke Freezer

Beberapa orang terkadang langsung memasukan smartphone ke freezer saat terkena air atau jatuh ke air. Kondisi seperti ini sering terjadi dan banyak dilakukan dengan tujuan agar air di dalam smartphone bisa cepat mongering.

Cara di atas bukan malah membuat air keluar tetapi semakin menambah tensi air dan terjadi pembekuan di dalamnya. Jika sudah demikian bukan tidak mungkin smartphone akan rusak dalam sekejap.

Jangan Gunakan Pengering Rambut

selain dimasukkan ke freezer, beberapa kebiasaan lain adalah menggunakan pengering rambut untuk mengeringkannya. Cara ini juga salah dan akan membuat beberapa komponen internal smartphone rusak. Bahkan, cara ini juga bisa membuat komponen smartphone bisa meleleh karena panas yang ditimbulkan dari alat tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi smartphone kemasukan air baik saat jatuh ke air atau terkena air hujan. Kamu tidak perlu panik dan akhirnya melakukan hal-hal yang bukan malah menyelamatkan tetapi merusak. Kamu bisa menerapkan langkah di atas dengan segera untuk mengatasi rusaknya komponen pada smartphone. Jika dilakukan dengan hati-hati, smartphone yang kamu miliki bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

best seller lazada
About Author: