Cara Menginstal Printer Epson L3110

Cara Menginstal Printer Epson L3110SabineBlog.com, Printer adalah perangkat kerja yang sering digunakan para pegawai kantor atau mahasiswa. Banyak pilihan printer tersedia di pasaran, termasuk merek Epson yang populer. Seri Epson L3110 menjadi pilihan yang banyak digunakan berkat kemudahan penggunaan dan juga perawatannya.

cara install printer epson l3110

Cara Menginstal Printer Epson L3110

Tersedia fitur tersendiri ketika ingin menginstal printer epson ini agar dapat dioperasikan dari laptop. Agar dapat memanfaatkan setiap fitur dan menu yang ada maka pengguna membutuhkan program driver printer maupun peranti scan. Biasanya dalam pembelian baru, dalam paketnya sudah termasuk CD yang berisi program dan driver. Hanya saja bagi yang membeli seken, seringnya tak disertakan CD Driver. Karenanya pengguna perlu mendownload driver yang diperlukan via internet. Printer Epson L3110 dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 10, 8.1, 8, 7, Vista, XP, Server 2000 sampai 2019 32bit dan 64bit, Mac serta Linux.

Untuk menginstal Printer Epson L3110 bila tak punya CD driver, pertama yaitu mengunjungi situs resmi Epson di https://www.epson.co.id/Ink-Tank-Printers/L-Series/Epson-EcoTank-L3110/s/SPT_C11CG87501#drivers. Sesudah itu, selesaikan langkah-langkah berikut :

  • Download driver Epson L3110 dari situs tadi dan simpan di penyimpanan laptop.
  • Dobel klik file driver epson L3110 dalam format .exe itu. Selanjutnya berikan checklist para kotak “Saya setuju” kemudian tekan tombol ‘Next’.
  • Tekan tombol ‘Next’ lagi maka penginstalan akan segera dimulai. Koneksikan kabel USB printer pada laptop kemudian printer harus dalam keadaan menyala.
  • Sesudah itu, tekan tombol ‘Next’ selanjutnya tombol ‘Finish’.
BACA JUGA  Download Driver Epson L360

Mereset Printer Epson L3110

Di samping dapat melakukan penginstalan printer Epson L3110, pengguna pun bisa mereset printer apabila mengalami error dan tak dapat digunakan mencetak. Pengguna harus mengecek modul printer lebih dulu. Karena, barangkali bukan sistem yang error, namun ternyata tinta printer kosong, kabel printer tak terkoneksi dengan baik, atau masalah lain. Bilamana memang bagian-bagian printer dalam kondisi baik, ikuti langkah-langkah reset Epson L3110 di bawah ini:

  • Pengguna dapat melepas kabel daya printer lebih dulu dari stop kontak. Kemudian, tunggu kurang lebih 5 menit. Setelahnya pasang lag kabelnya ke stop kontak. Pengguna bisa menyalakan printer, tekan tombol ‘Power’, selanjutnya tekan tombol ‘Resume’.

 

  • Tekan kembali ‘Power’ dan ‘Resume’ berbarengan sambil ditahan hingga 5 menit. Lepaskan kedua tombol tadi setelah 5 menit. Kemudian, tekan tombol ‘Power’ dan ‘Resume’ berbarengan kembali sambil ditahan kurang lebih 3 menit. Biarkan sebentar sampai tahap reset berhasil. Itu artinya, setting printer dikembalikan sesuai pengaturan pabrik.

Mereset Printer Epson L3110 Menggunakan Aplikasi

Pengguna harus memasang aplikasi Epson di laptop yang dapat diunduh dari websitenya. Sesudah itu langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasinya, maka akan ditampilkan ‘EPSON Adjustment Program’, tekan tombol ‘Select’.
  • Tekan ‘Model Name’ kemudian klik pada pilihan ‘L3110’.
  • Tekan tombol ‘OK’, kemudian tekan ‘Particular Adjustment Mode’.
  • Gulir layar menuju bawah, lalu pada kolom ‘Maintenance’, tekan ‘Waste Ink Pad Counter’ selanjutnya tekan ‘OK’.
  • Ditampilkan dialog bar dalam menu ‘Check & Initialization’. Tekan checklist untuk ‘Main Pad Counter’ dan ‘Platen Pad Counter’. Sesudah itu tekan tombol ‘Check’.
  • Biarkan prosesnya tuntas. Lalu klik ‘Main Pad Counter’ lagi kemudian klik pada ‘Initialization’.
  • Printer dimatikan sebentar. Selanjutnya, hidupkan lagi.
BACA JUGA  3 Cara Mengisi Tinta Printer Berbagai Merk dengan Mudah dan Benar

Kelebihan dan Kekurangan Epson L3110

Untuk dimengerti, dibandingkan tipe lain, Epson L3110 punya penampilan agak berbeda. Salah satunya yang merupakan kelebihannya adalah tabung tinta yang melekat di depan. Keunggulan yang lain yaitu mekanisme mengisi cairan tinta yang simpel, tinggal memasukkan botol ke lubangnya saja. Itu akan bisa mengurangi kemungkinan tinta tumpah atau bocor saat pengisian. Termasuk juga kelebihannya adalah konsumsi tintanya yang cukup irit.

Sementara untuk kekurangan Epson L3110 sebenarnya tak banyak. Pertama yaitu printer ini tak cocok bila digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi di kertas foto. Lalu kekurangan lainnya yaitu cuma tersedia tabung tinta CMYK saja. Meski ini relatif, namun bagi sebagian konsumen harga Epson L3110 cukup mahal hingga mencapai Rp.2 jutaan.