Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor

Menampilkan gambar dari laptop ke proyektor sama sekali tidak sulit jika Anda melakukan persiapan terlebih dahulu. Sebagian besar laptop terkini memiliki konektor HDMI standar untuk disambungkan ke proyektor. Berikut cara menyambungkan laptop ke proyektor yang betul.

Persiapan Sebelum Menyambungkan Laptop ke Proyektor

cara menyambungkan laptop ke proyektor

Anda dapat memastikan fitur ini, misalnya di Windows 7 dengan melihat sisi kiri casing laptop (pada kebanyakan model, konektor HDMI terletak di sana). Di beberapa perangkat, keluaran sinyal video dilakukan melalui konektor mini-HDMI dan bahkan mikro-HDMI, menyesuaikan dengan ketebalan casing yang tipis.

Karenanya, untuk menyiapkan proyektor di laptop, Anda memerlukan kabel mini-HDMI ke HDMI atau mikro-HDMI ke HDMI. Yang terakhir juga digunakan untuk menghubungkan action camera (termasuk GoPro) ke TV. Saat membeli, Anda juga harus memikirkan panjang kabel yang dibutuhkan. Misalnya, jika proyektor akan dipasang dengan braket langit-langit, panjang kabel minimal harus 2,5 meter.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Jika sambungan kabel tidak memungkinkan, Anda dapat menyambungkan proyektor ke laptop menggunakan sambungan Wi-Fi tanpa kabel. Namun untuk ini, proyektor itu sendiri harus dilengkapi dengan modul Wi-Fi, atau Anda perlu menyambungkan dongle Wi-Fi khusus ke proyektor di konektor HDMI.

Seperti yang Anda ketahui, antarmuka HDMI memungkinkan Anda menyambungkan perangkat dalam kondisi sudah menyala. Tetapi tidak disarankan melakukan ini, karena. ada kemungkinan besar muatan statis dari pakaian akan menonaktifkan port perangkat. Oleh karena itu, sebelum Anda memasukkan steker ke dalam konektor, lepaskan muatan dari diri Anda dengan menyentuh sesuatu berbahan logam dan masif dengan tangan Anda. Setelah itu, sambungkan kabel ke laptop dan proyektor, lalu hidupkan daya kedua perangkat.

Sistem di laptop itu akan menentukan kartu video mana yang harus digunakan, tergantung pada jenis bebannya. Untuk mengeluarkan gambar ke proyektor, biasanya kartu video bawaan yang digunakan. Karenanya, kinerjanya akan jauh lebih rendah daripada kinerja diskrit. Ini harus diperhitungkan saat menyiarkan gambar game ke proyektor.

Untuk mengaktifkan transmisi video dari layar ke proyektor di Windows 10, Anda harus mengaktifkan penggunaan banyak tampilan dalam pengaturan OS, saat salinan layar dari laptop juga akan ditampilkan di kanvas proyektor, atau cukup gunakan proyektor sebagai monitor eksternal. Untuk opsi terakhir, gambar pada tampilan bawaan tidak akan ditampilkan. Namun, segera setelah Anda mencabut kabel HDMI atau mematikan proyektor, transmisi gambar ke monitor internal akan dipulihkan kembali.

Inilah Langkah Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor

Langkah-langkah menyambungkan laptop ke proyektor terbaik anda selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Start | System | Display | Multiple Displays” dan klik tombol “Detect”.
  • Setelah laptop mendeteksi proyektor yang terhubung, Anda akan diminta untuk menggunakan skema dengan duplikasi gambar, atau memilih salah satu perangkat sebagai yang utama.
  • Dalam kebanyakan kasus, skema duplikasi adalah yang paling optimal, tetapi jika Anda menonton, misalnya, film, lebih baik matikan gambar pada layar bawaan.
  • Ada cara yang lebih cepat untuk menampilkan gambar dari laptop ke proyektor. Untuk melakukan ini, di Windows 10, gunakan kombinasi tombol pintas Win + P.
  • Bilah menu vertikal akan muncul di sisi kanan, di mana Anda dapat langsung memilih jenis output gambar ke layar atau proyektor kedua.
  • Di sini Anda akan melihat “Khusus Komputer”, sedangkan gambar tidak akan ditampilkan di proyektor; “Duplikat”, maka salinan layar akan ditampilkan baik di layar komputer maupun di proyektor; “Perpanjang”, ini akan memperluas desktop ke proyektor, yang kanan akan ditampilkan melalui proyektor, yang kiri di layar laptop, “Hanya proyektor”, jadi semua yang terjadi di layar hanya akan ditampilkan di proyektor .

Perlu dicatat bahwa sebagian besar laptop memiliki tombol fungsi khusus yang memungkinkan Anda beralih dengan cepat untuk menampilkan gambar melalui proyektor. Anda dapat menggunakannya.

best seller lazada
About Author: