Ingin Berolahraga di Rumah? Ini Daftar Aplikasi untuk Home Workout Terbaik

 

Pandemi Covid-19 membuat orang-orang harus mengurangi kegiatan di luar dan tetap di rumah. Tidak melakukan banyak aktivitas di luar rumah cenderung membuat banyak orang cepat merasa bosan. Belum lagi banyak tempat-tempat publik yang ditutup atau dibatasi jam operasionalnya.


 

aplikasi home workout terbaik

Sumber: Pexels.com – @alexy-almond

Kebosanan itu membuat orang mulai mencari alternatif lain untuk bisa tetap beraktivitas di dalam rumah. Salah satu aktivitas yang paling banyak digemari oleh orang-orang semasa pandemi adalah berolahraga di dalam rumah. Gym yang tutup dan kapasitas terbatas membuat orang-orang lebih memilih untuk melakukan home workout. Selain mudah dilakukan, home workout juga terbukti efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baca: Aplikasi Penambah Skill Terbaik

Selain itu, pandemi membuka kesempatan untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Banyak aplikasi-aplikasi yang mulai diluncurkan karena tingginya keinginan masyarakat untuk berolahraga di rumah. Simak rekomendasi aplikasi-aplikasi home workout berikut ini.

1. Workout for Women: Fit at Home

Aplikasi ini direkomendasikan untuk menjaga kebugaran diri para perempuan di rumah. Uniknya, aplikasi satu ini memiliki campaign ‘lakukan workoutcukup 7 menit sehari untuk mendapatkan bikini body yang sempurna.’ Workout for Women cocok untuk kamu yang bukan hanya ingin berolahraga tapi juga mau mendapatkan tubuh yang ideal. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk workout seperti butt and leg training, face yoga, full body, dan berbagai pilihan lainnya.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir bagaimana cara untuk melakukan sebuah gerakan workout karena aplikasi ini memiliki panduan video dan tips dari para pelatih. Kamu juga tidak perlu mengatur alarm dari smart watch sebagai pengingat waktu karena aplikasi ini memiliki timer untuk setiap gerakan workout.

BACA JUGA  10 Aplikasi Screenshot Android yang Terbaik dan Mudah Digunakan

2. Peloton

Aplikasi yang satu ini dipimpin langsung oleh pelatih profesional dan memiliki banyak kelas yang ditawarkan. Kelas dibagi menjadi beberapa jenis aktivitas, termasuk kekuatan, yoga, kardio, dan meditasi. Semua kelas workout tersebut dikemas dalam bentuk video yang diambil oleh para profesional di sebuah studio dengan pelatih yang antusias memberikan banyak tips di dalam video.

Kamu juga bisa mendaftar untuk melakukan sesi live session untuk workout dengan pelatih yang dijadwalkan selama 30 sampai 60 menit. Selain itu, tidak seperti kebanyakan aplikasi latihan di rumah, Peloton juga menyertakan latihan luar ruangan yang dapat kamu ikuti. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini lewat Google Play Store, App Store, dan Apple TV.

3. Fitbit Coach

 

aplikasi home workout

Sumber: Pexels.com – Tim Samuel

Kamu bisa melakukan latihan di aplikasi Fitbit Coach dengan dipimpin oleh instruktur profesional. Kamu juga dapat memilih sendiri latihan seperti apa yang ingin kamu lakukan sebelum melakukannya. Aplikasi ini juga memiliki video yang dapat memandu kamu pada setiap gerakannya.

Kamu bisa mengakses aplikasi ini secara gratis. Namun, Fitbit Coach juga menawarkan paket berbayar untuk layanan premium yang bisa kamu gunakan untuk mengakses lebih banyak mode latihan. Sebut saja pelatihan audio untuk berlari dan berjalan, pilihan pelatih yang lebih banyak, dan masih banyak lagi.

4. Nike Training Club

Aplikasi ini memiliki lebih dari 190 home workout gratis yang bisa kamu pilih untuk memudahkan dalam menjalani workout gratis tanpa perlu mendaftar gym. Kamu dapat melakukan pendaftaran dengan sangat mudah. Cukup dengan memasukkan beberapa detail tentang diri kamu dan tingkat aktivitas kamu saat ini. Setelah mendaftar, kamu akan langsung melihat serangkaian latihan lengkap yang bermanfaat dengan pengaturan waktu yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nike Training Club juga memiliki workout video yang bisa kamu tonton sebagai panduan gerakan workout. Aplikasi ini memiliki banyak opsi yang bisa kamu atur sendiri, seperti mengaktifkan musik, pemberitahu waktu latihan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  5 Aplikasi Pengeditan Video Terbaik

5. Adidas Training and Running by Runtastic

Seperti yang telah kita ketahui, aplikasi ini adalah aplikasi workoutdari sport brand ternama, yaitu Adidas. Sama seperti aplikasi workout lainnya, aplikasi ini juga menyediakan banyak latihan siap pakai yang bisa dipilih. Selain itu, kamu juga bisa membuat latihan khusus dengan memilih bagian tubuh mana yang ingin kamu latih dan dapat mengatur durasi untuk aktivitas tersebut.

Pada aplikasi ini, akan ada sedikit panduan dan langkah yang harus kamu perhatikan. Sebut saja pemberitahuan mengenai apa yang harus dilakukan dan berapa lama waktu workout yang akan kamu jalani. Akan lebih membantu jika kamu meletakkan ponsel atau tablet sejajar dengan mata saat pertama kali mencoba latihan untuk memudahkan kamu mengikuti gerakan yang ada di video.

6. Aaptiv

aplikasi untuk home workout


Sumber: unsplash.com – @alexy-almond

Mungkin sebagian besar aplikasi latihan di rumah menggunakan video untuk menunjukkan apa yang harus kamu lakukan. Namun, berbeda dengan Aaptiv yang memiliki fitur suara untuk menginstruksi aktivitas olahraga kamu sehingga kamu tidak perlu melihat video di tengah peregangan yang sedang kamu lakukan. Aaptiv juga menampilkan musik berlisensi, jadi kamu tidak perlu khawatir dan repot untuk memutar lagu dari aplikasi lain.

Latihan dibagi menjadi beberapa kategori, seperti latihan kekuatan dan peregangan di mana masing-masing dilengkapi dengan perkiraan durasi dan tingkat kesulitan. Kamu juga dapat melihat rekomendasi kategori latihan dari peringkat bintang dari pengguna lain sehingga membantu dalam menentukan pilihan.

Itulah daftar aplikasi-aplikasi yang sangat membantu untuk kamu yang ingin tetap bugar dan sehat selama pandemi. Semoga bermanfaat!