Penting! Lakukan Hal Ini Pada Baterai iPhone Kamu Untuk Menjaga Kesehatan Baterai

Sabineblog.com – Kapasitas baterai yang terus menurun adalah masalah serius yang kerap dialami oleh pengguna iPhone. Hal ini tentu sangat merepotkan karena harus sering mengisi dan bisa menurunkan harga ketika ingin dijual.

menjaga kesehatan baterai iphone

Masalah kapasitas baterai ini biasa disebabkan oleh berbagai hal seperti overcharge, atau tetap menggunakan ponsel saat sedang proses pengisian daya. Lalu bagaimana solusinya? Tenang, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk menjaga kesehatan baterai pada iPhone kamu:

Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Manual

Kalibrasi baterai bisa jadi salah satu cara untuk mengoptimalkan kesehatan baterai pada iPhone kamu. Dilansir dari Makeuseof, berikut langkah-langkah kalibrasi baterai iPhone secara manual:

  1. Kosongkan baterai iPhone kamu sampai dalam keadaan mati

  2. Biarkan ponsel dalam keadaan mati selama kurang lebih 3 jam

  3. Setelah itu, lakukan pengisian daya hingga 100 persen.

  4. Setelah penuh, biarkan selama 2 jam tanpa dicabut dari kabel pengisiannya.

  5. Lakukan cara ini sekali lagi dengan mengikuti proses yang sama

  6. Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Otomatis

Selain dapat dilakukan secara manual, kalibrasi baterai juga dapat dilakukan secara otomatis. Namun ini khusus hanya untuk pengguna iPhone 11 series seperti iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Sama seperti sebelumnya, kalibrasi ini bertujuan agar kapasitas baterai iPhone lebih akurat.

Berbeda dengan cara manual, proses kalibrasi ini dapat dilakukan secara otomatis langsung dari IOS 14,5. Proses ini nantinya akan berjalan dengan sendirinya karena telah terintegrasi otomatis dengan sistem. Untuk mengecek proses kalibrasi yang sedang berjalan, kamu bisa mengakses menu Setting>Baterai>Kesehatan Baterai.

Aktifkan Mode Low Power

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan baterai adalah dengan mengaktifkan fitur low power pada iPhone. Fitur ini bertujuan untuk menghemat masa baterai iPhone terlebih saat daya baterai dalam keadaan menipis, Untuk mengaktifkannya, silakan masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Baterai dan aktifkan Low Power mode.

Perlu diingat, fitur low power ini akan mempengaruhi terhadap beberapa fitur seperti kunci otomatis selama 30 detik, unduh otomatis serta jeda sementara pada foto iCloud. Saat fitur low power mode lampu baterai akan berubah warna kuning. Namun setelah dilakukan pengisian daya kurang lebih 80 persen mode low power akan mati dengan sendirinya.

Tips merawat baterai iPhone

Hemat Baterai Dengan Menonaktifkan Fitur yang Tidak Sering Terpakai

Fitur pada iPhone memang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Namun beberapa fitur ini justru akan membuat baterai jauh lebih cepat habis.

Fitur tersebut biasanya adalah find my iPhone, airdrop, Bluetooth dan location service. Untuk itu, sebaiknya menonaktifkan beberapa fitur tersebut jika memang sedang tidak digunakan.

Tak hanya menonaktifkan fitur yang tidak terpakai kamu juga bisa mengurangi kecerahan atau brightness pada iPhone. Kamu dapat menggunakan fitur auto brightness untuk mengatur kecerahan layar agar kapasitas baterai tetap hemat.

Aktifkan Optimasi Pengisian Daya Baterai

Cara terakhir untuk menjaga kesehatan baterai iPhone adalah dengan mengaktifkan optimasi pengisian daya baterai. Ini adalah sebuah fitur yang ada pada iOS 13 dengan tujuan untuk menghemat dan memperpanjang usia baterai iPhone.

Cara kerja dari fitur ini adalah dengan menggunakan metode machine learning, yang mana sistem akan secara otomatis mempelajari habit atau kebiasaan masalah pengisian daya pada iPhone.

Cara ini akan sangat membantu untuk kamu yang kerap membiarkan ponsel dalam keadaan discharge selama semalaman penuh. Agar terhindar dari keausan baterai nantinya algoritma iPhone bakal mengurangi atau menunda waktu yang dibutuhkan selama masa pengisian.