Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Apakah anda sedang cari tahu penyebab baterai Hp yang cepat habis, dan bertanya – tanya kenapa dalam beberapa jam saja perangkat sudah mati? Salah satu penyebab yang umum bagi sebagian besar pengguna Hp adalah sistem operasi yang “rakus, fitur yang aktif di latar belakang, dan setelan layar yang terlalu cerah.

baterai hp cepat habis

Inilah Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Bahkan gadget terbaru dengan baterai yang sangat besar (misalnya Samsung Galaxy Note 10, Oppo A74 atau iPhone 14) bisa low bat dalam hitungan jam. Mengecas baterai ponsel beberapa kali sehari jelas bukan jalan keluar yang praktis. Untuk mengetahui cara menghadapinya, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu apa yang menyebabkan masalah betarai cepat habis itu.

Berikut adalah masalah utama mengapa baterai ponsel cepat habis padahal tidak dipakai, terlepas dari merek bisa cepat habis:

Kerusakan baterai

Baterai yang sudah kuno “kuno” adalah alasan utama hilangnya daya tahan baterai dengan cepat. Saat mengecas, baterai memanas karena peningkatan resistansi internal. Anda dapat memeriksanya secara visual dengan mengeluarkannya dari gadget (jika memungkinkan). Menggelembung, korosi, deformasi, berbagai bintik di permukaan adalah beberapa tanda yang mengkhawatirkan dan alasan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

Bagaimana cara mengecek kondisi baterai? Tekan kombinasi pada ponsel Android: *#*#4636#*#*. Sebuah menu akan muncul, lalu klik item “Informasi Baterai”. Ini akan menjelaskan tingkat pengisian daya, kondisi, suhu, dan data lain tentang baterai. Pemilik perangkat Apple dengan iOS mulai dari versi 11.3, dapat melihat status baterai langsung di pengaturan iPhone.

Salah Penggunaan Baterai

Menggunakannya dalam keadaan dingin atau panas. Baterai modern, meskipun memiliki cadangan energi yang besar, tidak terlalu bagus pada suhu di bawah nol dan cuaca panas. Batas suhu perangkat dapat ditemukan dalam karakteristiknya.

Dan lebih baik tidak melebihinya agar baterai smartphone tidak habis pada waktu yang tepat. Penutup yang menutupi perangkat dari 2 sisi akan membantu “menghangatkan” ponsel sedikit dalam cuaca dingin.

Layar Hp Terlalu Cerah

Tentu saja, sebagian besar pengguna ingin melihat tampilan paling terang agar kelihatan, tetapi jika Anda berlebihan dan mengatur indikator ke 100%, layar ponsel hanya akan “memakan” konsumsi daya baterai. Untuk mengatur ulang, Anda harus masuk ke menu pengaturan tingkat kecerahan layar dan gunakan tombol slider untuk menguranginya ke tingkat yang nyaman untuk digunakan. Sekitar 50-60% sudah cukup. Dengan pengaturan ini akan sangat menghemat baterai hp.

Fitur yang Menguras Baterai secara intensif

Jika perangkat beroperasi pada program all-inclusive, maka tidak mengherankan jika baterai menjadi semakin berkurang dalam hitungan jam. Wi-Fi, Bluetooth, NFC semua fitur itu membutuhkan konsumsi baterai. Oleh karena itu, jika fungsi-fungsi itu tidak diperlukan saat ini, ada baiknya menonaktifkannya di pengaturan perangkat.

Jaringan Seluler / GPS tidak stabil

Kapasitas baterai berkurang di depan mata ketika ponsel mencoba mencari koneksi terus-menerus karena memang ada gangguan. Sensor GPS adalah fitur yang paling “rakus” menguras daya baterai. Di daerah yang masih asing memang diperlukan, tetapi di rumah atau di tempat kerja, hampir tidak ada gunanya mengaktifkan fitur ini.

Virus Hp

Jika Anda mengabaikan peringatan keamanan browser, mengakses web yang mencurigakan, unduh program dari sumber yang tidak dapat diandalkan, maka infeksi virus tidak akan dapat dihindari. Perangkat lunak berbahaya dapat menghabiskan lebih banyak baterai daripada utilitas biasa. Agar aman, Anda harus menginstal antivirus.

Semua masalah tersebut dapat memengaruhi perangkat terlepas dari pabrikannya, misalnya, perangkat pintar ASUS atau HTC pun memiliki peluang yang sama. Baterai cepat habis ini lebih sering dikaitkan dengan pengoperasian perangkat yang tidak tepat.

Tips Memperbaiki Baterai Hp yang Cepat Habis

Apa yang harus dilakukan jika Hp kehabisan daya terlalu cepat? Untuk mengatasi baterai hp cepat habis tersebut, Anda dapat melakukan 2 langkah berikut.

Kalibrasi baterai

Langkah ini akan membantu untuk “mengingat” baterai yang perlu diisi tepat hingga 100%, tanpa dimatikan lebih awal. Kalibrasi dapat dilakukan dengan menggunakan program Battery Monitor. Setelah kalibrasi dilakukan maka perangkat seluler akan “mengingat” tingkat pengisian daya yang diinginkan dan tidak menurunkannya. Prosesnya bisa diulang beberapa kali.

Matikan Mode Getar agar hemat baterai

Mode getar pada ponsel membutuhkan lebih boros baterai daripada nada dering dan dapat dengan cepat memakan daya baterai Anda secara signifikan. Pertimbangkan untuk mengurangi atau menonaktifkan mode getar jika Anda ingin memaksimalkan masa pakai baterai Anda.

Mungkin anda lebih suka untuk memakai getar ringan saat mengetik atau mendapatkan notifikasi, tetapi itu akan menghabiskan sejumlah besar daya baterai hp Anda. Dengan menonaktifkan getaran, Anda dapat secara dramatis memperpanjang umur dan memperoleh peningkatan masa pakai baterai Anda.

Pilih Wallpaper Warna Hitam

Wallpaper Hitam dapat membantu membuat baterai hp hp tetap awet! Jika Anda memiliki layar AMOLED, menggunakan wallpaper gelap dapat membantu Anda hemat daya dan meningkatkan daya tahan baterai hp.

Hal ini karena layar AMOLED hanya menggunakan energi untuk menerangi warna-warna cerah dan tidak menarik daya dari warna-warna yang lebih gelap. Semakin sedikit warna cerah yang Anda gunakan, semakin sedikit daya yang akan dikonsumsi.

Matikan Sinkronisasi Otomatis untuk mengatasi Baterai hp yang cepat habis

Banyak aplikasi termasuk Gmail, Twitter, WhatsApp dan banyak lagi, secara otomatis menyinkronkan data untuk memberi Anda pembaruan terkini. Tapi ingat, semakin banyak pekerjaan back-end yang terjadi, semakin banyak penggunaan daya baterai yang dibutuhkan.

Anda bisa menghentikan semua sinkronisasi yang tidak perlu ini dengan mematikan Sinkronisasi Otomatis. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Settings, Akun Google dan matikan sinkronisasi otomatis untuk semua aplikasi yang tidak memerlukan penyegaran terus-menerus.

Mematikan Fitur – Fitur yang sedang Tidak digunakan

Untuk memperpanjang usia baterai smartphone Anda, penting untuk diingat untuk mematikan fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan data seluler saat tidak digunakan. Hal ini dapat sangat membantu ketika Anda kehabisan baterai – mengaktifkan mode penghemat baterai atau bahkan mode Pesawat dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari sisa baterai handphone Anda.

Selain itu, Anda juga akan menghemat penggunaan data dan uang pada tagihan telepon Anda. Jadi lain kali Anda menemui masalah kehabisan baterai, pastikan untuk mematikan fitur – fitur yang membutuhkan daya baterai besar di atas.

Buang Widget yang Tidak Perlu

Widget handphone adalah salah satu penyebab baterai ponsel yang boros. Jika Anda ingin menghindari baterai lebih cepat habis, menyingkirkan widget di layar yang tidak perlu adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Widget bisa menarik secara visual, tetapi juga bisa berdampak besar menguras baterai ponsel anda. Dengan menghapus widget yang tidak Anda perlukan, Anda dapat menghemat baterai handphone Anda dan memastikan performa hp berjalan sebaik mungkin.

Hindari Hp Terekspos di Suhu Ekstrim

Lindungi ponsel Anda dari suhu ekstrem dan jaga diri Anda tetap aman! Mengekspos perangkat Anda ke panas atau dingin yang ekstrem dapat secara drastis mengurangi umur baterai dan bahkan menyebabkannya terlalu panas dan meledak. Pasti and tidak mau kan terpaksa harus ganti baterai baru?

Untuk menghindari situasi berbahaya, simpan ponsel Anda di area antara 20 – 30 derajat celcius. Jangan mengambil risiko dengan keselamatan Anda – pastikan untuk menjauhkan ponsel Anda dari suhu ekstrem.

Update Sistem

Versi baru Android atau OS lainnya membawa sejumlah peningkatan yang signifikan, termasuk yang memengaruhi status pengisian daya baterai handphone. Memperbarui perangkat ke versi baru adalah kesempatan untuk memperbaiki semua cacat OS lama.

About Author: